Kirana K

24 Agustus 2023 05:34

Iklan

Iklan

Kirana K

24 Agustus 2023 05:34

Pertanyaan

Membuat teks laporan percobaan membuat pelangi

Membuat teks laporan percobaan membuat pelangi


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

24 Agustus 2023 07:52

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Judul: Laporan Percobaan Membuat Efek Pelangi</strong></p><p><strong>I. Pendahuluan:</strong> Percobaan ini bertujuan untuk menghasilkan efek visual pelangi menggunakan prisma dan sumber cahaya putih. Pelangi adalah fenomena optik yang terjadi saat cahaya putih melewati tetesan air atau partikel-partikel kecil lainnya dan mengurai cahaya menjadi berbagai warna spektrum. Dalam percobaan ini, kita akan mensimulasikan efek pelangi dengan prisma dan cahaya putih.</p><p><strong>II. Bahan-bahan:</strong></p><ol><li>Prisma kaca</li><li>Sumber cahaya putih (lampu bohlam)</li><li>Kertas putih</li><li>Penggaris</li><li>Lembaran hitam</li></ol><p><strong>III. Metode:</strong></p><ol><li>Siapkan semua bahan yang diperlukan di atas meja kerja.</li><li>Letakkan lembaran hitam di belakang meja sebagai latar belakang agar warna-warna pelangi lebih terlihat.</li><li>Pasang sumber cahaya putih (lampu bohlam) di satu sisi meja kerja.</li><li>Letakkan prisma kaca di antara sumber cahaya dan kertas putih sehingga cahaya dari lampu bohlam melewati prisma dan membentuk spektrum warna di atas kertas putih.</li><li>Sesuaikan sudut prisma hingga spektrum warna yang terbentuk mencapai ukuran dan bentuk yang diinginkan.</li><li>Gunakan penggaris atau objek lurus lainnya untuk mengukur sudut prisma dan mencatatnya.</li></ol><p><strong>IV. Hasil:</strong> Setelah mengatur sudut prisma dengan benar, cahaya putih akan melewati prisma dan terurai menjadi spektrum warna yang terdiri dari warna-warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, indigo, dan ungu. Spektrum warna ini akan terlihat jelas di atas kertas putih.</p><p><strong>V. Pembahasan:</strong> Pada percobaan ini, cahaya putih mengalami pembiasan (refraksi) saat melewati prisma karena indeks bias yang berbeda untuk setiap panjang gelombang. Ini menghasilkan efek pelangi atau spektrum warna yang kita amati. Prisma memisahkan cahaya putih menjadi warna-warna komponennya karena setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda dan cenderung merambat dengan kecepatan yang berbeda melalui bahan refraktif.</p><p><strong>VI. Kesimpulan:</strong> Percobaan ini berhasil mensimulasikan efek pelangi dengan menggunakan prisma dan sumber cahaya putih. Cahaya putih yang melewati prisma terurai menjadi spektrum warna yang indah, menghasilkan tampilan yang mirip dengan pelangi alami. Melalui percobaan ini, kita dapat lebih memahami tentang pembiasan cahaya dan pembentukan spektrum warna.</p><p><strong>VII. Saran:</strong> Percobaan ini dapat lebih dikembangkan dengan menggunakan berbagai jenis prisma atau sumber cahaya untuk melihat bagaimana perubahan ini mempengaruhi tampilan spektrum warna. Selain itu, mengukur sudut pembiasan untuk setiap warna dan menghitung indeks bias masing-masing warna juga dapat menjadi ekstensi menarik dari percobaan ini.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Judul: Laporan Percobaan Membuat Efek Pelangi

I. Pendahuluan: Percobaan ini bertujuan untuk menghasilkan efek visual pelangi menggunakan prisma dan sumber cahaya putih. Pelangi adalah fenomena optik yang terjadi saat cahaya putih melewati tetesan air atau partikel-partikel kecil lainnya dan mengurai cahaya menjadi berbagai warna spektrum. Dalam percobaan ini, kita akan mensimulasikan efek pelangi dengan prisma dan cahaya putih.

II. Bahan-bahan:

  1. Prisma kaca
  2. Sumber cahaya putih (lampu bohlam)
  3. Kertas putih
  4. Penggaris
  5. Lembaran hitam

III. Metode:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan di atas meja kerja.
  2. Letakkan lembaran hitam di belakang meja sebagai latar belakang agar warna-warna pelangi lebih terlihat.
  3. Pasang sumber cahaya putih (lampu bohlam) di satu sisi meja kerja.
  4. Letakkan prisma kaca di antara sumber cahaya dan kertas putih sehingga cahaya dari lampu bohlam melewati prisma dan membentuk spektrum warna di atas kertas putih.
  5. Sesuaikan sudut prisma hingga spektrum warna yang terbentuk mencapai ukuran dan bentuk yang diinginkan.
  6. Gunakan penggaris atau objek lurus lainnya untuk mengukur sudut prisma dan mencatatnya.

IV. Hasil: Setelah mengatur sudut prisma dengan benar, cahaya putih akan melewati prisma dan terurai menjadi spektrum warna yang terdiri dari warna-warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, indigo, dan ungu. Spektrum warna ini akan terlihat jelas di atas kertas putih.

V. Pembahasan: Pada percobaan ini, cahaya putih mengalami pembiasan (refraksi) saat melewati prisma karena indeks bias yang berbeda untuk setiap panjang gelombang. Ini menghasilkan efek pelangi atau spektrum warna yang kita amati. Prisma memisahkan cahaya putih menjadi warna-warna komponennya karena setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda dan cenderung merambat dengan kecepatan yang berbeda melalui bahan refraktif.

VI. Kesimpulan: Percobaan ini berhasil mensimulasikan efek pelangi dengan menggunakan prisma dan sumber cahaya putih. Cahaya putih yang melewati prisma terurai menjadi spektrum warna yang indah, menghasilkan tampilan yang mirip dengan pelangi alami. Melalui percobaan ini, kita dapat lebih memahami tentang pembiasan cahaya dan pembentukan spektrum warna.

VII. Saran: Percobaan ini dapat lebih dikembangkan dengan menggunakan berbagai jenis prisma atau sumber cahaya untuk melihat bagaimana perubahan ini mempengaruhi tampilan spektrum warna. Selain itu, mengukur sudut pembiasan untuk setiap warna dan menghitung indeks bias masing-masing warna juga dapat menjadi ekstensi menarik dari percobaan ini.

 

 


 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 06:26

Jawaban terverifikasi

Judul: Laporan Percobaan Membuat Pelangi **I. Pendahuluan** Percobaan ini bertujuan untuk mengamati pembentukan fenomena pelangi dengan menggunakan prisma sebagai pemecah cahaya. Pelangi terjadi akibat pemantulan dan pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air di udara. **II. Bahan dan Alat** 1. Prisma segitiga 2. Sumber cahaya (lampu) 3. Kertas putih 4. Air 5. Cermin **III. Langkah-langkah** 1. Siapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. 2. Letakkan prisma di depan sumber cahaya (lampu) sehingga cahaya melewati prisma. 3. Arahkan prisma ke arah kertas putih yang ditempatkan di belakangnya. 4. Amati pola warna yang terbentuk di kertas putih. Anda akan melihat spektrum warna seperti pelangi. 5. Untuk melihat pelangi yang lebih jelas, semprotkan sedikit air di udara di antara prisma dan kertas putih. 6. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan cermin untuk mengarahkan spektrum warna ke area yang lebih mudah diamati. **IV. Hasil dan Pembahasan** Hasil percobaan menunjukkan bahwa cahaya matahari terdiri dari berbagai warna yang dapat diuraikan menggunakan prisma. Warna-warna tersebut adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, indigo, dan ungu (singkatan ROYGBIV). **V. Kesimpulan** Percobaan ini berhasil mengamati pembentukan pelangi melalui pemecahan cahaya menggunakan prisma. Pelangi terbentuk akibat pemantulan dan pembiasan cahaya matahari di tetesan air di udara. Fenomena ini menghasilkan spektrum warna yang indah dan terdiri dari berbagai warna. **VI. Saran** Dalam percobaan selanjutnya, dapat dilakukan variasi dengan menggunakan sumber cahaya yang berbeda atau media pemecah cahaya lainnya untuk mengamati perbedaan pola warna yang terbentuk.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

438

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

871

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan