RAKA H

22 Agustus 2023 11:25

Iklan

Iklan

RAKA H

22 Agustus 2023 11:25

Pertanyaan

kimia hijau berkelanjutan . apa arti berkelanjutan......

kimia hijau berkelanjutan . apa arti berkelanjutan......


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 15:04

Jawaban terverifikasi

<p>"Kimia Hijau Berkelanjutan" mengacu pada pendekatan dalam ilmu kimia yang bertujuan untuk mengembangkan proses kimia dan teknologi yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Konsep ini menggabungkan prinsip-prinsip kimia hijau dengan keberlanjutan lingkungan dan sosial.</p><p>Arti dari "berkelanjutan" adalah mampu bertahan atau berlangsung secara terus-menerus tanpa merusak sumber daya alam atau mengganggu keseimbangan ekosistem. Dalam konteks kimia, pendekatan berkelanjutan bertujuan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan, kesehatan manusia, dan sumber daya alam melalui:</p><p><strong>Efisiensi</strong>: Mengurangi konsumsi bahan baku, energi, dan bahan kimia berbahaya dalam proses kimia. Penggunaan reaksi yang lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit limbah menjadi fokus utama.</p><p><strong>Minimisasi Limbah</strong>: Mengurangi atau menghindari pembentukan limbah berbahaya dan tidak terurai dalam proses kimia. Mengutamakan penggunaan reagen dan produk yang lebih aman dan ramah lingkungan.</p><p><strong>Desain Produk yang Aman</strong>: Menghasilkan produk kimia yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan, serta mudah terurai setelah pemakaian.</p><p><strong>Penggunaan Bahan Baku Terbarukan</strong>: Menggunakan bahan baku yang dapat diperbaharui, seperti biomassa, dan mengurangi ketergantungan pada bahan baku fosil yang terbatas.</p><p><strong>Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca</strong>: Mengurangi emisi gas rumah kaca selama produksi, penggunaan, dan pembuangan produk kimia.</p><p><strong>Inovasi Teknologi</strong>: Mendorong inovasi dalam teknologi dan metode yang mendukung kimia hijau dan berkelanjutan, seperti pengembangan katalis hijau, teknologi pemurnian limbah, dan bahan alternatif yang lebih ramah lingkungan.</p><p>Tujuan utama dari kimia hijau berkelanjutan adalah untuk menghasilkan produk kimia dan melakukan proses kimia dengan cara yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan sosial, sambil tetap memenuhi kebutuhan manusia. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, diharapkan industri kimia dapat berkontribusi secara positif terhadap perlindungan lingkungan dan masa depan generasi mendatang.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

"Kimia Hijau Berkelanjutan" mengacu pada pendekatan dalam ilmu kimia yang bertujuan untuk mengembangkan proses kimia dan teknologi yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Konsep ini menggabungkan prinsip-prinsip kimia hijau dengan keberlanjutan lingkungan dan sosial.

Arti dari "berkelanjutan" adalah mampu bertahan atau berlangsung secara terus-menerus tanpa merusak sumber daya alam atau mengganggu keseimbangan ekosistem. Dalam konteks kimia, pendekatan berkelanjutan bertujuan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan, kesehatan manusia, dan sumber daya alam melalui:

Efisiensi: Mengurangi konsumsi bahan baku, energi, dan bahan kimia berbahaya dalam proses kimia. Penggunaan reaksi yang lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit limbah menjadi fokus utama.

Minimisasi Limbah: Mengurangi atau menghindari pembentukan limbah berbahaya dan tidak terurai dalam proses kimia. Mengutamakan penggunaan reagen dan produk yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Desain Produk yang Aman: Menghasilkan produk kimia yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan, serta mudah terurai setelah pemakaian.

Penggunaan Bahan Baku Terbarukan: Menggunakan bahan baku yang dapat diperbaharui, seperti biomassa, dan mengurangi ketergantungan pada bahan baku fosil yang terbatas.

Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca: Mengurangi emisi gas rumah kaca selama produksi, penggunaan, dan pembuangan produk kimia.

Inovasi Teknologi: Mendorong inovasi dalam teknologi dan metode yang mendukung kimia hijau dan berkelanjutan, seperti pengembangan katalis hijau, teknologi pemurnian limbah, dan bahan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Tujuan utama dari kimia hijau berkelanjutan adalah untuk menghasilkan produk kimia dan melakukan proses kimia dengan cara yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan sosial, sambil tetap memenuhi kebutuhan manusia. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, diharapkan industri kimia dapat berkontribusi secara positif terhadap perlindungan lingkungan dan masa depan generasi mendatang.

 

 

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah nama yang benar untuk senyawa di bawah ini menggunakan Sistem Yunani dan Bilangan Oksidasi! (j)PCI5

238

0.0

Jawaban terverifikasi