Siti F

02 November 2020 00:47

Iklan

Iklan

Siti F

02 November 2020 00:47

Pertanyaan

knpa sebagian negara di eropa lebih banyak memihak ke amerika ketimbang ke unisoviet, pdhl unisoviet kan berada di eropa, tp knpa sebagian negara eropa nya sendiri banyak yg ga mendukung?


17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Feby

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

03 Februari 2022 07:46

Jawaban terverifikasi

Halo Siti. Kakak bantu jawab ya๐Ÿ˜Š Jadi, sebagian besar negara di kawasan Eropa lebih memihak ke Amerika Serikat diakibatkan karena Amerika lebih unggul dalam bidang perekonomian, seperti mempunyai IMF, WTO, dan Bank Dunia, serta kesamaan ideologi yaitu menggunakan ideologi liberal. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Perang Dunia II berlangsung pada 1 September 1939 โ€“ 2 September 1945. Pasca berakhirnya PD II ditandai dengan menyerahnya Jepang dan Jerman kepada Blok Sekutu. Namun, setelah berakhirnya PD II kondisi global sedang dihadapkan dengan ketegangan politik dan militer antara dua negara adidaya dengan perbedaan ideologi yaitu Amerika Serikat (Liberalisme) dan Uni Soviet (Komunisme). AS dan sekutunya membentuk NATO (4 April 1949), Uni Soviet dan sekutunya membentuk Pakta Warsawa (14 Mei 1955), sedangkan negara yang bersifat netral mendirikan Gerakan Non-Blok. Terbentuknya NATO dan Pakta Warsawa menimbulkan ketegangan antara Blok Barat dan Blok Timur. Peristiwa tersebut dinamakan Perang Dingin (1947-1991) karena kedua belah pihak tidak terlibat dalam aksi secara langsung (proxy war) seperti Perang Vietnam (1957 dan 1975). Amerika Serikat pada masa perang dingin memegang kendali ekonomi dengan membentuk lembaga-lembaga perekonomian dunia seperti IMF, WTO, dan Bank Dunia. AS menjadi kreditor terbesar dunia yang memberikan bantuan kepada negara dunia ketiga melalui Marshall Plan sedangkan Uni Soviet dari Blok Timur membentuk Molotov Plan. Kondisi global pasca berakhirnya PD II selain kemunculan dua negara adidaya, persaingan antar idelogi, persaingan ekonomi, juga adanya persaingan dinas intelijen Blok Barat (CIA/Central Intelligence Agency) sedangkan Blok Timur (KGB/Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti). Semoga membantu ya ๐Ÿ˜Š


Iklan

Iklan

Dhani R

09 November 2020 00:13

Bisa jadi dikarenakan perbedaan geografis. Walaupun ibukota Uni Soviet berada di Eropa, namun sebagian besar wilayah Uni Soviet berada di Asia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa keuntungan adanya pengakuan kemerdekaan RI oleh PBB adalah

7

0.0

Jawaban terverifikasi