Alahsar B

15 Juni 2022 14:20

Iklan

Iklan

Alahsar B

15 Juni 2022 14:20

Pertanyaan

mengapa hindu-buddha di indonesia yang pernah mengalami masa kegemilangan di masa lalu, pada masa kini pengaruhnya semakin memudar?


82

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Suryanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Tarumanagara

23 Juli 2022 13:10

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah alasan kenapa Hindu-Budha yang pernah mengalami masa kegemilangan di Indonesia pada masa lalu dan pada masa kini pengaruhnya semakin memudar ialah karena masuk dan berkembangnya Islam yang lalu berhasil mendominasi Nusantara hingga saat ini. Cermati penjelasan berikut ya! Masa Hindu-Budha pernah mendominasi Indonesia selama 12 abad lebih lamanya, dimana saat itu hampir diseluruh nusantara berdiri kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha, saat itu yang paling besar dan berjaya adalah Kerajaan Sriwijaya dimasa puncak dan Kerajaan Majapahit di masa akhir. Awal memudarnya pengaruh Hindu-Budha ialah terjadi kemunduran Kerajaan Majapahit di Jawa sebagai kerajaan Hindu-Budha terakhir di Nusantara. Selain itu bersamaan dengan mundurnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha, mulai berkembangnya ajaran dan kebudayaan Islam di dalam Kerajaan yang ditandai dengan berdirinya Kerajaan Islam. Selanjutnya Islam mendominasi Indonesia sejak abad ke-13 hingga bangsa kolonial datang pada abad ke-16 M. Selama masa kolonial, Islam tetap mendominasi namun kekuasaannya ada di bawah kolonial. Kebetulan pengaruh kolonial yaitu ajaran Nasrani tidak berhasil berkembang di Indonesia, sehingga hingga saat ini Islam tetap menjadi mayoritas agama yang dipeluk oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan ajaran Hindu-Budha tetap ada namun menjadi agama minoritas yang tersebar diseluruh Indonesia. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah alasan kenapa Hindu-Budha yang pernah mengalami masa kegemilangan di Indonesia pada masa lalu dan pada masa kini pengaruhnya semakin memudar ialah karena masuk dan berkembangnya Islam yang lalu berhasil mendominasi Nusantara hingga saat ini.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi