Farll F

12 Mei 2024 00:37

Iklan

Iklan

Farll F

12 Mei 2024 00:37

Pertanyaan

Masalah kesenjangan ekonomi masih terjadi dalam kehidupan masyarakat. Faktor utama penyebab kesenjangan ekonomi adalah....


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rut V

12 Mei 2024 04:24

Jawaban terverifikasi

Bantu jawab ya KK . Pengertian Kesenjangan Sosial – Kesenjangan sosial merupakan suatu kondisi dimana ada hal yang tidak seimbang di dalam kehidupan masyarakat. Entah itu secara personal maupun kelompok. Dimana ada ketimpangan sosial yang terbentuk dari sebuah ketidakadilan distribusi banyak hal yang dianggap penting oleh masyarakat. Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Ada berbagai faktor penyebab terjadinya kesenjangan sosial. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu kamu pahami. 1. Perbedaan Sumber Daya Alam Salah satu faktor terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi adalah kekuatan sumber daya alam yang ada di daerah-daerah. Sebab, tingkat ekonomi suatu daerah dapat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya alamnya. Tingkat ekonomi suatu masyarakat bisa meningkat apabila sumber daya alamnya dikelola dengan cara yang tepat. 2. Kebijakan Pemerintah Kebijakan pemerintah dapat menjadi faktor penting terjadinya kesenjangan sosial. Sebab, dalam mengambil keputusan yang dilakukan oleh pemerintah dapat menciptakan kesenjangan di lapisan masyarakat. Misalnya, kesenjangan di bidang program transmigrasi. Dimana masyarakat pendatang akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan masyarakat asli daerah tersebut. Hal ini terjadi karena kesempatan dan peluang yang tersedia lebih besar diberikan kepada warga transmigran. Oleh karena itu, kemudian tercipta kesenjangan sosial dan ekonomi di dalam masyarakat. 3. Pengaruh Globalisasi Selain dapat dimanfaatkan untuk memajukan ekonomi bersama. Globalisasi juga bisa menciptakan adanya kesenjangan sosial dan ekonomi di dalam masyarakat. Kesenjangan tersebut muncul ketika sebagian masyarakat tidak mampu beradaptasi dengan adanya globalisasi. Sehingga mereka akan tertinggal dan tidak mendapatkan apa yang orang lain dapatkan. 4. Kondisi Demografis Kondisi demografi setiap daerah bisa dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan masyarakatnya, kesehatan, pendidikan, dan juga lapangan pekerjaan. Dengan begitu, tentu setiap daerah akan memiliki kondisi geografis yang berbeda-beda. Hal inilah yang nantinya akan menciptakan adanya kesenjangan sosial. Sebab, produktivitas kerja setiap anggota masyarakat di berbagai daerah tentu tidak sama. 5. Letak dan Kondisi Geografis Kondisi ini umumnya akan mempengaruhi proses pembangunan di daerah tersebut. Umumnya, masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi, akan merasa kesulitan untuk membangun infrastruktur dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di dataran rendah. Oleh karena itu, hal tersebut akan menyebabkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah lebih bisa cepat berkembang. Namun masyarakat yang ada di dataran tinggi akan sulit berkembang. Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan adanya kesenjangan sosial.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

