Farhan C

12 April 2022 15:09

Pertanyaan

Lukisan Raden Saleh yang berjudul "Kapal Dilanda Badal tahun 1897 merupakan ungkapan khas karya lukis yang beraliran romantisisme. Dalam aliran ini seniman sebenarnya ingin mengungkapkan gejolak jiwanya yang terombang-ambing antara keinginan menghayati dengan menyatakan dunia imajinasi ideal dengan dunia nyata yang rumit dan terpecah-pecah. Dan petualangan penghayatan itu, seniman cenderung mengungkapkan suatu yang dramatis, emosional, misterius dan imajiner Namun, para seniman romantisisme sering juga berkarya berdasarkan pada kenyataan aktual. Dalam lukisan "Kapal Dilanda Badai" ini, dapat dilihat cara Raden Saleh mengungkapkan perjuangan yang dramatis, yakni dua buah kapal dalam hempasan badal dahsyat di tengah lautan Suasana tampak lebih menekan oleh kegelapan awan tebal dan terkaman ombak-ombak tinggi yang menghancurkan salah satu kapal Dari sudut atas, secercah sinar matahari yang memantul ke arah gulungan ombak. Peristiwa ini lebih memberi tekanan suasana yang dramatis. Walaupun Raden Saleh berada dalam bingkal romantisisme, tema-tema karya lukisannya bervariasi, dramatis, dan mempunyai nilai yang tinggi. Karya-karya Raden Saleh tidak hanya terbatas pada pemandangan alam tetapi juga kehidupan manusia dan *binatang yang bergulat dalam tragedi. Dorongan hidup yang diungkapkan dalam tema-tema lukisannya sangat inspiratif bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama kaum terpelajar pribumi yang sedang bangkit nasionalismenya. Noto Soeroto dalam tulisannya "Bij het 100ste Geboortejaar van Raden Saleh tahun 1913, mengungkapkan bahwa dalam masa kebangkitan nasional orang Jawa didorong untuk mengerahkan kemampuannya sendiri. Akan tetapi titik terang dalam bidang kebudayaan (kesenian) tidak banyak dijumpai. Untuk itu, hasil karya Raden Saleh diharapkan dapat membangkitkan perhatian orang Jawa pada kesenian nasional Disadur darunter and collectiondel diunduh 18 Januar 2018 Tentukan gagasan pokok teks tanggapan tersebut


38

1

Jawaban terverifikasi

E. Dwiky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

13 April 2022 14:56

Jawaban terverifikasi

Halo, Farhan C. Terima kasih telah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab ya. Gagasan pokok teks tanggapan tersebut adalah aliran lukisan "Kapal Dilanda Badal" karya Raden Saleh. Mari kita simak pembahasan berikut ini. Teks tanggapan adalah teks yang bisa disampaikan melalui komentar, pujian, maupun penolakan terhadap suatu hal. Hal-hal yang ditanggapi biasanya berdasarkan sudut pandang atau pengamatan dalam pemikiran seseorang. Berikut langkah-langkah untuk menentukan gagasan pokok dalam suatu teks. 1. Baca keseluruhan isi teks. 2. Gagasan pokok biasanya terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, maupun di awal dan akhir paragraf. 3. Tentukan gagasan penjelas yang menjelaskan gagasan pokok. 4. Simpulkan gagasan pokok dari teks tersebut. Gagasan pokok teks tersebut terletak di awal paragraf pertama, yakni tentang aliran lukisan "Kapal Dilanda Badal" karya Raden Saleh. Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat "Lukisan Raden Saleh yang berjudul "Kapal Dilanda Badal" tahun 1897 merupakan ungkapan khas karya lukis yang beraliran romantisisme." Gagasan penjelas teks tersebut terletak di kalimat kedua paragraf ketiga hingga kalimat terakhir paragraf keempat yang menjelaskan tentang aliran serta makna dari lukisan "Kapal Dilanda Badal" karya Raden Saleh. Dengan demikian, gagasan pokok teks tanggapan tersebut adalah aliran lukisan "Kapal Dilanda Badal" karya Raden Saleh. Semoga membantu :)


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Apakah yang di sajikan pada bagian argumen teks diskusi?

28

0.0

Judul Buku : Meraup Laba dari Lidah Buaya Penulis Buku : Ir. Ajat Jatnika M.Sc. dan Ir. Saptoningsih M.P Jenis Buku : Buku Fiksi Nama Penerbit : PT Agro Media Pustaka Cetakan dan Tahun Terbit : Cetakan pertama, tahun 2009 Tebal Buku/jumlah Halaman : 120 halaman Sinopsis: Lidah buaya merupakan tanaman multimanfaat. Berbagai macam sektor industri membutuhkan lidah buaya sebagai bahan baku, di antaranya industri farmasi, kosmetika, serta produk olahan makanan dan minuman. Ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan dari lidah buaya, yakni dengan membudidayakannya dan membuat berbagai macam produk olahannya. Buku ini memaparkan berbagai hal yang menyangkut lidah buaya, mulai dari informasi mengenai manfaat lidah buaya, sistem budi daya (konvensional dan hidroponik) , pemeliharaan tanaman, pemanenan, pengolahan produk, hingga aspek pemasarannya. Buku ini dilengkapi juga dengan prospek laba dan analisis usaha berbisnis lidah buaya, baik budi daya maupun produk olahannya. Langkah awal untuk meraup laba sudah ada di genggaman Anda, apakah Anda siap mewujudkannya? Keunggulan Buku lsi buku ini sudah cukup lengkap, mulai dari jenis tanaman, cara pembudidayaan, pengolahan, hingga aspek pemasaran. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan dipahami. Disertai. gambar-gambar agar pembaca lebih memahami pokok bahasan yang di.baca. Disertai analisa bisnis dan pengolahan yang memilki peluang usaha. Kelemahan Buku Tidak adanya penjelasan/pembahasan pada awal bab yang berguna untuk memberikan penjelasan mengenai pokok bahasan yang sedang di.baca. Tidak adanya pembahasan mengenai manfaat dari tanaman lidah buaya tersebut secara rinci. Kesimpulan: Buku ini berisi hal-hal mengenai cara pembudidayaan lidah buaya dengan menggunakan Sistem Konvensional dan Sistem Hidroponik. Keunggulan dari Sistem Konvensional, yaitu pembudidayaannya tidak banyak memakan biaya dan hanya memerlukan lahan yang luas. Sedangkan, keunggulan Sistem Hidroponik, yaitu pemeliharaan lebih mudah, proses budidaya menjadi lebih bersih dan steril, serta tanaman lebi.h sehat dan produktivitasnya lebih tinggi. (Sumber: http://cerita-catatan-saya.blogspot. co. id/20 1 311 1/resensi-buku-pengetahuan-populer. htmI dengan gubahan seperlunya) Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai telaah buku tersebut! b. Informasi apa yang kalian dapat dari telaah buku nonfiksi tersebut?

18

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan