Christian E

17 November 2022 05:17

Iklan

Iklan

Christian E

17 November 2022 05:17

Pertanyaan

azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah


234

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

K. KSheilaTA

13 Desember 2022 10:46

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: Asas Kejujuran.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p><strong>Wawasan Nusantara</strong> adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta sesuai wilayah geografis nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa demi mencapai tujuan dan cita-cita nasional.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Asas wawasan nusantara adalah</strong> pedoman untuk menentukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan.</p><p><strong>Terdapat 6 asas wawasan nusantara yaitu:</strong></p><ol><li><strong>Asas Solidaritas,</strong> menyatakan bahwa hubungan antar sesama harus menimbulkan rasa percaya, menghormati dan saling berkorban.</li><li><strong>Asas Keadilan,</strong> menyatakan bahwa keadilan hak untuk semua golongan, kelompok atau individu.</li><li><strong>Asas Kejujuran,</strong> menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar meskipun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya.</li><li><strong>Asas Kerjasama,</strong> menyatakan bahwa saling menjaga dan pengertian akan menciptakan kerja sama yang baik dan dengan kerja sama yang baik dapat&nbsp;mencapai tujuan bersama.</li><li><strong>Asas Kesamaan Tujuan,</strong> menyatakan bahwa kesamaan tujuan membuat kita tidak akan mudah dipecah belah dan dapat tercapai tujuan untuk mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia.</li><li><strong>Asas Kesetiaan,</strong> menyatakan bahwa dengan adanya kesetiaan kepada Proklamasi dan Sumpah Pemuda, masyarakat akan tercapai tujuan nasional dan persatuan dalam&nbsp;kebhinekaan.</li></ol><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, asas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berpikir, berkata, dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar meskipun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah asas kejujuran.</u></strong></p>

Jawaban: Asas Kejujuran.

 

Pembahasan:

Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta sesuai wilayah geografis nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa demi mencapai tujuan dan cita-cita nasional.

 

Asas wawasan nusantara adalah pedoman untuk menentukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Terdapat 6 asas wawasan nusantara yaitu:

  1. Asas Solidaritas, menyatakan bahwa hubungan antar sesama harus menimbulkan rasa percaya, menghormati dan saling berkorban.
  2. Asas Keadilan, menyatakan bahwa keadilan hak untuk semua golongan, kelompok atau individu.
  3. Asas Kejujuran, menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar meskipun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya.
  4. Asas Kerjasama, menyatakan bahwa saling menjaga dan pengertian akan menciptakan kerja sama yang baik dan dengan kerja sama yang baik dapat mencapai tujuan bersama.
  5. Asas Kesamaan Tujuan, menyatakan bahwa kesamaan tujuan membuat kita tidak akan mudah dipecah belah dan dapat tercapai tujuan untuk mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia.
  6. Asas Kesetiaan, menyatakan bahwa dengan adanya kesetiaan kepada Proklamasi dan Sumpah Pemuda, masyarakat akan tercapai tujuan nasional dan persatuan dalam kebhinekaan.

 

Dengan demikian, asas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berpikir, berkata, dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar meskipun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah asas kejujuran.


Iklan

Iklan

Roup R

20 Maret 2024 04:12

Suatu aktivitas seseorang atau kelompok orang untuk secara aktif dalam kehidupan politik disebut….


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan. perlunya kerja sama dalam bentuk hubungan internasional tersebut disebabkan oleh faktor..... a. eksternal b. ekonomi c. sosial budaya d. politik e. internal

344

0.0

Jawaban terverifikasi