Delonix R

05 Januari 2022 10:41

Iklan

Iklan

Delonix R

05 Januari 2022 10:41

Pertanyaan

Komponen yang digunakan untuk penggandaan DNAdengan mesin PCR dalam ta bung rea ksi adalah: (1) DNA polimerase (2) primer oksa loasetat. (3) nukleotida (4) enzim ligase Dari pernyata an di atas, ya ng benar adalah (A) ( 1), (2), dan (3 (B) (1) dan (3) (C) (2) dan (4 (D) (4) (E) (1), (2), (3), dan (4)


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Laksmi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

07 Januari 2022 13:21

Jawaban terverifikasi

Halo Delonix, kakak bantu jawab ya :) Jawaban yang tepat adalah A. PCR merupakan suatu teknik atau metode perbanyakan (replikasi) DNA secara enzimatik di luar sel atau tubuh organisme (in vitro). Dengan teknik ini, DNA dapat dihasilkan dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat. Komponen reaksi yang diperlukan dalam teknik ini yaitu: 1. DNA template → merupakan segmen DNA (rantai urutan nukleotida) yang akan diperbanyak 2. Primer → urutan nukleotida yang berguna untuk menentukan titik awal amplifikasi. 3. Deoxynucleoside triphosphates (dNTPs) → material utama yang dibutuhkan untuk sintesis DNA. Bisa dikatakan dNTPs merupakan nukleotida sintesis yang nanti akan digunakan untuk membentuk strand DNA baru. 4. Enzim DNA polimerase → Untuk membuat polimer DNA atau mensintesis strand DNA baru. Sifatnya tahan terhadap suhu tinggi. 5. Larutan penyangga (buffer) dan Kofaktor MgCl2 → salah satu fungsi larutan buffer dalam proses PCR adalah menyediakan lingkungan yang cocok untuk replikasi. Sementara MgCl2 berfungsi sebagai Kofaktor enzim DNA polimerase dan katalisator reaksi. Pernyataan yang benar adalah 1,2,3. Enzim Ligase tidak diperlukan dalam PCR sebab pada proses PCR tidak terbentuk fragmen okazaki. Proses replikasi pada PCR selalu terjadi pada leading strand (dari ujung 5’ ke 3’). Semoga membantu!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

274

2.0

Jawaban terverifikasi