Abieansyah A

07 Juni 2024 11:13

Iklan

Iklan

Abieansyah A

07 Juni 2024 11:13

Pertanyaan

Mainan edukatif dari kardus bekas


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ahoy A

07 Juni 2024 14:20

Jawaban terverifikasi

JAWABAN : Mainan edukatif dari kardus bisa menjadi cara yang kreatif dan ramah lingkungan untuk membantu anak-anak belajar. Berikut adalah beberapa ide mainan edukatif yang bisa dibuat dari kardus beserta cara sederhana untuk membuatnya: 1. Puzzle Huruf dan Angka Bahan: Kardus bekas, Gunting atau cutter,Spidol atau cat Cara Membuat: •Potong kardus menjadi beberapa bagian kecil berbentuk persegi atau persegi panjang. •Tuliskan huruf atau angka pada potongan kardus tersebut.Potong setiap huruf atau angka menjadi dua bagian yang berbeda bentuk, seperti potongan puzzle. •Minta anak-anak untuk mencocokkan potongan-potongan puzzle tersebut kembali ke bentuk huruf atau angka yang benar. Manfaat: •Membantu anak mengenali huruf dan angka. •Mengembangkan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 13:29

Jawaban terverifikasi

<p>Membuat mainan edukatif dari kardus bekas bisa menjadi proyek yang menyenangkan dan bermanfaat untuk anak-anak. Berikut adalah beberapa ide mainan edukatif yang dapat Anda buat menggunakan kardus bekas:</p><p><strong>Balok Bangunan</strong>: Potong kardus menjadi potongan-potongan kecil yang berbentuk balok. Anak-anak dapat menggunakan balok-balok ini untuk membangun berbagai struktur seperti rumah, gedung, atau bentuk lainnya. Ini membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kreativitas mereka.</p><p><strong>Puzzle</strong>: Gunting kardus menjadi potongan-potongan puzzle dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Anak-anak dapat menyusun potongan-potongan ini untuk membentuk gambar atau pola tertentu. Ini membantu meningkatkan pemecahan masalah dan keterampilan kognitif mereka.</p><p><strong>Lemari Mini</strong>: Gunakan potongan-potongan kardus untuk membuat lemari mini atau rak buku kecil. Anak-anak dapat mengatur mainan atau buku-buku mereka di dalamnya, sehingga mempromosikan keteraturan dan kemandirian.</p><p><strong>Kapal atau Kereta</strong>: Gunting dan bentuk kardus menjadi kapal atau kereta api. Anak-anak dapat bermain dengan kapal atau kereta ini di dalam rumah atau di luar ruangan, dan ini juga bisa menjadi alat untuk memicu imajinasi mereka.</p><p><strong>Teater Boneka</strong>: Buat panggung teater mini dari kardus bekas dan guntinglah boneka-boneka kecil dari kertas atau kain. Anak-anak dapat membuat pertunjukan boneka mereka sendiri, yang membantu meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dan kreativitas mereka.</p><p><strong>Labirin</strong>: Potong kardus menjadi beberapa lapisan dan buatlah labirin di dalamnya. Anak-anak dapat memandu bola atau objek kecil lainnya melalui labirin menggunakan tangan mereka, yang membantu meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan tangan.</p><p><strong>Alat Musik</strong>: Buatlah alat musik sederhana seperti drum atau gitar dari kardus bekas. Anak-anak dapat menghibur diri sendiri dengan menciptakan musik mereka sendiri, yang membantu meningkatkan kreativitas dan ekspresi mereka.</p><p>&nbsp;</p>

Membuat mainan edukatif dari kardus bekas bisa menjadi proyek yang menyenangkan dan bermanfaat untuk anak-anak. Berikut adalah beberapa ide mainan edukatif yang dapat Anda buat menggunakan kardus bekas:

Balok Bangunan: Potong kardus menjadi potongan-potongan kecil yang berbentuk balok. Anak-anak dapat menggunakan balok-balok ini untuk membangun berbagai struktur seperti rumah, gedung, atau bentuk lainnya. Ini membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kreativitas mereka.

Puzzle: Gunting kardus menjadi potongan-potongan puzzle dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Anak-anak dapat menyusun potongan-potongan ini untuk membentuk gambar atau pola tertentu. Ini membantu meningkatkan pemecahan masalah dan keterampilan kognitif mereka.

Lemari Mini: Gunakan potongan-potongan kardus untuk membuat lemari mini atau rak buku kecil. Anak-anak dapat mengatur mainan atau buku-buku mereka di dalamnya, sehingga mempromosikan keteraturan dan kemandirian.

Kapal atau Kereta: Gunting dan bentuk kardus menjadi kapal atau kereta api. Anak-anak dapat bermain dengan kapal atau kereta ini di dalam rumah atau di luar ruangan, dan ini juga bisa menjadi alat untuk memicu imajinasi mereka.

Teater Boneka: Buat panggung teater mini dari kardus bekas dan guntinglah boneka-boneka kecil dari kertas atau kain. Anak-anak dapat membuat pertunjukan boneka mereka sendiri, yang membantu meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dan kreativitas mereka.

Labirin: Potong kardus menjadi beberapa lapisan dan buatlah labirin di dalamnya. Anak-anak dapat memandu bola atau objek kecil lainnya melalui labirin menggunakan tangan mereka, yang membantu meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan tangan.

Alat Musik: Buatlah alat musik sederhana seperti drum atau gitar dari kardus bekas. Anak-anak dapat menghibur diri sendiri dengan menciptakan musik mereka sendiri, yang membantu meningkatkan kreativitas dan ekspresi mereka.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dio adalah siswa baru yang berasal dari Riau yang bersekolah di Bandung. Saat istirahat, Lala melihat Dio duduk sendiri di kelas tanpa ada yang menemani. Sikap yang sebaiknya dilakukan Lala adalah …. A. Membiarkan Dio istirahat sendiri di kelas B. Mengejek Dio yang sedang istirahat sendiri C. Mengajak Dio untuk istirahat bersama di luar kelas D. Menyuruh teman kelas lain untuk menemani Dio

0

0.0

Jawaban terverifikasi