RoboguruRoboguru
SD

Tiara H

24 Juli 2020 05:30

Pertanyaan

Larutan garam Agl 0,05 mol dalam 100 gram air membeku pada suhu -1,55°C. Apabila Kf = 1 86°C/m, berapakah derajar pengionan garam Agl larutan tersebut?


20

1

Jawaban terverifikasi

R. Aryatin

30 Desember 2021 00:30

Jawaban terverifikasi

Halo Tiara H, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah derajat pengionan = 0,67. Ayo simak pembahasan berikut agar kamu lebih paham ya :) Untuk membahas soal tersebut maka kita akan menggunakan konsep mengenai penurunan titik beku. Titik beku adalah suhu pada saat tekanan uap cairan sama dengan tekanan uap padatannya. Pada suatu larutan terjadi penurunan titik beku akibat perbedaan titik beku pelarut dan titik beku larutan. Penurunan titik beku ini akan semakin besar apabila zat terlarutnya merupakan zat elektrolit. Karena sebagaimana kita tahu bahwa zat elektrolit sebagian atau seluruhnya dapat terurai menjadi ion-ion. Sehingga zat elektrolit ini akan mengandung partikel yang lebih banyak dalam larutannya. Berdasarkan hal tersebut, maka dengan mengetahui besar penurunan titik beku, derajat pengionan dari larutan garam tersebut akan dapat diketahui. Dimana penentuan derajat pengionannya adalah sebagai berikut :


Doramon D

04 Januari 2022 13:56

kak itu alphanya kok bisa jadi 0,67 gimana ya caranya

ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

sebuah logam besi ingin disepuh dengan emas. untuk itu dilakukan proses elektrolisis dengan larutan AuCl3 selama 1 jam dan arus 10 A. Massa emas yang mengendap dikatode adalah.....

599

2.0

Jawaban terverifikasi