NAYLA N

04 Oktober 2022 09:40

Iklan

Iklan

NAYLA N

04 Oktober 2022 09:40

Pertanyaan

Kita sering mendengar tentang politik devide et impera. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan politik devide et impera? Bagaimana pula penerapan dan akibatnya?


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Shoimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

04 Oktober 2022 11:44

Jawaban terverifikasi

Jawabannya, adalah strategi untuk menguasai suatu kelompok dengan cara memecah belah kelompok menjadi bagian yang lebih kecil. Yuk simak pembahasannya! Devide et impera disebut juga dengan politik adu domba dan politik pecah belah. Devide et impera adalah kombinasi strategi politik, militer, dan ekonomi yang bertujuan mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil, supaya kelompok tersebut lebih mudah untuk ditaklukan dan dilumpuhkan. Penerapannya dilakukan dengan cara menyebar fitnah atau menghasut salah satu atau sebagian anggota kelompok supaya kontra dengan anggota yang lain. Ketika sebagian anggota sudah terhasut dan kontra, maka akan diberi dukungan untuk melawan. Contohnya pada peristiwa Sultan Haji melawan Sultan Ageng Tirtayasa. Sultan Haji saat itu dihasut oleh pihak Belanda untuk merebut kekuasaan dari Sultan Ageng Tirtayasa. Ketika sudah terhasut, Belanda memberikan penawaran untuk membantu Sultan Haji, namun dengan berbagai syarat yang tentunya akan menguntungkan Belanda. Politik devide et impera ini berhasil, karena Sultan Haji berhasil menggulingkan Sultan Ageng Tirtayasa, namun Sultan Haji juga menjadi raja boneka oleh Belanda. Belanda berhasil menguasai Banten saat itu. Akibat dari devide et impera adalah, mudah dikuasainya suatu kelompok oleh pihak yang menerapkan devide et impera. Kedua, kekuatan suatu kelompok menjadi melemah karena sudah terpecah-pecah. Ketiga, terjadi perang saudara antara kelompok yang terpecah. Dengan demikian, devide et impera adalah strategi untuk menguasai suatu kelompok dengan cara memecah belah kelompok menjadi bagian yang lebih kecil.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi