Devania C

22 Maret 2024 02:04

Iklan

Iklan

Devania C

22 Maret 2024 02:04

Pertanyaan

Lembaga social memiliki karakteristik tertentu. Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari lembaga social, minimal

Lembaga social memiliki karakteristik tertentu. Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari lembaga social, minimal 


11

2


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:21

<p>Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari lembaga sosial:</p><p><strong>Tujuan</strong>: Setiap lembaga sosial memiliki tujuan tertentu yang berhubungan dengan memenuhi kebutuhan sosial, mengatur perilaku, atau menyediakan layanan kepada anggotanya. Contohnya, tujuan lembaga pendidikan adalah memberikan pendidikan dan pengajaran kepada siswa.</p><p><strong>Norma dan Nilai</strong>: Lembaga sosial mengandung norma dan nilai-nilai yang diinternalisasi oleh anggotanya. Norma-norma ini dapat bersifat formal (seperti hukum atau peraturan) atau informal (seperti tradisi atau adat istiadat).</p><p><strong>Struktur dan Hierarki</strong>: Lembaga sosial memiliki struktur organisasi yang terdiri dari peran-peran yang ditetapkan dan hubungan-hubungan antara anggota. Struktur ini sering kali mencakup hierarki yang menetapkan tingkat kekuasaan atau otoritas di dalam lembaga tersebut.</p><p><strong>Spesialisasi</strong>: Setiap lembaga sosial biasanya memiliki spesialisasi dalam fungsi atau layanan yang disediakan. Misalnya, lembaga kesehatan menyediakan layanan kesehatan, sementara lembaga agama bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rohani.</p><p><strong>Kepatuhan</strong>: Anggota lembaga sosial cenderung mematuhi norma-norma dan aturan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Kepatuhan ini dapat timbul dari penghargaan atau sanksi sosial yang diberikan oleh lembaga atau anggotanya.</p><p><strong>Kontinuitas</strong>: Lembaga sosial cenderung bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dalam masyarakat.</p><p><strong>Fungsi</strong>: Setiap lembaga sosial memiliki fungsi yang spesifik dalam masyarakat, baik itu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan sosial, pembentukan identitas sosial, pengaturan perilaku, atau fungsi-fungsi lainnya.</p><p><strong>Interdependensi</strong>: Lembaga sosial sering kali saling terkait dan berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat. Interaksi ini dapat berupa kerja sama, persaingan, atau ketergantungan.</p><p><br>&nbsp;</p>

Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari lembaga sosial:

Tujuan: Setiap lembaga sosial memiliki tujuan tertentu yang berhubungan dengan memenuhi kebutuhan sosial, mengatur perilaku, atau menyediakan layanan kepada anggotanya. Contohnya, tujuan lembaga pendidikan adalah memberikan pendidikan dan pengajaran kepada siswa.

Norma dan Nilai: Lembaga sosial mengandung norma dan nilai-nilai yang diinternalisasi oleh anggotanya. Norma-norma ini dapat bersifat formal (seperti hukum atau peraturan) atau informal (seperti tradisi atau adat istiadat).

Struktur dan Hierarki: Lembaga sosial memiliki struktur organisasi yang terdiri dari peran-peran yang ditetapkan dan hubungan-hubungan antara anggota. Struktur ini sering kali mencakup hierarki yang menetapkan tingkat kekuasaan atau otoritas di dalam lembaga tersebut.

Spesialisasi: Setiap lembaga sosial biasanya memiliki spesialisasi dalam fungsi atau layanan yang disediakan. Misalnya, lembaga kesehatan menyediakan layanan kesehatan, sementara lembaga agama bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rohani.

Kepatuhan: Anggota lembaga sosial cenderung mematuhi norma-norma dan aturan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Kepatuhan ini dapat timbul dari penghargaan atau sanksi sosial yang diberikan oleh lembaga atau anggotanya.

Kontinuitas: Lembaga sosial cenderung bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dalam masyarakat.

Fungsi: Setiap lembaga sosial memiliki fungsi yang spesifik dalam masyarakat, baik itu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan sosial, pembentukan identitas sosial, pengaturan perilaku, atau fungsi-fungsi lainnya.

