Faishal R

02 Juli 2024 02:51

Iklan

Iklan

Faishal R

02 Juli 2024 02:51

Pertanyaan

mengapa kena hujan bisa demam ?

mengapa kena hujan bisa demam ?


25

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

02 Juli 2024 02:57

Jawaban terverifikasi

<p>Kena hujan bisa menyebabkan demam bukan secara langsung karena air hujan itu sendiri, tetapi karena beberapa faktor berikut:</p><p><strong>Penurunan Suhu Tubuh</strong>: Ketika tubuh basah dan terkena udara dingin, suhu tubuh dapat menurun, yang membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi virus atau bakteri karena sistem kekebalan tubuh mungkin melemah.</p><p><strong>Kelelahan</strong>: Terpapar hujan sering kali disertai dengan aktivitas fisik yang bisa menyebabkan kelelahan. Kelelahan fisik dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.</p><p><strong>Lingkungan yang Tidak Bersih</strong>: Air hujan bisa membawa kuman dan polutan dari atmosfer atau dari permukaan yang tercemar. Jika air hujan tersebut masuk ke dalam tubuh, misalnya melalui hidung atau mulut, ini bisa menyebabkan infeksi.</p><p><strong>Perubahan Kondisi Lingkungan</strong>: Setelah hujan, lingkungan yang lebih lembap dapat menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme patogen seperti virus dan bakteri, yang kemudian bisa menyebabkan infeksi.</p><p><strong>Hipotermia</strong>: Terkena hujan dalam waktu lama tanpa pakaian yang memadai bisa menyebabkan hipotermia, di mana suhu tubuh turun drastis. Hipotermia dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh.</p>

Kena hujan bisa menyebabkan demam bukan secara langsung karena air hujan itu sendiri, tetapi karena beberapa faktor berikut:

Penurunan Suhu Tubuh: Ketika tubuh basah dan terkena udara dingin, suhu tubuh dapat menurun, yang membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi virus atau bakteri karena sistem kekebalan tubuh mungkin melemah.

Kelelahan: Terpapar hujan sering kali disertai dengan aktivitas fisik yang bisa menyebabkan kelelahan. Kelelahan fisik dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Lingkungan yang Tidak Bersih: Air hujan bisa membawa kuman dan polutan dari atmosfer atau dari permukaan yang tercemar. Jika air hujan tersebut masuk ke dalam tubuh, misalnya melalui hidung atau mulut, ini bisa menyebabkan infeksi.

Perubahan Kondisi Lingkungan: Setelah hujan, lingkungan yang lebih lembap dapat menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme patogen seperti virus dan bakteri, yang kemudian bisa menyebabkan infeksi.

Hipotermia: Terkena hujan dalam waktu lama tanpa pakaian yang memadai bisa menyebabkan hipotermia, di mana suhu tubuh turun drastis. Hipotermia dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh.


Iklan

Iklan

Hastoko D

02 Juli 2024 05:41

Jawaban terverifikasi

<p>Kehujanan tidak langsung menyebabkan demam, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko demam:</p><p>1. **Penurunan Suhu Tubuh**:<br>&nbsp; - Air hujan menurunkan suhu tubuh, melemahkan sistem imun, sehingga lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri.</p><p>2. **Stres Fisik**:<br>&nbsp; - Kedinginan dan basah kuyup merupakan stres fisik yang bisa menguras energi tubuh, mengurangi efektivitas sistem imun.</p><p>3. **Penyebaran Patogen**:<br>&nbsp; - Kehujanan sering membuat orang berkumpul di tempat tertutup, meningkatkan risiko penyebaran virus dan bakteri.</p><p>Secara keseluruhan, kombinasi dari penurunan suhu tubuh, stres fisik, dan paparan patogen adalah yang menyebabkan demam setelah kehujanan.</p>

Kehujanan tidak langsung menyebabkan demam, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko demam:

1. **Penurunan Suhu Tubuh**:
  - Air hujan menurunkan suhu tubuh, melemahkan sistem imun, sehingga lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri.

2. **Stres Fisik**:
  - Kedinginan dan basah kuyup merupakan stres fisik yang bisa menguras energi tubuh, mengurangi efektivitas sistem imun.

3. **Penyebaran Patogen**:
  - Kehujanan sering membuat orang berkumpul di tempat tertutup, meningkatkan risiko penyebaran virus dan bakteri.

Secara keseluruhan, kombinasi dari penurunan suhu tubuh, stres fisik, dan paparan patogen adalah yang menyebabkan demam setelah kehujanan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kenapa bumi putar 23,5° di revolasi bumi?

10

0.0

Jawaban terverifikasi