Muhammad R

27 Oktober 2021 16:26

Iklan

Iklan

Muhammad R

27 Oktober 2021 16:26

Pertanyaan

menurut para ahli pada zaman Glacial, wilayah Indonesia bagian barat menjadi satu daratan dengan benua Asia. Sumatera, Jawa, kalimantan dan Malaysia barat, bergabung menjadi satu dengan benua Asia. Pendapat tersebut didasarkan atas....


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rika N

04 November 2021 04:39

Jawaban terverifikasi

hallo Muhammad R, kakak bantu jawab ... pada zama glacial atau dikenal juga dengan ICE AGE karena pada saat itu suhu di bumi sangat dingin menyebabkan pembekuan air laut. sehingga permukaan air laut menurun karena terjadi pembekuan dan daratan yang awalnya tertutup air laut menjadi muncul. sehingga terbentuknya paparan sunda dan paparan sahul.. paparan Sunda adalah daratan yang menghubungkan pulau-pulau Indonesia bagian barat (sumatera,jawa,kalimanan, da bali) dengan benua Asia buktinya adalah kesamaan flora da faunanya seperti harimau dan gajah, sedangkan paparan sahul adalah daratan yang menghubungkan pulau di Indonesia bagian timur dengan benua Australia buktinya kesamaan flora dan faunanya seperti kangguru. kesimpulannya ini didapat menurut penelitian dari tokoh Alfred Russel Wallace, kemudian dikenal dengan nama sesuai dengan nama penemunya yaitu Garis Wallace . jadi wilayah Indonesia bagian barat menjadi satu daratan dengan benua Asia. Sumatera, Jawa, kalimantan dan Malaysia barat, bergabung menjadi satu dengan benua Asia. Pendapat tersebut didasarkan atas penelitian Alfred Russel Wallace tentang geografi hewan Asia dan Australia yang kemudian dikenal dengan Garis Wallace. semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Man C

29 November 2022 02:34

Dalam kajian ilmiah tentang terbentuknya sistem tata surya termasuk bumi, salah satu teori yang terpenting adalah teori Big Bang (dentuman Besar) yang dikemukakan oleh seorang ilmuwan Inggris, Stephen Hawking. Menurut teori tersebut terbentuknya sistem tata surya adalah hasil dari..


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

48

5.0

Jawaban terverifikasi