12 Mei 2024 05:48

Jawaban terverifikasi

<p>Masalah kesenjangan ekonomi masih menjadi perhatian serius dalam kehidupan masyarakat, dan faktor utama penyebabnya bisa bervariasi tergantung pada konteks sosial, ekonomi, dan politik suatu negara. Beberapa faktor utama yang umumnya menjadi penyebab kesenjangan ekonomi antara lain:</p><p><strong>Akses Terbatas terhadap Pendidikan:</strong> Ketidaksetaraan dalam akses terhadap pendidikan dapat menjadi faktor penting dalam menciptakan kesenjangan ekonomi. Masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap pendidikan berkualitas cenderung memiliki peluang ekonomi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki akses lebih baik.</p><p><strong>Kesenjangan Upah:</strong> Kesenjangan upah yang besar antara pekerja dengan keterampilan tinggi dan rendah dapat memperburuk kesenjangan ekonomi. Pekerja dengan keterampilan dan pendidikan yang tinggi biasanya mendapatkan upah yang lebih tinggi daripada pekerja dengan keterampilan dan pendidikan rendah.</p><p><strong>Kesenjangan Akses terhadap Sumber Daya dan Peluang:</strong> Ketidaksetaraan dalam akses terhadap sumber daya ekonomi, seperti tanah, modal, dan teknologi, serta peluang untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan berpotensi menguntungkan, dapat menjadi penyebab utama kesenjangan ekonomi.</p><p><strong>Kebijakan Pemerintah yang Tidak Merata:</strong> Kebijakan ekonomi yang tidak merata atau tidak adil dapat memperkuat kesenjangan ekonomi. Misalnya, kebijakan fiskal dan moneter yang menguntungkan golongan tertentu atau kurangnya perlindungan sosial bagi kelompok rentan.</p><p><strong>Diskriminasi dan Ketimpangan Sosial:</strong> Diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, etnis, agama, atau status sosial juga dapat memperdalam kesenjangan ekonomi. Ketidaksetaraan dalam peluang dan perlakuan di tempat kerja serta dalam akses terhadap layanan publik dan infrastruktur juga dapat menjadi faktor penyebab kesenjangan ekonomi.</p>

Masalah kesenjangan ekonomi masih menjadi perhatian serius dalam kehidupan masyarakat, dan faktor utama penyebabnya bisa bervariasi tergantung pada konteks sosial, ekonomi, dan politik suatu negara. Beberapa faktor utama yang umumnya menjadi penyebab kesenjangan ekonomi antara lain:

Akses Terbatas terhadap Pendidikan: Ketidaksetaraan dalam akses terhadap pendidikan dapat menjadi faktor penting dalam menciptakan kesenjangan ekonomi. Masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap pendidikan berkualitas cenderung memiliki peluang ekonomi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki akses lebih baik.

Kesenjangan Upah: Kesenjangan upah yang besar antara pekerja dengan keterampilan tinggi dan rendah dapat memperburuk kesenjangan ekonomi. Pekerja dengan keterampilan dan pendidikan yang tinggi biasanya mendapatkan upah yang lebih tinggi daripada pekerja dengan keterampilan dan pendidikan rendah.

Kesenjangan Akses terhadap Sumber Daya dan Peluang: Ketidaksetaraan dalam akses terhadap sumber daya ekonomi, seperti tanah, modal, dan teknologi, serta peluang untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan berpotensi menguntungkan, dapat menjadi penyebab utama kesenjangan ekonomi.

Kebijakan Pemerintah yang Tidak Merata: Kebijakan ekonomi yang tidak merata atau tidak adil dapat memperkuat kesenjangan ekonomi. Misalnya, kebijakan fiskal dan moneter yang menguntungkan golongan tertentu atau kurangnya perlindungan sosial bagi kelompok rentan.

Diskriminasi dan Ketimpangan Sosial: Diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, etnis, agama, atau status sosial juga dapat memperdalam kesenjangan ekonomi. Ketidaksetaraan dalam peluang dan perlakuan di tempat kerja serta dalam akses terhadap layanan publik dan infrastruktur juga dapat menjadi faktor penyebab kesenjangan ekonomi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kerusuhan 1998 dipicu karena ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah masa itu.Akibatnya dari kerusuhan, terjadi kekerasan dan pembakaran terjadi di beberapa wilayah Indonesia. b. Konflik sampit merupakan konflik yang terjadi di Kalimantan Tengah pada tahun 2001. Konflik ini merupakan konflik antara suku Dayak dan suku Madura. Konflik ini dipicu oleh perkelahian antara dua suku. Dari cerita diatas maka factor penyebab terjadinya konflik sosial adalah karena?

3

0.0

Jawaban terverifikasi