Riz R

29 November 2023 06:46

Iklan

Iklan

Riz R

29 November 2023 06:46

Pertanyaan

Latar belakang terbentuknya Pakta Warsawa.... A.Peluncuran pesawat luar angkasa buatan Amerika Serikat menuju bulan B.Jerman Barat bergabung dalam ΝΑΤΟ C.Pembagian wilayah Jerman berdasarkan perjanjian Potsdam D.Pembentukan Republik Korea Selatan oich Amerika Serikat E.Kekalahan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rey D

29 November 2023 06:48

Jawaban terverifikasi

B.Jerman Barat bergabung dalam ΝΑΤΟ Penjelasan: Hal ini terjadi pada tahun 1955, ketika Uni Soviet membentuk Pakta Warsawa dengan negara-negara Blok Timur untuk melawan pertumbuhan kekuatan militer Barat melalui NATO. Pembentukan Pakta Warsawa dipandang sebagai langkah menjaga keseimbangan kekuatan Eropa selama Perang Dingin.


Iklan

Iklan

Erwin A

Community

29 November 2023 11:18

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya B</p><p>Latar belakang terbentuknya Pakta Warsawa adalah sebagai berikut:</p><ul><li><strong>Remiliterisasi Jerman Barat</strong></li></ul><p>Pada tanggal 9 Mei 1955, Jerman Barat bergabung dengan NATO. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya. Jerman Barat yang merupakan negara dengan kekuatan militer yang besar, dapat menjadi ancaman bagi keamanan Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya.</p><ul><li><strong>Perkembangan NATO</strong></li></ul><p>NATO terus berkembang dan memperluas wilayahnya. Pada tahun 1952, Yunani dan Turki bergabung dengan NATO. Hal ini semakin menambah kekhawatiran Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya.</p><ul><li><strong>Perkembangan ideologi komunisme</strong></li></ul><p>Pada tahun 1950-an, ideologi komunisme berkembang pesat di berbagai negara di dunia. Hal ini juga menimbulkan kekhawatiran di Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya. Uni Soviet khawatir bahwa perkembangan ideologi komunisme akan mengancam keberadaannya.</p><p>Berdasarkan latar belakang tersebut, Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya memutuskan untuk membentuk aliansi pertahanan yang disebut Pakta Warsawa. Pakta Warsawa ditandatangani di Warsawa, Polandia, pada tanggal 14 Mei 1955. Pakta Warsawa terdiri dari delapan negara anggota, yaitu Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, dan Rumania.</p><p>Pakta Warsawa memiliki tujuan untuk mempertahankan keamanan dan kedaulatan negara-negara anggotanya. Pakta Warsawa juga memiliki tujuan untuk mencegah penyebaran ideologi kapitalisme di negara-negara anggotanya.</p><p>Pakta Warsawa berperan penting dalam Perang Dingin. Pakta Warsawa menjadi kekuatan tandingan NATO dan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya ketegangan di dunia. Pakta Warsawa dibubarkan pada tanggal 1 Juli 1991, setelah runtuhnya Uni Soviet.</p>

jawabannya B

Latar belakang terbentuknya Pakta Warsawa adalah sebagai berikut:

  • Remiliterisasi Jerman Barat

Pada tanggal 9 Mei 1955, Jerman Barat bergabung dengan NATO. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya. Jerman Barat yang merupakan negara dengan kekuatan militer yang besar, dapat menjadi ancaman bagi keamanan Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya.

  • Perkembangan NATO

NATO terus berkembang dan memperluas wilayahnya. Pada tahun 1952, Yunani dan Turki bergabung dengan NATO. Hal ini semakin menambah kekhawatiran Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya.

  • Perkembangan ideologi komunisme

Pada tahun 1950-an, ideologi komunisme berkembang pesat di berbagai negara di dunia. Hal ini juga menimbulkan kekhawatiran di Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya. Uni Soviet khawatir bahwa perkembangan ideologi komunisme akan mengancam keberadaannya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur lainnya memutuskan untuk membentuk aliansi pertahanan yang disebut Pakta Warsawa. Pakta Warsawa ditandatangani di Warsawa, Polandia, pada tanggal 14 Mei 1955. Pakta Warsawa terdiri dari delapan negara anggota, yaitu Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, dan Rumania.

Pakta Warsawa memiliki tujuan untuk mempertahankan keamanan dan kedaulatan negara-negara anggotanya. Pakta Warsawa juga memiliki tujuan untuk mencegah penyebaran ideologi kapitalisme di negara-negara anggotanya.

Pakta Warsawa berperan penting dalam Perang Dingin. Pakta Warsawa menjadi kekuatan tandingan NATO dan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya ketegangan di dunia. Pakta Warsawa dibubarkan pada tanggal 1 Juli 1991, setelah runtuhnya Uni Soviet.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

425

5.0

Jawaban terverifikasi