Iklan

Iklan

Mahdy I

10 November 2020 13:06

Pertanyaan

konsep listrik statis?


17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Firdhaus

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

09 Februari 2022 11:30

Jawaban terverifikasi

Halo Mahdy I, kakak bantu jawab ya. Listrik statis atau elektrostatik merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari muatan listrik dalam keadaan diam (listrik statis). Fenomena listrik statis muncul dari gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik satu sama lain. Gaya tersebut dijelaskan oleh hukum Coulomb. Meskipun gaya yang diinduksi secara elektrostatik tampaknya agak lemah, beberapa gaya elektrostatik relatif besar. Gaya antara elektron dan proton, yang bersama-sama membentuk atom hidrogen, kira-kira 36 kali lipat lebih kuat daripada gaya gravitasi yang bekerja di antara keduanya. Ada banyak contoh fenomena elektrostatik, mulai dari yang sederhana seperti tarikan bungkus plastik ke tangan seseorang setelah dikeluarkan dari bungkusnya, kerusakan komponen elektronik selama pembuatan, dan mesin fotokopi & laser pencetak.


Iklan

Iklan

M. MT.Ahmad

10 November 2020 15:43

Jawaban: Terdapatnya muatan listrik pada suatu benda Penjelasan: Pengertian listrik statis adalah kumpulan muatan listrik dalam jumlah yang tetap (statis) atau ketidakseimbangan muatan listrik pada benda. Ketika kita menggosokkan penggaris plastik ke rambut, penggaris tersebut menjadi bermuatan negatif sedangkan rambut menjadi bermuatan positif. Pelepasan muatan saat menggosokkan kedua bahan tersebut membuat bahan-bahan dialiri atau bermuatan listrik. Muatan listrik adalah kuantitas fisika yang berkaitan dengan efek listrik dan hal lainnya yang terkait dalam material. Penetralan muatan yang diperoleh karena penggosokan menunjukkan bahwa muatan seperti tidak menghilangkan efek satu sama lain. Benjamin Franklin memperkenalkan dua jenis muatan, yaitu muatan positif dan negatif.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

seutas kawat memiliki hambatan 40 ohm. Jika kawat tersebut ditarik sehingga panjangnya menjadi 1,5 kali panjang semula, berapa hambatan kawat itu sekarang?

203

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan