Fany A

11 April 2023 10:27

Iklan

Iklan

Fany A

11 April 2023 10:27

Pertanyaan

Menurut hukum mersenne, frekuensi senar berbanding lurus dengan...

Menurut hukum mersenne, frekuensi senar berbanding lurus dengan...


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

BimBim B

11 April 2023 11:45

Jawaban terverifikasi

<h2>Berbanding lurus dengan akar kuadrat dari tegangan pada senar dan massa jenis senar.<br><br><strong><u>Penjelasan</u></strong></h2><p>Menurut Hukum Mersenne, frekuensi sebuah senar pada alat musik dawai (seperti gitar, biola, piano) berbanding terbalik dengan panjang senar dan <strong>berbanding lurus dengan akar kuadrat dari tegangan pada senar dan massa jenis senar tersebut</strong>. Rumus matematika untuk menggambarkan hubungan ini adalah sebagai berikut:</p><p>&nbsp;</p><p><i><strong>f = 1/2L × √(T/μ)</strong></i></p><p>&nbsp;</p><p>keterangan:</p><p>f = frekuensi senar&nbsp;</p><p>L = panjang senar&nbsp;</p><p>T = tegangan pada senar&nbsp;</p><p>μ = massa jenis senar</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, semakin pendek panjang senar (L), semakin tinggi frekuensi (f) yang dihasilkan. Sementara itu, semakin besar tegangan pada senar (T) atau semakin kecil massa jenis senar (μ), maka semakin tinggi frekuensi (f) yang dihasilkan.</p>

Berbanding lurus dengan akar kuadrat dari tegangan pada senar dan massa jenis senar.

Penjelasan

Menurut Hukum Mersenne, frekuensi sebuah senar pada alat musik dawai (seperti gitar, biola, piano) berbanding terbalik dengan panjang senar dan berbanding lurus dengan akar kuadrat dari tegangan pada senar dan massa jenis senar tersebut. Rumus matematika untuk menggambarkan hubungan ini adalah sebagai berikut:

 

f = 1/2L × √(T/μ)

 

keterangan:

f = frekuensi senar 

L = panjang senar 

T = tegangan pada senar 

μ = massa jenis senar

 

Dengan demikian, semakin pendek panjang senar (L), semakin tinggi frekuensi (f) yang dihasilkan. Sementara itu, semakin besar tegangan pada senar (T) atau semakin kecil massa jenis senar (μ), maka semakin tinggi frekuensi (f) yang dihasilkan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Planet yang memiliki keadaan hampir mirip dengan Bumi, mempunyai lapisan atmosfer tipis, dan memiliki dua satelit, yaitu Demos dan Fobos adalah ….

222

5.0

Jawaban terverifikasi