Riki R

24 Agustus 2023 02:48

Iklan

Iklan

Riki R

24 Agustus 2023 02:48

Pertanyaan

Mengapa setelah kemerdekaan masih banyak Terjadi prmberontakan

Mengapa setelah kemerdekaan masih banyak

Terjadi prmberontakan


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Araya 1

25 Agustus 2023 04:35

Jawaban terverifikasi

Ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan mengapa hal ini terjadi setelah kemerdekaan, yaitu : 1. Implikasi Sejarah: Pemberontakan setelah kemerdekaan sering kali berkaitan dengan masalah yang terjadi sebelum atau selama periode penjajahan. Sejarah kolonialisme dan penindasan dapat menciptakan ketidakpuasan, kesenjangan sosial, atau perasaan ketidakadilan yang masih ada setelah negara merdeka. Konflik dan pemberontakan bisa muncul ketika tuntutan dan aspirasi masyarakat yang tertindas tidak sepenuhnya terpenuhi setelah kemerdekaan. 2. Pertikaian Identitas dan Sentimen Etnis, Suku, atau Agama: Pemberontakan juga bisa muncul karena adanya konflik identitas atau pemisahan etnis, suku, atau agama di dalam sebuah negara merdeka. Jika kelompok-kelompok tersebut merasa tidak adil, diabaikan, atau tidak mendapatkan perlindungan yang cukup, mereka mungkin merasa terasing dan terdorong untuk memperjuangkan kepentingan mereka melalui pemberontakan. 3. Perselisihan Politik dan Kekuasaan: Setelah kemerdekaan, perselisihan politik dan perjuangan kekuasaan sering kali terjadi di dalam sistem politik yang baru terbentuk. Persaingan golongan politik yang berbeda, tidak adanya kesepakatan politik yang kuat, atau kelemahan lembaga-lembaga negara yang baru terbentuk dapat menjadi pemicu terjadinya pemberontakan. 4. Ketimpangan Sosial dan Ekonomi: Ketimpangan sosial dan ekonomi yang signifikan di negara yang baru merdeka juga dapat menjadi faktor pemicu pemberontakan. Jika sebagian besar penduduk mengalami kemiskinan, kesenjangan ekonomi yang besar, atau akses terbatas terhadap sumber daya dan layanan penting, hal ini dapat menciptakan ketidakpuasan dan ketegangan sosial yang berpotensi memicu pemberontakan. 5. Gaya Pemerintahan dan Kurangnya Partisipasi Politik: Kurangnya partisipasi politik dari berbagai kelompok masyarakat dalam pemilihan umum, kurangnya kebebasan berpendapat, atau adanya represi politik juga dapat mendorong timbulnya pemberontakan. Ketidakpuasan terhadap sistem politik yang otoriter atau monopoli kekuasaan dalam satu kelompok dapat memicu gerakan pemberontakan sebagai respons terhadap ketidakadilan.


Iklan

Iklan

Rizki M

24 Agustus 2023 04:39

<h1>&nbsp;</h1><p>&nbsp;</p><p>Mengapa setelah merdeka masih banyak penjajahan?&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Meskipun banyak negara mencapai kemerdekaan dari penjajahan pada abad ke-20, ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan mengapa beberapa bentuk penjajahan atau pengaruh asing masih ada setelah merdeka:</p><p><strong>Sisa-sisa Struktural:</strong> Setelah merdeka, banyak negara masih menghadapi warisan struktural dan ekonomi yang ditinggalkan oleh penjajah. Sistem politik, ekonomi, dan sosial yang ditinggalkan oleh penjajah bisa sulit diubah dengan cepat.</p><p><strong>Ketergantungan Ekonomi:</strong> Beberapa negara mungkin masih tergantung pada ekonomi global atau ikatan perdagangan yang telah dibentuk selama masa penjajahan. Ketergantungan ini bisa membuat negara-negara tersebut sulit untuk benar-benar mandiri secara ekonomi.</p><p><strong>Intervensi Asing:</strong> Meskipun merdeka, negara-negara sering kali masih dapat menghadapi intervensi asing dalam bentuk campur tangan politik, ekonomi, atau militer. Hal ini dapat terjadi karena kepentingan global atau regional yang masih terkait dengan negara tersebut.</p><p><strong>Instabilitas Internal:</strong> Beberapa negara mengalami ketidakstabilan politik atau konflik internal setelah merdeka. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok asing untuk memanipulasi atau mendapatkan keuntungan di dalam negeri.</p><p><strong>Perjanjian atau Aliansi Lama:</strong> Beberapa negara mungkin masih terikat oleh perjanjian atau aliansi yang dibuat selama masa penjajahan, yang dapat mempengaruhi kebijakan dan hubungan mereka.</p><p><strong>Keterbatasan Sumber Daya:</strong> Keterbatasan sumber daya, baik manusia maupun finansial, dapat membuat negara sulit untuk sepenuhnya mengatasi dampak penjajahan dan membangun struktur yang kuat setelah merdeka</p>

 

 

Mengapa setelah merdeka masih banyak penjajahan? 

 

Meskipun banyak negara mencapai kemerdekaan dari penjajahan pada abad ke-20, ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan mengapa beberapa bentuk penjajahan atau pengaruh asing masih ada setelah merdeka:

Sisa-sisa Struktural: Setelah merdeka, banyak negara masih menghadapi warisan struktural dan ekonomi yang ditinggalkan oleh penjajah. Sistem politik, ekonomi, dan sosial yang ditinggalkan oleh penjajah bisa sulit diubah dengan cepat.

Ketergantungan Ekonomi: Beberapa negara mungkin masih tergantung pada ekonomi global atau ikatan perdagangan yang telah dibentuk selama masa penjajahan. Ketergantungan ini bisa membuat negara-negara tersebut sulit untuk benar-benar mandiri secara ekonomi.

Intervensi Asing: Meskipun merdeka, negara-negara sering kali masih dapat menghadapi intervensi asing dalam bentuk campur tangan politik, ekonomi, atau militer. Hal ini dapat terjadi karena kepentingan global atau regional yang masih terkait dengan negara tersebut.

Instabilitas Internal: Beberapa negara mengalami ketidakstabilan politik atau konflik internal setelah merdeka. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok asing untuk memanipulasi atau mendapatkan keuntungan di dalam negeri.

Perjanjian atau Aliansi Lama: Beberapa negara mungkin masih terikat oleh perjanjian atau aliansi yang dibuat selama masa penjajahan, yang dapat mempengaruhi kebijakan dan hubungan mereka.

Keterbatasan Sumber Daya: Keterbatasan sumber daya, baik manusia maupun finansial, dapat membuat negara sulit untuk sepenuhnya mengatasi dampak penjajahan dan membangun struktur yang kuat setelah merdeka


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dari himpunan pasangan berurutan berikut.manakah yang kemungkinan merupakan ko- respondensi satu-satu? a. {(1, 1), (2, 2), (3, 3), (4,4)} b. {(1, 2), (2, 3), (3, 4). (4,5)} c. {(2,7). (4,8). (6,9). (8,7)} d. {(3.4), (5,7). (7, 9). (9,6)}

584

0.0

Jawaban terverifikasi