Andy D

19 Juli 2022 05:11

Iklan

Iklan

Andy D

19 Juli 2022 05:11

Pertanyaan

Marilah Kita Jaga Bumi Ini dari Pemanasan Global Bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi tentu kita semua akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosfer. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di dalamnya, salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhindar dari pemanasan global. Cara pertama untuk menanggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif. Energi alternatif bisa mencegah pemanasan global karena tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari udara. Misalnya, kita bisa menggunakan energi matahari, air, angin, panas bumi, dan biomasa sebagai penganti pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Kemudian, lestarikanlah hutan. Hutan bisa mengatasi polusi udara dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga hutan disebut juga dengan paru-paru dunia. Apabila hutan kita lestari, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemanasan global. Janganlah menggunakan CFC, zat berbahaya yang dapat melubangi lapisan ozon di udara. Zat-zat ini berasal dari peralatan pendingin seperti kulkas dan AC. Lakukanlah penyuluhan-penyuluhan untuk mengurangi penggunaan zat ini. Oleh karena itu, agar bumi kita bisa terhindar dari pemanasan global, marilah kita melakukan cara-cara di atas untuk menyelamatkan bumi ini untuk menjaga kelangsungan hidup kita . (Sumber: kakakpintar. com/ contoh-karangan-persuasi-tentang-sampah-dan-lingkungan-hidup) b. Apakah bagian pertama sudah mengutarakan pendapat/pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan?


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Ega

01 September 2022 01:54

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah sudah. Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi berupa gagasan, pendapat, dan fakta dengan maksud untuk menginformasikan dan memberikan pengetahuan mengenai suatu hal. Struktur teks eksposisi, di antaranya: 1. Pernyataan pendapat (tesis) merupakan bagian yang berisi pengertian suatu istilah, pandangan penulis, permasalahan, serta bagaimana penyajian permasalahan. 2. Argumentasi merupakan bagian yang berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penguat argumen penulis. 3. Penegasan ulang pendapat merupakan bagian yang berisi penegasan kembali pernyataan pendapat yang ditulis di awal paragraf. Bagian ini harus dituliskan dengan jelas karena harus mencerminkan isi pernyataan pendapat maupun argumen penulis. Pada bagian pertama sudah mengutarakan pendapat/pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan yaitu terkait pemanasan global. Pada bagian pertama sudah disampaikan istilah seperti pengertian bumi. Kemudian disajikan pandangan penulis tentangbumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosfer, permasalahan, serta bagaimana penyajian permasalahan. Jadi, jawabannya adalah sudah.


Iklan

Iklan

Endang S

19 April 2023 13:19

Apakah paragraf paragraf berikut ini mengemukakan pembahasan lanjutkan dari teks pendapat pembuka secara ideal


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

37

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

62

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan