I'M M

21 Maret 2024 07:00

Iklan

Iklan

I'M M

21 Maret 2024 07:00

Pertanyaan

Minta tolong

Minta tolong 

alt

11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dearta D

23 Maret 2024 09:57

Jawaban terverifikasi

Jawaban: A. 1),2),3) Penjelasan: Pertanyaan ini berkaitan dengan dampak positif dari lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 terhadap bangsa Indonesia. Dari pernyataan yang diberikan, kita dapat menganalisis dampak dari lahirnya Boedi Oetomo sebagai berikut: Dengan demikian, dampak positif dari lahirnya Boedi Oetomo ditunjukkan oleh pernyataan nomor 1), 2), dan 3). Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. 1),2),3).


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 02:36

<p>jawabannya adalah D.</p><p>&nbsp;</p><p>Penyataan 1 tidak relevan dengan organisasi Budi Utomo yang didirikan pada tahun 1908. Kesadaran untuk mengakhiri penderitaan karena penjajahan mungkin menjadi faktor yang memicu pembentukan organisasi seperti Budi Utomo, tetapi bukan dampak langsung dari organisasi tersebut.</p><p>Penyataan 2 menyebutkan bahwa kehadiran Budi Utomo membuat perjuangan melawan penjajah lebih terarah, menunjukkan bahwa organisasi ini memberi arah pada gerakan perlawanan terhadap penjajah.</p><p>Penyataan 3 mengindikasikan bahwa organisasi lain mulai muncul dengan tujuan yang serupa, yaitu mencapai kemerdekaan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Budi Utomo memicu perkembangan organisasi-organisasi pro-kemerdekaan lainnya.</p><p>Penyataan 4 menyebutkan munculnya Kongres Pemuda kedua yang diprakarsai oleh Dr. Wahidin Soedirohusodo, yang merupakan hasil dari pergerakan yang didorong oleh organisasi Budi Utomo.</p>

jawabannya adalah D.

 

Penyataan 1 tidak relevan dengan organisasi Budi Utomo yang didirikan pada tahun 1908. Kesadaran untuk mengakhiri penderitaan karena penjajahan mungkin menjadi faktor yang memicu pembentukan organisasi seperti Budi Utomo, tetapi bukan dampak langsung dari organisasi tersebut.

Penyataan 2 menyebutkan bahwa kehadiran Budi Utomo membuat perjuangan melawan penjajah lebih terarah, menunjukkan bahwa organisasi ini memberi arah pada gerakan perlawanan terhadap penjajah.

Penyataan 3 mengindikasikan bahwa organisasi lain mulai muncul dengan tujuan yang serupa, yaitu mencapai kemerdekaan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Budi Utomo memicu perkembangan organisasi-organisasi pro-kemerdekaan lainnya.

Penyataan 4 menyebutkan munculnya Kongres Pemuda kedua yang diprakarsai oleh Dr. Wahidin Soedirohusodo, yang merupakan hasil dari pergerakan yang didorong oleh organisasi Budi Utomo.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa pengendalian sosial yang tepat untuk mengatasi KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga)? Jelaskan.

4

5.0

Jawaban terverifikasi