Nurul A

13 Agustus 2022 05:58

Iklan

Iklan

Nurul A

13 Agustus 2022 05:58

Pertanyaan

Larutan 25 ml HCN 0,2 M dereaksikan dengan 25 ml NaOH 0,2 M. sesuai dengan reaksi: HCN (aq) + NaOH (aq) → NaCN (aq) +H2O (l) jika Ka HCN = 10 -5 , maka PH campuran yang terjadi adalah a . 5-log 1 b. 7+log 1 c. 9+log 1 d.13-log 2 e. 13+log 2


201

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Chusna

03 Oktober 2022 06:47

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 9+ log 1 (C).</p><p>&nbsp;</p><p>Reaksi antara larutan HCN dengan larutan NaOH akan terbentuk tiga kemungkinan yaitu antara larutan penyangga asam atau hidrolisis atau bersifat basa kuat. Jika setelah reaksi yang tersisa adalah asam lemah dan garamnya maka terbentuk larutan penyangga asam, tetapi jika yang tersisa hanya garamnya dan asam lemah tidak bersisa maka terbentuk hidrolisis. Jika setelah reaksi ada zat sisa NaOH (basa kuat) maka bersifat basa kuat. Penentuan zat yang tersis melalui perhitungan stoikiometri seperti berikut ini.</p><p>&nbsp;</p><p>- Menentukan mol HCN dan NaOH</p><p>n HCN = [HCN] x volume HCN</p><p>n HCN = 0,2 M x 25 mL</p><p>n HCN = 5 mmol</p><p>&nbsp;</p><p>n NaOH = [NaOH] x volume NaOH</p><p>n NaOH = 0,2 M x 25 mL</p><p>n NaOH = 5 mmol</p><p>&nbsp;</p><p>- Menentukan mol zat sisa&nbsp;</p><p>HCN (aq) + NaOH (aq) --&gt; NaCN(aq) + H<sub>2</sub>O (l)</p><p>&nbsp;</p><p>(Perhitungan stoikiometri terlampir di gambar)&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>zat yang bersisa adalah NaCN 5 mmol. Dengan demikian, Zat tersebut merupakan hidrolisis. Reaksi hidrolisis CN- seperti berikut ini.</p><p>CN- (aq) + H<sub>2</sub>O (l) ⇌ HCN (aq) + OH- (aq)</p><p>&nbsp;</p><p>- Menentukan [OH-]</p><p>[CN-] = [NaCN]</p><p>[NaCN] = n NaCN / volume NaCN</p><p>[NaCN] = 5 mmol / 50 mL</p><p>[NaCN] = 0,1 M</p><p>&nbsp;</p><p>[OH-] = 10<sup>-5</sup> M</p><p>&nbsp;</p><p>- Menentukan pH</p><p>pOH = - log [OH-]</p><p>pOH = - log 1x10<sup>-5</sup>&nbsp;</p><p>pOH = 5 - log 1</p><p>pH + pOH = 14</p><p>pH = 9+ log 1</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi pH campuran di atas adalah 9 + log 1.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 9+ log 1 (C).

 

Reaksi antara larutan HCN dengan larutan NaOH akan terbentuk tiga kemungkinan yaitu antara larutan penyangga asam atau hidrolisis atau bersifat basa kuat. Jika setelah reaksi yang tersisa adalah asam lemah dan garamnya maka terbentuk larutan penyangga asam, tetapi jika yang tersisa hanya garamnya dan asam lemah tidak bersisa maka terbentuk hidrolisis. Jika setelah reaksi ada zat sisa NaOH (basa kuat) maka bersifat basa kuat. Penentuan zat yang tersis melalui perhitungan stoikiometri seperti berikut ini.

 

- Menentukan mol HCN dan NaOH

n HCN = [HCN] x volume HCN

n HCN = 0,2 M x 25 mL

n HCN = 5 mmol

 

n NaOH = [NaOH] x volume NaOH

n NaOH = 0,2 M x 25 mL

n NaOH = 5 mmol

 

- Menentukan mol zat sisa 

HCN (aq) + NaOH (aq) --> NaCN(aq) + H2O (l)

 

(Perhitungan stoikiometri terlampir di gambar) 

 

zat yang bersisa adalah NaCN 5 mmol. Dengan demikian, Zat tersebut merupakan hidrolisis. Reaksi hidrolisis CN- seperti berikut ini.

CN- (aq) + H2O (l) ⇌ HCN (aq) + OH- (aq)

 

- Menentukan [OH-]

[CN-] = [NaCN]

[NaCN] = n NaCN / volume NaCN

[NaCN] = 5 mmol / 50 mL

[NaCN] = 0,1 M

 

[OH-] = 10-5 M

 

- Menentukan pH

pOH = - log [OH-]

pOH = - log 1x10-5 

pOH = 5 - log 1

pH + pOH = 14

pH = 9+ log 1

 

Jadi pH campuran di atas adalah 9 + log 1.

 

 

 

alt
alt

Iklan

Iklan

Reva F

30 Maret 2023 02:04

Sebanyak 25 mL HCN 0,2 M direaksikan dengan 25 mL NaOH 0,2 M. Sesuai dengan reaksi : HCN (aq) + NaOH (aq) → NaCN (aq) + H2O (l) Jika Ka HCN = 10-5 , maka pH campuran yang terjadi adalah …. :


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi bila: C2H5OH + PCl5

208

0.0

Jawaban terverifikasi