Malihah M

22 September 2021 02:07

Iklan

Iklan

Malihah M

22 September 2021 02:07

Pertanyaan

Menteri Kehutanan menilai, Indonesia sekarang berada dalam keadaan darurat. Degradasi atau pengrusakan relatif tinggi dan terjadi di mana-mana Hutan kita kritis dan harus direhabilitasi. Selama ini untuk hutan, kita hanya punya budaya menebang, belum ada budayat menanam, Asal ada kayu tebang. Di Negara lain yang peduli hutan, pohon berumur puluhan tahun sampal lebih 100 tahun tetap dilestarikan. Rumusan masalah berdasarkan ilustrasi tersebut sebagai bahan diskusi yang tepat adalah A. Apa sajakah bahaya yang dapat timbul akibat kerusakan hutan? B. Upaya apakah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan? C. Siapakah yang bertanggung jawab atas kerusakan hutan yang terjadi? D. Bagaimana upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian hutan?


82

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

22 September 2021 08:43

Jawaban terverifikasi

Kelas: 9 Topik: Teks Diskusi Hai Malihah N. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks diskusi adalah teks yang memuat sejumlah pendapat terkait suatu masalah aktual yang biasanya dibahas dalam sebuah pertemuan ilmiah. Struktur teks diskusi adalah (1) pendahuluan: berisi gambaran atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi; (2) argumen: berisi rangkaian pendapat terhadap masalah yang diskusikan, baik itu argumen mendukung ataupun menentang; (3) simpulan: berisi hasil, kesimpulan, ataupun saran terkait permasalahan yang didiskusikan. Menentukan sebuah isu yang akan dibahas dalam sebuah diskusi dapat dilakukan dengan terlebih dahulu merumuskan sebuah masalah. Pada ilustrasi di atas dijelaskan bahwa hutan di Indonesia sekarang berada dalam keadaan darurat menurut penilaian Menteri Kehutanan. Terkait hal itu, rumusan masalah yang dapat diajukan untuk dijadikan bahan diskusi adalah "Upaya apakah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan?" Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

407

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

995

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan