Inka R

28 Mei 2024 14:51

Iklan

Iklan

Inka R

28 Mei 2024 14:51

Pertanyaan

mengidentifikasi indonesia memiliki beraneka ragam suku

mengidentifikasi indonesia memiliki beraneka ragam suku


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

29 Mei 2024 00:45

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Indonesia memiliki beraneka ragam suku, beberapa di antaranya adalah suku Jawa, Sunda, Madura, Minangkabau, Bugis, Bali, Aceh, Papua, dan masih banyak lagi. 【Penjelasan】: Indonesia adalah negara yang terdiri dari ribuan pulau, yang membuatnya memiliki beragam suku dan budaya. Beberapa suku besar di Indonesia antara lain suku Jawa, Sunda, Madura, Minangkabau, Bugis, Bali, Aceh, Papua, dan masih banyak lagi. Masing-masing suku memiliki budaya, adat istiadat, dan bahasa daerah yang unik. Misalnya, suku Jawa dikenal dengan budaya keraton dan wayang, suku Sunda dikenal dengan angklung dan tari jaipong, suku Madura dikenal dengan tari topeng dan tari jangkrik, suku Minangkabau dikenal dengan matrilineal dan rumah gadang, suku Bugis dikenal dengan perahu pinisi dan tari pakarena, suku Bali dikenal dengan tari kecak dan tari barong, suku Aceh dikenal dengan hukum Islam yang ketat dan tari saman, dan suku Papua dikenal dengan tari tifa dan tari yospan. Semua suku ini memiliki keunikan dan kekayaan budaya yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

29 Mei 2024 04:21

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Contoh Keberagaman Suku dan Budaya</strong></p><ol><li><strong>Suku</strong> Jawa. Bahasa yang biasanya digunakan oleh <strong>suku</strong> jawa sebagian besar adalah bahasa Jawa.&nbsp;</li><li>2. <strong>Suku</strong> Sunda. Bahasa daerah orang Sunda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu Bahasa Sunda.&nbsp;</li><li>3. <strong>Suku</strong> Batak. Bahasa daerah orang Batak adalah Bahasa Batak.</li><li>4. <strong>Suku</strong> Toraja.&nbsp;</li><li><strong>Suku</strong> Dayak.</li></ol><p>Suku yang terkenal di Indonesia yaitu Suku Jawa di pulau Jawa, Suku Batak dan Nias di Sumatera Utara, Suku Minangkabau di Sumatera Barat, Suku Bugis dan Toraja di Sulawesi-selatan, Suku Madura dan Tengger di Jawa Barat, dan suku-suku lainnya yang tersebar di Indonesia.</p><p>Setidaknya ada lima faktor penyebab keberagaman budaya di Indonesia, yaitu letak strategis wilayah Indonesia dan kondisi alam Tanah Air. Kemudian, juga karena bentuk negara kepulauan, kemajuan transportasi dan komunikasi, hingga penerimaan masyarakat terhadap perubahan.</p><p>Karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau, setiap pulau memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Kondisi alam ini kemudian mempengaruhi perkembangan adat-istiadat yang berbeda di setiap pulau. Ini menyebabkan keragaman dalam budaya dan adat-istiadat di Indonesia.</p>

Contoh Keberagaman Suku dan Budaya

  1. Suku Jawa. Bahasa yang biasanya digunakan oleh suku jawa sebagian besar adalah bahasa Jawa. 
  2. 2. Suku Sunda. Bahasa daerah orang Sunda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu Bahasa Sunda. 
  3. 3. Suku Batak. Bahasa daerah orang Batak adalah Bahasa Batak.
  4. 4. Suku Toraja. 
  5. Suku Dayak.

Suku yang terkenal di Indonesia yaitu Suku Jawa di pulau Jawa, Suku Batak dan Nias di Sumatera Utara, Suku Minangkabau di Sumatera Barat, Suku Bugis dan Toraja di Sulawesi-selatan, Suku Madura dan Tengger di Jawa Barat, dan suku-suku lainnya yang tersebar di Indonesia.

Setidaknya ada lima faktor penyebab keberagaman budaya di Indonesia, yaitu letak strategis wilayah Indonesia dan kondisi alam Tanah Air. Kemudian, juga karena bentuk negara kepulauan, kemajuan transportasi dan komunikasi, hingga penerimaan masyarakat terhadap perubahan.

Karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau, setiap pulau memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Kondisi alam ini kemudian mempengaruhi perkembangan adat-istiadat yang berbeda di setiap pulau. Ini menyebabkan keragaman dalam budaya dan adat-istiadat di Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

carilah ragam kebudayaan, suku dan adat istiadat dikalimantan timur!

0

0.0

Jawaban terverifikasi