Sindi B

26 Maret 2024 23:56

Iklan

Iklan

Sindi B

26 Maret 2024 23:56

Pertanyaan

mengapa dalam kondisi dingin tubuh kita sering mengeluarkan urine? jelaskan

mengapa dalam kondisi dingin tubuh kita sering mengeluarkan urine? jelaskan


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Piupiu P

27 Maret 2024 06:12

Jawaban terverifikasi

karena saat suhu dingin keringat tidak diproduksi, maka tubuh mengalihkan keproses yang lain dalam melancarkan sistem prespirasi tubuh (proses menguap atau keluarnya air dari kelenjar keringat). Sehingga cara lain bagi tubuh untuk membuang air selain dari keringat adalah melalui urin/ kencing.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:01

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam kondisi dingin, tubuh kita sering kali merespons dengan melebarkan pembuluh darah di kulit untuk membantu mempertahankan suhu tubuh inti. Proses ini disebut sebagai vasodilatasi perifer. Ketika pembuluh darah di kulit melebar, aliran darah ke organ-organ di dekat kulit seperti ginjal meningkat.</p><p>Peningkatan aliran darah ke ginjal dapat meningkatkan produksi urine. Ini terjadi karena aliran darah yang lebih tinggi ke ginjal meningkatkan filtrasi glomerulus, yang merupakan proses awal pembentukan urine. Selain itu, tubuh juga mungkin mengeluarkan lebih banyak cairan melalui urine sebagai respons terhadap peningkatan aliran darah ke ginjal.</p><p>Jadi, dalam kondisi dingin, produksi urine dapat meningkat karena perubahan dalam aliran darah ke ginjal sebagai bagian dari respons tubuh terhadap suhu dingin.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Dalam kondisi dingin, tubuh kita sering kali merespons dengan melebarkan pembuluh darah di kulit untuk membantu mempertahankan suhu tubuh inti. Proses ini disebut sebagai vasodilatasi perifer. Ketika pembuluh darah di kulit melebar, aliran darah ke organ-organ di dekat kulit seperti ginjal meningkat.

Peningkatan aliran darah ke ginjal dapat meningkatkan produksi urine. Ini terjadi karena aliran darah yang lebih tinggi ke ginjal meningkatkan filtrasi glomerulus, yang merupakan proses awal pembentukan urine. Selain itu, tubuh juga mungkin mengeluarkan lebih banyak cairan melalui urine sebagai respons terhadap peningkatan aliran darah ke ginjal.

Jadi, dalam kondisi dingin, produksi urine dapat meningkat karena perubahan dalam aliran darah ke ginjal sebagai bagian dari respons tubuh terhadap suhu dingin.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

13

0.0

Jawaban terverifikasi