Episcia R

07 Januari 2022 00:49

Iklan

Iklan

Episcia R

07 Januari 2022 00:49

Pertanyaan

Menurut nichenya organisme yang berperan dalam mengembalikan unsur hara ke lingkungan abiotik adalah .... a. produsen dan detritivor d. detritivor dan dekomposer b. produsen dan konsumen e. dekomposer dan produsen c. konsumen dan dekomposer


77

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Anissa

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

02 Februari 2022 08:20

Jawaban terverifikasi

Halo Episcia, kakak bantu jawab ya :) Jawaban yang benar adalah D Mari kita buktikan dengan penjelasan di bawah ini Fungsi makhluk hidup dalam ekosistem (Niche) terdiri dari produsen, konsumen, dekomposer, dan detritivor. Dekomposer dan detritivor merupakan organisme yang berperan dalam mengembalikan unsur hara ke lingkungan abiotik. Detritivor adalah organisme yang memiliki peran merubah senyawa organik besar menjadi senyawa organik kecil. Contohnya adalah cacing, keluwing, dan kutu kayu. Sedangkan dekomposer adalah pengurai yang bertugas untuk memecah senyawa organik menjadi senyawa anorganik, contohnya adalah bakteri pengurai dan jamur. Seperti itu ya Episcia, semoga membantu :)


Iklan

Iklan

F. Haris

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

19 Januari 2022 18:02

Halo Episcia, kakak coba bantu jawab ya! Jawaban yang tepat adalah D. Detritivor dan dekomposer merupakan anggota trofik yang dalam piramida energi yang berperan sebagai pengurai dalam ekosistem. Detritivor lebih berperan sebagai pengurai untuk menghancurkan sisa organisme dari bongkahan besar menjadi lebih kecil agar nantinya senyawa kimia yang ada dari hasil penghancuran oleh detritivor dapat diurai kembali dari senyawa organik menjadi senyawa anorganik agar dapat dikembalikan ke lingkungan. Semoga jawabannya membantu ya!


Hani J

10 Mei 2023 12:26

Y


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

453

5.0

Jawaban terverifikasi