Gmelina A

07 Mei 2022 11:00

Iklan

Iklan

Gmelina A

07 Mei 2022 11:00

Pertanyaan

Manakah dari pernyataan berikut ini yang tidak benar mengenai sel T helper: a. Rentan infeksi oleh HIV b. Mengadung molekul CD4 permukaan c. Ketika diaktifkan, mensekresikan IL-2 dan sitokinin lain d. Mengenali fragmen polisakarida yang disajikan oleh molekul MHC kelas II e. Berfungsi dalam respon kekebalan humoral maupun respons kekebalan yang diperantai sel


31

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. SheilaTeacherAssisstant

Mahasiswa/Alumni Universitas Pancasila

14 November 2022 05:17

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: e. Berfungsi dalam respon kekebalan humoral maupun respons kekebalan yang diperantai sel.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p><strong>Sel T Helper</strong> adalah sub-kelompok limfosit (jenis <strong>sel</strong> darah putih atau leukosit) hasil aktivasi <strong>sel T</strong> <strong>CD4<sup>+</sup></strong> yang memainkan peran penting dalam sistem imun. <strong>Sel T Helper</strong> tidak memiliki aktivitas sitotoksik. <strong>Sel</strong> ini tidak dapat membunuh patogen secara langsung. <strong>Sel T Helper</strong> merupakan <strong>sel</strong> yang berperan dalam proses pematangan <strong>sel B</strong> menjadi <strong>sel plasma </strong>dan aktivasi makrofag. <strong>Sel T Helper </strong>menjadi aktif saat terpapar molekul MHC kelas II yang mengandung peptida antigen yang terdapat pada permukaan <strong>sel penyaji antigen (APC)</strong>. <i>Human Immunodeficienty Virus</i> (<strong>HIV</strong>) merupakan retrovirus yang <strong>menyerang</strong> sistem kekebalan tubuh yaitu <strong>sel</strong> <strong>limfosit</strong> <strong>T</strong>, CD4 (<strong>T</strong> helper).</p><p><strong>Fungsi Sel T Helper adalah:</strong></p><ol><li>Menghasilkan interleukin-2 (IL-2) yang menyebabkan sel-T pembunuh lebih cepat berkembang biak.&nbsp;</li><li>Sel T Helper dan zat-zat kimia yang diproduksinya sangat diperlukan oleh B-limfosit (sel plasma) untuk memproduksi antibodi.</li></ol><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, pernyataan berikut ini yang tidak benar mengenai Sel T Helper adalah e. Berfungsi dalam respon kekebalan humoral maupun respons kekebalan yang diperantai sel.</u></strong></p>

Jawaban: e. Berfungsi dalam respon kekebalan humoral maupun respons kekebalan yang diperantai sel.

 

Pembahasan:

Sel T Helper adalah sub-kelompok limfosit (jenis sel darah putih atau leukosit) hasil aktivasi sel T CD4+ yang memainkan peran penting dalam sistem imun. Sel T Helper tidak memiliki aktivitas sitotoksik. Sel ini tidak dapat membunuh patogen secara langsung. Sel T Helper merupakan sel yang berperan dalam proses pematangan sel B menjadi sel plasma dan aktivasi makrofag. Sel T Helper menjadi aktif saat terpapar molekul MHC kelas II yang mengandung peptida antigen yang terdapat pada permukaan sel penyaji antigen (APC). Human Immunodeficienty Virus (HIV) merupakan retrovirus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yaitu sel limfosit T, CD4 (T helper).

Fungsi Sel T Helper adalah:

  1. Menghasilkan interleukin-2 (IL-2) yang menyebabkan sel-T pembunuh lebih cepat berkembang biak. 
  2. Sel T Helper dan zat-zat kimia yang diproduksinya sangat diperlukan oleh B-limfosit (sel plasma) untuk memproduksi antibodi.

 

Dengan demikian, pernyataan berikut ini yang tidak benar mengenai Sel T Helper adalah e. Berfungsi dalam respon kekebalan humoral maupun respons kekebalan yang diperantai sel.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

469

5.0

Jawaban terverifikasi