Mazaya M

29 Januari 2024 20:06

Mazaya M

29 Januari 2024 20:06

Pertanyaan

Menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi mempelajari struktur dan proses sosial, termasuk perubahan sosial. Kemukakan yang dimaksud dengan proses sosial!

Menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi mempelajari struktur dan proses sosial, termasuk perubahan sosial. Kemukakan yang dimaksud dengan proses sosial!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

21

:

54

:

49

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:11

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>proses sosial merupakan pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara kehidupan ekonomi dan kehidupan politik, antara hukum dan kehidupan beragama, serta antara aspek kehidupan beragama dan masalah ekonomi.</strong></p><p><br>Penjelasan<br>Menurut kedua tokoh sosiologi dari Indonesia tersebut, sebagai ilmu kemasyarakatan, sosiologi mempelajari struktur dan proses sosial, termasuk perubahan sosial. Struktur sosial merupakan keseluruhan jalinan antara unsur-unsur pokok dalam masyarakat. Unsur-unsur pokok dalam masyarakat tersebut meliputi kaidah-kaidah (norma-norma kemasyarakatan), lembaga-lembaga, kelompok-kelompok, serta lapisan-lapisan dalam masyarakat. Adapun proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara kehidupan ekonomi dan kehidupan politik, antara hukum dan kehidupan beragama, serta antara aspek kehidupan beragama dan masalah ekonomi.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah proses sosial merupakan pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara kehidupan ekonomi dan kehidupan politik, antara hukum dan kehidupan beragama, serta antara aspek kehidupan beragama dan masalah ekonomi.


Penjelasan
Menurut kedua tokoh sosiologi dari Indonesia tersebut, sebagai ilmu kemasyarakatan, sosiologi mempelajari struktur dan proses sosial, termasuk perubahan sosial. Struktur sosial merupakan keseluruhan jalinan antara unsur-unsur pokok dalam masyarakat. Unsur-unsur pokok dalam masyarakat tersebut meliputi kaidah-kaidah (norma-norma kemasyarakatan), lembaga-lembaga, kelompok-kelompok, serta lapisan-lapisan dalam masyarakat. Adapun proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara kehidupan ekonomi dan kehidupan politik, antara hukum dan kehidupan beragama, serta antara aspek kehidupan beragama dan masalah ekonomi.


Kevin L

Gold

10 Februari 2024 01:23

Jawaban terverifikasi

Dari pertanyaan yang kamu ajukan, tampaknya kamu sedang belajar tentang konsep proses sosial dalam sosiologi menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi. Proses sosial adalah konsep penting dalam sosiologi yang merujuk pada cara individu dan kelompok berinteraksi dan beradaptasi dalam masyarakat. Penjelasan: 1. Menurut Selo Soemardjan, proses sosial adalah hubungan timbal balik antara manusia (individu) dengan berbagai segi kehidupan bersama. Ini berarti bahwa proses sosial melibatkan interaksi antara individu dan lingkungan sosialnya, termasuk individu lain, kelompok, dan lembaga. 2. Selain itu, Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi juga menjelaskan bahwa struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial. Struktur sosial ini membentuk kerangka kerja di mana proses sosial berlangsung. Kesimpulan: Jadi, proses sosial menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi adalah hubungan timbal balik antara individu dengan berbagai aspek kehidupan bersama, termasuk interaksi dengan norma-norma sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami konsep proses sosial lebih baik ๐Ÿ™‚.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan salah satu contoh perubahan sosial yang signifikan di Indonesia pada abad ke-20 dan analisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial.

5

5.0

Jawaban terverifikasi