Interdependensi: Lembaga sosial sering kali saling terkait dan berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat. Interaksi ini dapat berupa kerja sama, persaingan, atau ketergantungan.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Maret 2024 08:58

<p><br>Lembaga sosial memiliki beberapa karakteristik khas yang membedakannya dari bentuk organisasi sosial lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari lembaga sosial:</p><p><strong>Norma dan Nilai</strong>: Lembaga sosial memiliki norma dan nilai yang diakui oleh anggotanya. Norma-norma ini memberikan panduan bagi perilaku anggota lembaga dan memastikan keselarasan dalam interaksi sosial di dalamnya.</p><p><strong>Tujuan dan Fungsi</strong>: Setiap lembaga sosial memiliki tujuan atau fungsi tertentu yang ingin dicapai. Fungsi-fungsi ini mencerminkan peran yang diharapkan lembaga dalam masyarakat, misalnya, fungsi keluarga adalah untuk memberikan perawatan dan sosialisasi kepada anggota-anggota muda masyarakat.</p><p><strong>Struktur dan Organisasi</strong>: Lembaga sosial memiliki struktur dan organisasi yang terorganisir dengan baik untuk mencapai tujuan mereka. Struktur ini mungkin mencakup hierarki, peran yang ditetapkan, dan prosedur yang diatur dengan jelas.</p><p><strong>Pola Perilaku</strong>: Lembaga sosial menetapkan pola perilaku yang diharapkan dari anggotanya. Pola perilaku ini mungkin termasuk norma-norma yang mengatur interaksi antar anggota, seperti cara berkomunikasi, berbagi sumber daya, atau menyelesaikan konflik.</p><p><strong>Kontinuitas dan Persistensi</strong>: Lembaga sosial cenderung bertahan dan berlangsung dari generasi ke generasi. Mereka memiliki kecenderungan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan sosial, tetapi inti dari lembaga tersebut biasanya tetap sama.</p><p><strong>Pembedaan dan Spesialisasi</strong>: Lembaga sosial sering kali membedakan diri dari lembaga lainnya dan menawarkan spesialisasi dalam fungsi-fungsinya. Contohnya, lembaga pendidikan khususnya terfokus pada pendidikan, sedangkan lembaga agama terfokus pada praktek keagamaan.</p><p><strong>Reproduksi Sosial</strong>: Lembaga sosial berperan dalam reproduksi dan pemeliharaan struktur sosial, nilai, dan norma dalam masyarakat. Mereka membantu mempertahankan konsistensi dan stabilitas dalam kehidupan sosial.</p>


Lembaga sosial memiliki beberapa karakteristik khas yang membedakannya dari bentuk organisasi sosial lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari lembaga sosial:

Norma dan Nilai: Lembaga sosial memiliki norma dan nilai yang diakui oleh anggotanya. Norma-norma ini memberikan panduan bagi perilaku anggota lembaga dan memastikan keselarasan dalam interaksi sosial di dalamnya.

Tujuan dan Fungsi: Setiap lembaga sosial memiliki tujuan atau fungsi tertentu yang ingin dicapai. Fungsi-fungsi ini mencerminkan peran yang diharapkan lembaga dalam masyarakat, misalnya, fungsi keluarga adalah untuk memberikan perawatan dan sosialisasi kepada anggota-anggota muda masyarakat.

Struktur dan Organisasi: Lembaga sosial memiliki struktur dan organisasi yang terorganisir dengan baik untuk mencapai tujuan mereka. Struktur ini mungkin mencakup hierarki, peran yang ditetapkan, dan prosedur yang diatur dengan jelas.

Pola Perilaku: Lembaga sosial menetapkan pola perilaku yang diharapkan dari anggotanya. Pola perilaku ini mungkin termasuk norma-norma yang mengatur interaksi antar anggota, seperti cara berkomunikasi, berbagi sumber daya, atau menyelesaikan konflik.

Kontinuitas dan Persistensi: Lembaga sosial cenderung bertahan dan berlangsung dari generasi ke generasi. Mereka memiliki kecenderungan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan sosial, tetapi inti dari lembaga tersebut biasanya tetap sama.

Pembedaan dan Spesialisasi: Lembaga sosial sering kali membedakan diri dari lembaga lainnya dan menawarkan spesialisasi dalam fungsi-fungsinya. Contohnya, lembaga pendidikan khususnya terfokus pada pendidikan, sedangkan lembaga agama terfokus pada praktek keagamaan.

Reproduksi Sosial: Lembaga sosial berperan dalam reproduksi dan pemeliharaan struktur sosial, nilai, dan norma dalam masyarakat. Mereka membantu mempertahankan konsistensi dan stabilitas dalam kehidupan sosial.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada rangkaian listrik arus bolak balik, keadaan resonansi terjadi jika nilai impedansi rangkaian sama dengan nilai hambatan murninya. SEBAB Pada keadaan resonansi, nilai reaktansi induktif sama besarnya dengan nilai reaktansi kapasitif. Kedua pernyataan di atas A. benar dan berhubungan B. benar tetapi tidak berhubungan C. hanya satu yang benar D. tidak benar

0

5.0

Jawaban terverifikasi