Wahyu K

12 November 2020 02:33

Iklan

Iklan

Wahyu K

12 November 2020 02:33

Pertanyaan

Logam X dapat mengendapkan tembaga dari larutan CuSO4, tetapi logam X tidak bereaksi dengan larutan ZnCl2. Manakah deret di bawah ini yang menyatakan bertambah kuatnya sifat reduktor? A. Zn – Cu – X B. Zn – X – Cu C. Cu – Zn – X D. Cu – X – Zn E. X – Zn – Cu


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Aprilia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

01 Januari 2022 05:22

Jawaban terverifikasi

Halo, Wahyu :) Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan dibawah ini ya. Pada sel volta, terdapat deret volta. Suatu unsur logam dapat disusun berdasarkan kenaikan harga potensial (E°) yang makin besar atau urutan logam yang makin mudah mengalami reduksi. Urutan ini dinamakan deret Volta. Logam pada deret Volta dari kiri ke kanan bersifat makin mudah mengalami reduksi (oksidator makin kuat). Sementara itu, logam pada deret Volta dari kanan ke kiri semakin mudah mengalami oksidasi (reduktor makin kuat). misal ada urutan A - B - C, maka atom B dapat mereduksi atom C tapi tidak dapat mereduksi atom A. Pada soal diatas, atom X dapat mengendapkan Cu (dari CuSO4), artinya X bisa mereduksi Cu. Tapi, X tidak bereaksi dengan Zn (dari ZnCl2), artinya X tidak bisa mereduksi Zn. Maka urutannya bisa dituliskan seperti ini : Zn - X - Cu. Kekuatan reduktor = dari kanan ke kiri makin kuat, sehingga urutannya menjadi Cu - X - Zn .


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 25 °C, tekanan uap air murni adalah 23.76 mmHg dan tekanan uap air laut adalah 22,98 mmHg. Asumsikan bahwa air laut hanya mengandung NaCl, hitunglah konsentrasi NaCl dalam satuan molal (m)

12

0.0

Jawaban terverifikasi