Juliana I

19 Juli 2022 05:11

Iklan

Iklan

Juliana I

19 Juli 2022 05:11

Pertanyaan

Marilah Kita Jaga Bumi Ini dari Pemanasan Global Bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi tentu kita semua akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosfer. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di dalamnya, salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhindar dari pemanasan global. Cara pertama untuk menanggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif. Energi alternatif bisa mencegah pemanasan global karena tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari udara. Misalnya, kita bisa menggunakan energi matahari, air, angin, panas bumi, dan biomasa sebagai penganti pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Kemudian, lestarikanlah hutan. Hutan bisa mengatasi polusi udara dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga hutan disebut juga dengan paru-paru dunia. Apabila hutan kita lestari, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemanasan global. Janganlah menggunakan CFC, zat berbahaya yang dapat melubangi lapisan ozon di udara. Zat-zat ini berasal dari peralatan pendingin seperti kulkas dan AC. Lakukanlah penyuluhan-penyuluhan untuk mengurangi penggunaan zat ini. Oleh karena itu, agar bumi kita bisa terhindar dari pemanasan global, marilah kita melakukan cara-cara di atas untuk menyelamatkan bumi ini untuk menjaga kelangsungan hidup kita . (Sumber: kakakpintar. com/ contoh-karangan-persuasi-tentang-sampah-dan-lingkungan-hidup) e. Apakah penggunaan kata penghubung sebab-akibat sudah tepat?


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Ega

01 September 2022 01:40

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah sudah tepat. Konjungsi sebab-akibat adalah kata hubung yang digunakan menghubungkan pernyataan sebab dengan pernyataan akibat. Contoh konjungsi sebab akibat antara lain, yaitu oleh karena itu, oleh sebab itu, karena, sebab. Kalimat yang menggunakan konjungsi sebab-akibat yaitu "Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di dalamnya, salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhindar dari pemanasan global." Selain itu juga ada kalimat "Energi alternatif bisa mencegah pemanasan global karena tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari udara." Konjungsi sebab akibat pada kalimat tersebut adalah oleh karena itu dan karena. Jadi, jawabannya adalah sudah tepat.


Iklan

Iklan

MUTIYA K

07 Maret 2023 00:12

Apakah judul teks sudah tepat mengindikasikan sbgai teks persuasi


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

41

0.0

Jawaban terverifikasi