Hellen H

28 April 2024 09:19

Iklan

Iklan

Hellen H

28 April 2024 09:19

Pertanyaan

Kunci determinasi dari tumbuhan - Epipremnum aureum(Sirih gading) - Acalypha siamensis(teh-tehan)

Kunci determinasi dari tumbuhan

- Epipremnum aureum(Sirih gading) 

- Acalypha siamensis(teh-tehan) 

 


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

28 April 2024 11:17

Jawaban terverifikasi

<p>Kunci determinasi atau kunci identifikasi digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan ciri-ciri morfologis tertentu. Berikut adalah kunci determinasi untuk kedua tumbuhan yang Anda sebutkan:</p><p>Tumbuhan 1: Epipremnum aureum (Sirih gading) a. Daunnya berbentuk hati. b. Tangkainya panjang, merambat atau memanjat. c. Batangnya berwarna hijau keputihan.</p><p>Tumbuhan 2: Acalypha siamensis (teh-tehan) a. Daunnya berbentuk bulat telur hingga memanjang. b. Tumbuh tegak atau menjuntai. c. Bunganya berwarna merah atau hijau kecokelatan.</p>

Kunci determinasi atau kunci identifikasi digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan ciri-ciri morfologis tertentu. Berikut adalah kunci determinasi untuk kedua tumbuhan yang Anda sebutkan:

Tumbuhan 1: Epipremnum aureum (Sirih gading) a. Daunnya berbentuk hati. b. Tangkainya panjang, merambat atau memanjat. c. Batangnya berwarna hijau keputihan.

Tumbuhan 2: Acalypha siamensis (teh-tehan) a. Daunnya berbentuk bulat telur hingga memanjang. b. Tumbuh tegak atau menjuntai. c. Bunganya berwarna merah atau hijau kecokelatan.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

29 April 2024 13:35

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menentukan kunci determinasi dari tumbuhan Epipremnum aureum (Sirih gading) dan Acalypha siamensis (teh-tehan), diperlukan karakteristik morfologi dan taksonomi yang spesifik dari masing-masing tumbuhan tersebut. Karena saya tidak memiliki akses ke daftar karakteristik lengkap, saya akan memberikan contoh cara menentukan kunci determinasi dengan menggunakan karakteristik umum yang mungkin relevan:</p><p><strong>Epipremnum aureum (Sirih gading)</strong>:</p><ul><li>Tumbuhan merambat dengan daun berbentuk jantung atau telinga gajah.</li><li>Daun berwarna hijau cerah dengan corak bercak putih atau kuning.</li><li>Tumbuhan ini umumnya ditemukan di hutan tropis dan sering ditanam sebagai tanaman hias dalam pot.</li></ul><p><strong>Acalypha siamensis (Teh-tehan)</strong>:</p><ul><li>Tumbuhan semak atau perdu yang tingginya sekitar 1-2 meter.</li><li>Daunnya bergantian, berbentuk oval atau bulat telur dengan tepi bergerigi.</li><li>Bunga kecil dan tidak mencolok, biasanya berwarna hijau kekuningan atau merah muda.</li></ul><p>Dengan menggunakan karakteristik tersebut, kita dapat membuat kunci determinasi sebagai berikut:</p><p>A. Tumbuhan merambat dengan daun berbentuk jantung dan corak bercak putih atau kuning -&gt; Epipremnum aureum (Sirih gading).</p><p>B. Tumbuhan semak atau perdu dengan daun berbentuk oval atau bulat telur dan tepi bergerigi -&gt; Acalypha siamensis (Teh-tehan).</p><p>Dengan demikian, kunci determinasi tersebut memungkinkan untuk membedakan antara dua tumbuhan berdasarkan karakteristik morfologi dan taksonomi yang spesifik.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Untuk menentukan kunci determinasi dari tumbuhan Epipremnum aureum (Sirih gading) dan Acalypha siamensis (teh-tehan), diperlukan karakteristik morfologi dan taksonomi yang spesifik dari masing-masing tumbuhan tersebut. Karena saya tidak memiliki akses ke daftar karakteristik lengkap, saya akan memberikan contoh cara menentukan kunci determinasi dengan menggunakan karakteristik umum yang mungkin relevan:

Epipremnum aureum (Sirih gading):

  • Tumbuhan merambat dengan daun berbentuk jantung atau telinga gajah.
  • Daun berwarna hijau cerah dengan corak bercak putih atau kuning.
  • Tumbuhan ini umumnya ditemukan di hutan tropis dan sering ditanam sebagai tanaman hias dalam pot.

Acalypha siamensis (Teh-tehan):

  • Tumbuhan semak atau perdu yang tingginya sekitar 1-2 meter.
  • Daunnya bergantian, berbentuk oval atau bulat telur dengan tepi bergerigi.
  • Bunga kecil dan tidak mencolok, biasanya berwarna hijau kekuningan atau merah muda.

Dengan menggunakan karakteristik tersebut, kita dapat membuat kunci determinasi sebagai berikut:

A. Tumbuhan merambat dengan daun berbentuk jantung dan corak bercak putih atau kuning -> Epipremnum aureum (Sirih gading).

B. Tumbuhan semak atau perdu dengan daun berbentuk oval atau bulat telur dan tepi bergerigi -> Acalypha siamensis (Teh-tehan).

Dengan demikian, kunci determinasi tersebut memungkinkan untuk membedakan antara dua tumbuhan berdasarkan karakteristik morfologi dan taksonomi yang spesifik.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tanaman yang akan dikultur jaringan harus mempunyai daya totipotensi, artinya mempunyai kemampuan... A. Dari tiap sel tumbuh menjadi tanaman sempurna B. Berkembang menjadi dewasa C. Tumbuh dan berkembang lebih baik D. Untuk mempertahankan sifat aslinya E. Untuk beradaptasi pada lingkungan berubah

7

0.0

Jawaban terverifikasi