Cintaning A

21 Agustus 2023 11:55

Iklan

Iklan

Cintaning A

21 Agustus 2023 11:55

Pertanyaan

Lembaga yang berwenang melakukan pe nanganan terhadap kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar adalah .... a. Kepolisian Negara RI b. Tentara Nasional Indonesia c. Kejaksaan Agung d. Mahkamah Agung e. Mahkamah Konstitusi Mohon bantuannya kak, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Lembaga yang berwenang melakukan pe nanganan terhadap kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar adalah .... 

a. Kepolisian Negara RI

b. Tentara Nasional Indonesia

c. Kejaksaan Agung 

d. Mahkamah Agung

e. Mahkamah Konstitusi

Mohon bantuannya kak, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 12:24

Jawaban terverifikasi

<p>Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah lembaga militer yang bertanggung jawab atas pertahanan dan keamanan negara Indonesia. Dalam konteks penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar, TNI memiliki peran penting karena memiliki tanggung jawab dalam menjaga integritas wilayah negara, melindungi kedaulatan negara, dan menghadapi potensi ancaman yang mungkin timbul dari dalam atau luar negeri.</p><p>Berikut adalah beberapa alasan mengapa TNI berwenang dalam penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar:</p><p><strong>Pertahanan dan Keamanan</strong>: Tugas utama TNI adalah menjaga keamanan dan pertahanan negara. Dalam hal ini, TNI berperan dalam menghadapi ancaman yang mungkin datang dari kelompok atau pihak yang ingin memisahkan diri dari wilayah Indonesia atau melibatkan potensi ancaman dari luar negeri.</p><p><strong>Operasi Militer</strong>: TNI memiliki kemampuan untuk melakukan operasi militer untuk menghadapi situasi darurat atau ancaman serius terhadap keamanan nasional, termasuk mengatasi gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari negara atau ancaman dari luar yang dapat membahayakan integritas wilayah.</p><p><strong>Pengamanan Perbatasan</strong>: TNI juga bertanggung jawab atas pengamanan perbatasan negara. Ini melibatkan pengawasan terhadap perbatasan dan potensi masuknya ancaman dari luar yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas di dalam negeri.</p><p><strong>Kerjasama Internasional</strong>: TNI dapat bekerja sama dengan lembaga militer dari negara lain untuk berbagi informasi intelijen, melakukan latihan militer bersama, dan menghadapi ancaman bersama yang mungkin berasal dari luar negeri.</p><p><strong>Koordinasi dengan Pemerintah</strong>: Meskipun TNI memiliki peran dalam pertahanan dan keamanan, tetapi tindakan-tindakan yang signifikan harus dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah untuk memastikan bahwa tindakan tersebut sesuai dengan hukum dan kebijakan nasional.</p><p>Namun, penting untuk diingat bahwa dalam konteks demokrasi dan penerapan hukum, TNI juga harus beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip hukum internasional dan prinsip hak asasi manusia, serta dalam kerangka kerjasama dengan lembaga sipil terkait dalam penanganan masalah keamanan nasional.</p><p>Sementara TNI memiliki peran dalam penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar, pihak kepolisian (Kepolisian Negara RI) juga berperan dalam penanganan masalah ini, terutama dalam mengatasi aspek hukum dan penegakan hukum yang terkait dengan ancaman tersebut.</p><p>Jawaban: B</p><p>&nbsp;</p>

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah lembaga militer yang bertanggung jawab atas pertahanan dan keamanan negara Indonesia. Dalam konteks penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar, TNI memiliki peran penting karena memiliki tanggung jawab dalam menjaga integritas wilayah negara, melindungi kedaulatan negara, dan menghadapi potensi ancaman yang mungkin timbul dari dalam atau luar negeri.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa TNI berwenang dalam penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar:

Pertahanan dan Keamanan: Tugas utama TNI adalah menjaga keamanan dan pertahanan negara. Dalam hal ini, TNI berperan dalam menghadapi ancaman yang mungkin datang dari kelompok atau pihak yang ingin memisahkan diri dari wilayah Indonesia atau melibatkan potensi ancaman dari luar negeri.

Operasi Militer: TNI memiliki kemampuan untuk melakukan operasi militer untuk menghadapi situasi darurat atau ancaman serius terhadap keamanan nasional, termasuk mengatasi gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari negara atau ancaman dari luar yang dapat membahayakan integritas wilayah.

Pengamanan Perbatasan: TNI juga bertanggung jawab atas pengamanan perbatasan negara. Ini melibatkan pengawasan terhadap perbatasan dan potensi masuknya ancaman dari luar yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas di dalam negeri.

Kerjasama Internasional: TNI dapat bekerja sama dengan lembaga militer dari negara lain untuk berbagi informasi intelijen, melakukan latihan militer bersama, dan menghadapi ancaman bersama yang mungkin berasal dari luar negeri.

Koordinasi dengan Pemerintah: Meskipun TNI memiliki peran dalam pertahanan dan keamanan, tetapi tindakan-tindakan yang signifikan harus dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah untuk memastikan bahwa tindakan tersebut sesuai dengan hukum dan kebijakan nasional.

Namun, penting untuk diingat bahwa dalam konteks demokrasi dan penerapan hukum, TNI juga harus beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip hukum internasional dan prinsip hak asasi manusia, serta dalam kerangka kerjasama dengan lembaga sipil terkait dalam penanganan masalah keamanan nasional.

Sementara TNI memiliki peran dalam penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar, pihak kepolisian (Kepolisian Negara RI) juga berperan dalam penanganan masalah ini, terutama dalam mengatasi aspek hukum dan penegakan hukum yang terkait dengan ancaman tersebut.

Jawaban: B

 


Cintaning A

21 Agustus 2023 12:36

Terima kasih banyak kak

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 12:24

Jawaban terverifikasi

Lembaga yang berwenang melakukan penanganan terhadap kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar adalah: b. Tentara Nasional Indonesia Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah lembaga militer yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara. TNI memiliki peran dalam penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar, termasuk dalam menjaga keutuhan wilayah negara dan melindungi kedaulatan negara dari ancaman internal maupun eksternal. Meskipun Kepolisian Negara RI (pilihan a) juga memiliki peran dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum, namun dalam konteks kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar, peran TNI lebih dominan. Kejaksaan Agung (pilihan c), Mahkamah Agung (pilihan d), dan Mahkamah Konstitusi (pilihan e) memiliki peran yang lebih terkait dengan penegakan hukum dan keadilan, bukan secara langsung dalam penanganan kasus separatisme dan ancaman keamanan dari luar.


Cintaning A

21 Agustus 2023 12:36

Terima kasih banyak kak

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah

294

0.0

Jawaban terverifikasi