Shn S

30 Juni 2024 04:03

Iklan

Iklan

Shn S

30 Juni 2024 04:03

Pertanyaan

keragaman flora dan fauna Indonesia

keragaman flora dan fauna Indonesia 


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 Juni 2024 05:33

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki keragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai keanekaragaman hayati Indonesia:</p><p>Flora</p><ol><li><strong>Hutan Tropis</strong>: Indonesia memiliki salah satu kawasan hutan hujan tropis terbesar di dunia, terutama di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Hutan-hutan ini menjadi rumah bagi berbagai jenis tanaman tropis, termasuk pohon-pohon besar seperti meranti, keruing, dan ulin.</li><li><strong>Tumbuhan Endemik</strong>: Banyak spesies tumbuhan yang hanya ditemukan di Indonesia, seperti bunga Rafflesia arnoldii (bunga terbesar di dunia) dan anggrek hitam dari Kalimantan.</li><li><strong>Tanaman Obat</strong>: Berbagai tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional seperti jahe, kunyit, dan kencur juga banyak ditemukan di Indonesia.</li></ol><p>Fauna</p><ol><li><strong>Mamalia</strong>: Indonesia adalah habitat bagi banyak spesies mamalia, termasuk yang ikonik seperti orangutan di Sumatera dan Kalimantan, harimau Sumatera, dan gajah Sumatera.</li><li><strong>Burung</strong>: Indonesia memiliki lebih dari 1.600 spesies burung, dengan banyak di antaranya adalah spesies endemik seperti cenderawasih dari Papua dan jalak Bali.</li><li><strong>Reptil dan Amfibi</strong>: Berbagai jenis reptil dan amfibi juga hidup di Indonesia, termasuk komodo yang hanya ditemukan di Pulau Komodo dan beberapa pulau sekitarnya.</li><li><strong>Ikan dan Laut</strong>: Laut Indonesia adalah salah satu yang terkaya di dunia, dengan terumbu karang yang menjadi rumah bagi ribuan spesies ikan, moluska, dan invertebrata laut lainnya.</li></ol><p>Ancaman terhadap Keragaman Hayati</p><ol><li><strong>Deforestasi</strong>: Penebangan hutan untuk perkebunan kelapa sawit, kayu, dan pembangunan infrastruktur telah mengancam banyak habitat alami.</li><li><strong>Perburuan Liar</strong>: Banyak spesies terancam oleh perburuan liar untuk perdagangan satwa liar.</li><li><strong>Perubahan Iklim</strong>: Perubahan iklim global juga berdampak pada ekosistem dan spesies yang ada di Indonesia.</li></ol>

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki keragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai keanekaragaman hayati Indonesia:

Flora

  1. Hutan Tropis: Indonesia memiliki salah satu kawasan hutan hujan tropis terbesar di dunia, terutama di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Hutan-hutan ini menjadi rumah bagi berbagai jenis tanaman tropis, termasuk pohon-pohon besar seperti meranti, keruing, dan ulin.
  2. Tumbuhan Endemik: Banyak spesies tumbuhan yang hanya ditemukan di Indonesia, seperti bunga Rafflesia arnoldii (bunga terbesar di dunia) dan anggrek hitam dari Kalimantan.
  3. Tanaman Obat: Berbagai tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional seperti jahe, kunyit, dan kencur juga banyak ditemukan di Indonesia.

Fauna

  1. Mamalia: Indonesia adalah habitat bagi banyak spesies mamalia, termasuk yang ikonik seperti orangutan di Sumatera dan Kalimantan, harimau Sumatera, dan gajah Sumatera.
  2. Burung: Indonesia memiliki lebih dari 1.600 spesies burung, dengan banyak di antaranya adalah spesies endemik seperti cenderawasih dari Papua dan jalak Bali.
  3. Reptil dan Amfibi: Berbagai jenis reptil dan amfibi juga hidup di Indonesia, termasuk komodo yang hanya ditemukan di Pulau Komodo dan beberapa pulau sekitarnya.
  4. Ikan dan Laut: Laut Indonesia adalah salah satu yang terkaya di dunia, dengan terumbu karang yang menjadi rumah bagi ribuan spesies ikan, moluska, dan invertebrata laut lainnya.

Ancaman terhadap Keragaman Hayati

  1. Deforestasi: Penebangan hutan untuk perkebunan kelapa sawit, kayu, dan pembangunan infrastruktur telah mengancam banyak habitat alami.
  2. Perburuan Liar: Banyak spesies terancam oleh perburuan liar untuk perdagangan satwa liar.
  3. Perubahan Iklim: Perubahan iklim global juga berdampak pada ekosistem dan spesies yang ada di Indonesia.

Iklan

Iklan

Aisha A

01 Juli 2024 04:01

<p>Flora:ada bunga bangkai</p><p>Fauna:owa jawa</p>

Flora:ada bunga bangkai

Fauna:owa jawa


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berapa hasil dari 25! ?

91

0.0

Jawaban terverifikasi