Rahma D

17 Maret 2024 15:44

Iklan

Iklan

Rahma D

17 Maret 2024 15:44

Pertanyaan

Majas apa yang ada pada dan cntohnya puisi Diponegoro karya Chairil Anwar

Majas apa yang ada pada dan cntohnya  puisi Diponegoro karya Chairil Anwar 


18

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Meita R

17 Maret 2024 21:06

Jawaban terverifikasi

<p>Hai membantu menjawab ya&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>Majas - majas yang ada dalam puisi Diponegoro karya Chairil Anwar yaitu&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>1. Majas Alegori<br>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Gaya bahasa yang menyatakan sesuatu dengan kiasan untuk menyampaikan makna abstrak&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>2. Majas Hiperbola<br>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan dilebih-lebihkan&nbsp;<br>&nbsp;</p><p>3. Majas Metonimia<br>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Gaya bahasa menggunakan kata lain yang memiliki ciri tertentu atau keterkaitan yang lainnya</p><p>a. Majas alegori<br>Dan bara kagum menjadi api&nbsp;&nbsp;<br>Di masa pembangunan ini tuan hidup kembali</p><p>b. Majas hiperbola<br>Lawan banyaknya seratus kali.&nbsp;</p><p>c. Majas metonimia<br>Berselempang semangat yang tak bisa mati</p>

Hai membantu menjawab ya 
 

Majas - majas yang ada dalam puisi Diponegoro karya Chairil Anwar yaitu 
 

1. Majas Alegori
        Gaya bahasa yang menyatakan sesuatu dengan kiasan untuk menyampaikan makna abstrak 
 

2. Majas Hiperbola
        Gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan dilebih-lebihkan 
 

3. Majas Metonimia
       Gaya bahasa menggunakan kata lain yang memiliki ciri tertentu atau keterkaitan yang lainnya

a. Majas alegori
Dan bara kagum menjadi api  
Di masa pembangunan ini tuan hidup kembali

b. Majas hiperbola
Lawan banyaknya seratus kali. 

c. Majas metonimia
Berselempang semangat yang tak bisa mati


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 01:58

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam puisi "Diponegoro" karya Chairil Anwar, terdapat beberapa majas yang digunakan untuk memberikan kekuatan ekspresi dan imajinasi dalam penyampaian pesan. Salah satu contoh majas yang dapat ditemukan dalam puisi tersebut adalah metafora.</p><p><strong>Metafora:</strong> Metafora adalah majas yang menggambarkan suatu objek atau peristiwa dengan menggunakan kata-kata yang sebenarnya tidak sesuai atau tidak lazim, tetapi memiliki keterkaitan makna yang kuat. Dalam puisi "Diponegoro", Chairil Anwar menggunakan metafora untuk menyampaikan gambaran tentang sosok Diponegoro. Contoh metafora dalam puisi tersebut adalah:</p><p>&nbsp;</p><p>Di bawah angin senja&nbsp;</p><p>Tubuhmu berkilau merah&nbsp;</p><p>Merah gading&nbsp;</p><p>Di depan matahari yang perlahan mati</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam contoh tersebut, Chairil Anwar menggunakan metafora untuk menggambarkan Diponegoro sebagai sosok yang kokoh dan mulia, seperti gading merah yang berkilau di bawah cahaya senja. Metafora ini memberikan gambaran yang kuat tentang kekuatan dan keagungan Diponegoro dalam imajinasi pembaca.</p>

Dalam puisi "Diponegoro" karya Chairil Anwar, terdapat beberapa majas yang digunakan untuk memberikan kekuatan ekspresi dan imajinasi dalam penyampaian pesan. Salah satu contoh majas yang dapat ditemukan dalam puisi tersebut adalah metafora.

Metafora: Metafora adalah majas yang menggambarkan suatu objek atau peristiwa dengan menggunakan kata-kata yang sebenarnya tidak sesuai atau tidak lazim, tetapi memiliki keterkaitan makna yang kuat. Dalam puisi "Diponegoro", Chairil Anwar menggunakan metafora untuk menyampaikan gambaran tentang sosok Diponegoro. Contoh metafora dalam puisi tersebut adalah:

 

Di bawah angin senja 

Tubuhmu berkilau merah 

Merah gading 

Di depan matahari yang perlahan mati

 

Dalam contoh tersebut, Chairil Anwar menggunakan metafora untuk menggambarkan Diponegoro sebagai sosok yang kokoh dan mulia, seperti gading merah yang berkilau di bawah cahaya senja. Metafora ini memberikan gambaran yang kuat tentang kekuatan dan keagungan Diponegoro dalam imajinasi pembaca.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah persegi ABCD secara berturut turut terletak pada titik A(1, 1) B(4, 1) C(4,4) dan D(1, 4) Tentukanlah persamaan lingkaran yang menyinggung keempat sisi persegi ABCD tersebut!

43

0.0

Jawaban terverifikasi