Yu Y

21 Februari 2024 00:43

Iklan

Iklan

Yu Y

21 Februari 2024 00:43

Pertanyaan

mengapa raja airlangga membelah kerajaannya menjadi 2 ?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Februari 2024 06:34

Jawaban terverifikasi

<p>Raja Airlangga membelah kerajaannya menjadi dua pada abad ke-11 di Jawa karena keinginan untuk menghindari konflik internal dan mengamankan stabilitas politik di kerajaannya. Pemecahan ini dikenal sebagai "Upacara Bhiseka Mataram" atau "Pemecahan Kahuripan" yang terjadi pada tahun 1019 Masehi.</p><p>Pada awalnya, kerajaan yang dikenal sebagai Kerajaan Mataram mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, setelah kematian Raja Airlangga, terjadi perselisihan antara putra-putranya, yang masing-masing menginginkan kekuasaan penuh atas seluruh kerajaan. Untuk menghindari pertumpahan darah dan konflik yang lebih besar, Raja Airlangga memutuskan untuk membagi kerajaan menjadi dua bagian.</p><p>Putra tertua, Marakata, memimpin Kerajaan Kahuripan yang meliputi Jawa Timur, sedangkan putra bungsu, Lembu Amiluhur, memimpin Kerajaan Janggala yang meliputi Jawa Tengah. Pembagian ini diharapkan dapat menciptakan kedamaian dan stabilitas di kedua wilayah tersebut. Meskipun demikian, pemecahan ini juga dapat dilihat sebagai tanda melemahnya kekuasaan pusat dan terjadinya fragmentasi politik di Jawa pada masa itu.</p>

Raja Airlangga membelah kerajaannya menjadi dua pada abad ke-11 di Jawa karena keinginan untuk menghindari konflik internal dan mengamankan stabilitas politik di kerajaannya. Pemecahan ini dikenal sebagai "Upacara Bhiseka Mataram" atau "Pemecahan Kahuripan" yang terjadi pada tahun 1019 Masehi.

Pada awalnya, kerajaan yang dikenal sebagai Kerajaan Mataram mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, setelah kematian Raja Airlangga, terjadi perselisihan antara putra-putranya, yang masing-masing menginginkan kekuasaan penuh atas seluruh kerajaan. Untuk menghindari pertumpahan darah dan konflik yang lebih besar, Raja Airlangga memutuskan untuk membagi kerajaan menjadi dua bagian.

Putra tertua, Marakata, memimpin Kerajaan Kahuripan yang meliputi Jawa Timur, sedangkan putra bungsu, Lembu Amiluhur, memimpin Kerajaan Janggala yang meliputi Jawa Tengah. Pembagian ini diharapkan dapat menciptakan kedamaian dan stabilitas di kedua wilayah tersebut. Meskipun demikian, pemecahan ini juga dapat dilihat sebagai tanda melemahnya kekuasaan pusat dan terjadinya fragmentasi politik di Jawa pada masa itu.


Iklan

Iklan

Mulyani U

22 Februari 2024 04:57

Jawaban terverifikasi

<p><br>Raja Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua karena keinginan untuk menghindari konflik perebutan kekuasaan antara kedua putranya. Beliau memiliki dua putra, yaitu Erlangga dan Marakata. Untuk menghindari persaingan dan potensi konflik suksesi yang dapat mengancam stabilitas kerajaan, Raja Airlangga memutuskan untuk membagi wilayah kekuasaan di antara keduanya.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan pembagian kerajaan, Erlangga mendapatkan Kerajaan Kahuripan (Jawa Timur), sementara Marakata mendapatkan Kerajaan Kadiri (Jawa Tengah). Tindakan ini diharapkan dapat menjaga perdamaian dalam keluarga kerajaan dan mengurangi risiko terjadinya perseteruan yang dapat melemahkan kestabilan kerajaan secara keseluruhan.</p>


Raja Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua karena keinginan untuk menghindari konflik perebutan kekuasaan antara kedua putranya. Beliau memiliki dua putra, yaitu Erlangga dan Marakata. Untuk menghindari persaingan dan potensi konflik suksesi yang dapat mengancam stabilitas kerajaan, Raja Airlangga memutuskan untuk membagi wilayah kekuasaan di antara keduanya.

 

Dengan pembagian kerajaan, Erlangga mendapatkan Kerajaan Kahuripan (Jawa Timur), sementara Marakata mendapatkan Kerajaan Kadiri (Jawa Tengah). Tindakan ini diharapkan dapat menjaga perdamaian dalam keluarga kerajaan dan mengurangi risiko terjadinya perseteruan yang dapat melemahkan kestabilan kerajaan secara keseluruhan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Yang kita ketahui, Kesultanan Banten bukanlah penghasil rempah asli, akan tetapi mengapa Kesultanan Banten dijadikan jalur perdagangan rempah pada masa Kerajaan Islam? Dan daerah mana saja penunjang rempah ke Kesultanan Banten? 2. Pada masa Kesultanan Makassar juga sama bukan penghasil rempah tapi mengapa Kesultanan Makassar menjadi jalur penting perdagangan rempah? 3. Jenis rempah apa saja yang dihasilkan oleh Kesultanan Banten dan Kesultanan Makassar?

23

0.0

Jawaban terverifikasi