Andi W

26 Februari 2024 11:46

Iklan

Iklan

Andi W

26 Februari 2024 11:46

Pertanyaan

menganalisis keberlakuan hukum kekekalan energi mekanik pada peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

menganalisis keberlakuan hukum kekekalan energi mekanik pada peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Khalifahtul R

Community

26 Februari 2024 13:43

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban :</p><p>Contoh penerapan hukum kekekalan energi adalah sebagai berikut!</p><ol><li>Pemanas Teko - Pemanas Air,&nbsp;water heater, solder, setrikaan, pemanggang roti, dan penghangat ruangan semuanya menggunakan hukum kekekalan energi. Di mana energi potensial listrik diubah oleh elemen pemanas dari benda tersrbuk menjadi energi panas.</li><li>Pembangkit listrik tenaga air - Air selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dikarenakan adanya gaya gravitasi. Posisi air yang lebih tinggi menyebabkan energi potensial yang lebih besar. Pembangkit listrik memanfaatkan energi potensial air untuk memutar turbin generator listrik. Energi potensial air berubah menjadi energi kinetik yang bisa memutar turbin lalu menghasilkan energi listrik.</li><li>Kendaran bermotor - Semua kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil, menggunakan prinsip kekekalan energi. Di mana energi potensial kimia dari bahan bakar diubah oleh mesin kendaraan menjadi energi kinetik yang dapat menggerakkan kendaraan tersebut. Tanpa adanya energi potensial kimia dari bahan bakar, kendaraan tidak akan bisa melaju.</li><li>Alat musik - Contoh lain dari kekekalan energi adalah memainkan alat musik. Misalnya saat memetik gitar kamu menggunakan energi kinetik dari otot tanganmu, yang lalu diubah oleh gitar menjadi energi bunyi yang dapat didengar. Contoh lainnya adalah saat kamu memainkan piano, biola, drum, dan juga harva.<br>&nbsp;</li></ol>

Jawaban :

Contoh penerapan hukum kekekalan energi adalah sebagai berikut!

  1. Pemanas Teko - Pemanas Air, water heater, solder, setrikaan, pemanggang roti, dan penghangat ruangan semuanya menggunakan hukum kekekalan energi. Di mana energi potensial listrik diubah oleh elemen pemanas dari benda tersrbuk menjadi energi panas.
  2. Pembangkit listrik tenaga air - Air selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dikarenakan adanya gaya gravitasi. Posisi air yang lebih tinggi menyebabkan energi potensial yang lebih besar. Pembangkit listrik memanfaatkan energi potensial air untuk memutar turbin generator listrik. Energi potensial air berubah menjadi energi kinetik yang bisa memutar turbin lalu menghasilkan energi listrik.
  3. Kendaran bermotor - Semua kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil, menggunakan prinsip kekekalan energi. Di mana energi potensial kimia dari bahan bakar diubah oleh mesin kendaraan menjadi energi kinetik yang dapat menggerakkan kendaraan tersebut. Tanpa adanya energi potensial kimia dari bahan bakar, kendaraan tidak akan bisa melaju.
  4. Alat musik - Contoh lain dari kekekalan energi adalah memainkan alat musik. Misalnya saat memetik gitar kamu menggunakan energi kinetik dari otot tanganmu, yang lalu diubah oleh gitar menjadi energi bunyi yang dapat didengar. Contoh lainnya adalah saat kamu memainkan piano, biola, drum, dan juga harva.
     

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa sajakah bukti-bukti yang menujukan keberadaan jalur rempah di Indonesia pada masa kerajiaan Islam serta peran tiap kerajaan dalam simpul jalur rempah.

7

0.0

Jawaban terverifikasi