Wildah U

16 Maret 2020 21:53

Iklan

Iklan

Wildah U

16 Maret 2020 21:53

Pertanyaan

Ketika dipaksa para pemuda untuk menuju rengasdengklok, Sukarno dan Moh Hatta tidak menolaknya. Padahal beliau sebagai tokoh utama PPKI memiliki kekuatan dan kewibawaan. Mengapa hal itu bisa terjadi, apa makna yang ada di balik itu semua?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Octavilia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

06 Januari 2022 16:36

Jawaban terverifikasi

Hi Wildah U, Kakak bantu jawab ya ! Alasan mengapa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak menolak ketika dipaksa menuju ke Rengasdengklok oleh golongan muda, yaitu karena golongan muda (Wikana) mengatakan pada Ir. Soekarno bahwa kelompok pemuda yang tidak sabar membuat pemberontakan dan terdapat 15.000 massa akan menyerbu Jakarta untuk melucuti Jepang. Hal inilah yang membuat Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak menolak ketika diamankan ke Rengasdengklok. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan ini. Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa detik-detik menjelang proklamasi yang terjadi pada 16 Agustus 1945. Pengamanan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok oleh golongan muda karena ingin menjauhkan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dari pengaruh Jepang, dan ingin segera diproklamasikannya Kemerdekaan Indonesia. Pada awalnya Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta menolak saat harus segera memproklamasikan Indonesia karena masih ingin berunding dengan Jepang. Alas an mengapa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak menolah saat dimankan oleh golongan muda ke Rengasdengklok padahal awalnya mereka menolak untuk segera memproklamasikan Indonesia, karena golongan muda (Wikana) mengatakan pada Ir. Soekarno bahwa kelompok pemuda yang tidak sabar membuat pemberontakan dan terdapat 15.000 massa akan menyerbu Jakarta untuk melucuti Jepang hak inilah yang membuat Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak menolak ketika diamankan ke Rengasdengklok. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Zakiatun N

10 Januari 2024 04:45

plaap


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Masa kerajaan Sriwijaya di mulai dari abad ke .....sampai abad ke.....

6

0.0

Jawaban terverifikasi

Dalam bidang perkebunan, rakyat Indonesia di paksa untuk menganti makanan pokok seperti Jagung dan Ubi menjadi Padi dan Gandum, hal ini di maksudkan dengan alasan

17

0.0

Lihat jawaban (1)

Iklan

Iklan