Anindita A

15 Mei 2024 08:00

Iklan

Iklan

Anindita A

15 Mei 2024 08:00

Pertanyaan

kronologi peristiwa seputar proklamasi

kronologi peristiwa seputar proklamasi


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Tiara M

15 Mei 2024 13:58

Jawaban terverifikasi

Kronologi peristiwa seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah sebagai berikut: 1. Pra-Proklamasi: - 14 Agustus 1945: Soekarno, Mohammad Hatta, dan para pemimpin nasionalis Indonesia dipanggil ke Istana Kepresidenan Jakarta oleh Jepang untuk membahas kemerdekaan Indonesia. - 15 Agustus 1945: Jepang menyerah kepada Sekutu setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Kekuasaan Jepang di Indonesia mulai goyah. 2. Persiapan Proklamasi: - Malam 16 Agustus 1945: Soekarno, Mohammad Hatta, dan para pemimpin nasionalis Indonesia menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. - Dini hari 17 Agustus 1945: Teks proklamasi dibacakan dan ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta. Proklamasi kemerdekaan Indonesia diumumkan kepada publik. 3. Pelaksanaan Proklamasi: - Pagi 17 Agustus 1945: Bendera Merah Putih pertama kali dikibarkan di atas rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. - Siang 17 Agustus 1945: Soekarno dan Hatta mengumumkan proklamasi kemerdekaan Indonesia secara resmi di depan ratusan orang di lapangan Ikada (sekarang Monas). 4. Reaksi dan Perjuangan: - Pasca Proklamasi: Indonesia mulai merdeka, namun dihadapi dengan tantangan dari Belanda yang ingin menguasai kembali wilayah jajahannya. - Perjuangan rakyat Indonesia: Perjuangan bersenjata dan diplomasi dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda. 5. Pengakuan Kemerdekaan: - 27 Desember 1949: Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia melalui Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda. - 17 Agustus 1950: Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati secara resmi setiap tahun sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan dan meraih kedaulatan sebagai negara merdeka.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 03:47

Jawaban terverifikasi

1. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945: Pada tanggal ini, Soekarno dan Hatta secara resmi mengumumkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. 2. Konferensi Meja Bundar (1949): Setelah perjuangan yang intensif, Belanda dan Republik Indonesia akhirnya mencapai kesepakatan damai di Konferensi Meja Bundar. Kesepakatan ini menghasilkan pengembalian kedaulatan kepada Indonesia. 3. Pengakuan Internasional (1950-an): Setelah Perang Dunia II, banyak negara di seluruh dunia mengakui kemandirian Republik Indonesia. 4. Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia Serikat (1950): Setelah proklamasi kemerdekaan, terjadi perjuangan politik untuk membentuk pemerintahan yang inklusif. Akhirnya, Republik Indonesia Serikat (RIS) dibentuk sebagai hasil dari perjanjian antara negara-negara bagian dan pemerintah pusat. 5. Dekret Presiden 5 Juli (1959): Soekarno mengeluarkan dekret yang mengembalikan sistem politik ke sistem republik semata. 6. Orde Baru (1966-1998): Era Orde Baru ditandai dengan kekuasaan yang kuat oleh Soeharto dan pembentukan struktur politik yang lebih sentralistik. 7. Reformasi Politik (1998-sekarang): Setelah jatuhnya rezim Soeharto, Indonesia mengalami periode reformasi politik yang melibatkan perubahan dalam sistem politik, ekonomi, dan sosial. 8. Pemilihan Umum Presiden 2019: Jokowi terpilih sebagai presiden untuk periode kedua dengan suara mayoritas. 9. Gempa Bumi dan Tsunami Aceh (2004)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan merupakan unsur dari pendukung tari yaitu …. A. cantik atau tampan B. gerak C. busana D. ekspresi

0

0.0

Jawaban terverifikasi