Agnes I

21 Maret 2024 02:42

Iklan

Iklan

Agnes I

21 Maret 2024 02:42

Pertanyaan

Kejaksaan Republik Indonesia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem penegakan hukum di Indonesia. Berikut contoh peran lembaga tersebut dalam menjamin keadilan dan kedamaian dalam masyarakat adalah


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:39

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu contoh peran Kejaksaan Republik Indonesia dalam menjamin keadilan dan kedamaian dalam masyarakat adalah melalui penegakan hukum yang adil dan efektif. Berikut beberapa contoh konkret dari peran tersebut:</p><p><strong>Penuntutan Terhadap Pelanggar Hukum</strong>: Kejaksaan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk menuntut pelanggar hukum di pengadilan sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan melakukan penuntutan yang tegas dan adil, kejaksaan membantu memastikan bahwa orang-orang yang melanggar hukum dihukum sesuai dengan keadilan.</p><p><strong>Perlindungan Korban Kejahatan</strong>: Kejaksaan Republik Indonesia juga memiliki peran dalam melindungi korban kejahatan dengan memastikan bahwa pelaku kejahatan dihukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Ini membantu memperkuat rasa keadilan di masyarakat dan memberikan penghiburan kepada korban.</p><p><strong>Pencegahan Kriminalitas</strong>: Selain menuntut pelanggar hukum, kejaksaan juga terlibat dalam upaya pencegahan kriminalitas. Ini dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan, seperti advokasi hukum, penyuluhan hukum kepada masyarakat, dan kerja sama dengan instansi lainnya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman.</p><p><strong>Penegakan Hukum yang Transparan dan Akuntabel</strong>: Kejaksaan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam penegakan hukum. Ini dilakukan melalui proses penuntutan yang terbuka, penyelidikan yang teliti, dan akuntabilitas terhadap tindakan yang diambil.</p><p><strong>Penegakan Hukum Terhadap Korupsi</strong>: Salah satu fokus utama Kejaksaan Republik Indonesia adalah penegakan hukum terhadap korupsi. Dengan menindak pelaku korupsi, kejaksaan berperan dalam memberantas korupsi yang merugikan masyarakat dan merusak tatanan hukum negara.</p>

Salah satu contoh peran Kejaksaan Republik Indonesia dalam menjamin keadilan dan kedamaian dalam masyarakat adalah melalui penegakan hukum yang adil dan efektif. Berikut beberapa contoh konkret dari peran tersebut:

Penuntutan Terhadap Pelanggar Hukum: Kejaksaan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk menuntut pelanggar hukum di pengadilan sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan melakukan penuntutan yang tegas dan adil, kejaksaan membantu memastikan bahwa orang-orang yang melanggar hukum dihukum sesuai dengan keadilan.

Perlindungan Korban Kejahatan: Kejaksaan Republik Indonesia juga memiliki peran dalam melindungi korban kejahatan dengan memastikan bahwa pelaku kejahatan dihukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Ini membantu memperkuat rasa keadilan di masyarakat dan memberikan penghiburan kepada korban.

Pencegahan Kriminalitas: Selain menuntut pelanggar hukum, kejaksaan juga terlibat dalam upaya pencegahan kriminalitas. Ini dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan, seperti advokasi hukum, penyuluhan hukum kepada masyarakat, dan kerja sama dengan instansi lainnya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman.

Penegakan Hukum yang Transparan dan Akuntabel: Kejaksaan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam penegakan hukum. Ini dilakukan melalui proses penuntutan yang terbuka, penyelidikan yang teliti, dan akuntabilitas terhadap tindakan yang diambil.

Penegakan Hukum Terhadap Korupsi: Salah satu fokus utama Kejaksaan Republik Indonesia adalah penegakan hukum terhadap korupsi. Dengan menindak pelaku korupsi, kejaksaan berperan dalam memberantas korupsi yang merugikan masyarakat dan merusak tatanan hukum negara.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Maret 2024 08:40

Jawaban terverifikasi

<p>Contoh peran Kejaksaan Republik Indonesia dalam menjamin keadilan dan kedamaian dalam masyarakat Indonesia antara lain:</p><p><strong>Penuntutan Pelanggar Hukum</strong>: Kejaksaan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk menuntut pelanggar hukum di pengadilan. Dengan melakukan penuntutan yang adil dan proporsional, kejaksaan membantu menjaga keadilan dalam masyarakat dengan memastikan bahwa pelaku kejahatan diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.</p><p><strong>Pengawasan Penyidikan</strong>: Kejaksaan memiliki kewenangan untuk mengawasi penyidikan yang dilakukan oleh kepolisian. Hal ini penting untuk memastikan bahwa penyidikan dilakukan secara transparan, obyektif, dan sesuai dengan prosedur hukum. Dengan demikian, kejaksaan membantu mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan memastikan keadilan bagi semua pihak yang terlibat.</p><p><strong>Memberikan Pendapat Hukum</strong>: Kejaksaan memberikan pendapat hukum kepada lembaga peradilan dan pihak-pihak yang membutuhkan. Pendapat hukum ini dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan hukum, sehingga keputusan yang diambil lebih sesuai dengan prinsip keadilan dan kebenaran.</p><p><strong>Perlindungan Korban dan Saksi</strong>: Kejaksaan juga memiliki peran dalam melindungi korban dan saksi selama proses peradilan. Hal ini dilakukan melalui penyediaan perlindungan fisik, psikologis, dan hukum bagi korban dan saksi yang rentan terhadap ancaman atau tekanan dari pihak tertentu.</p><p><strong>Penegakan Putusan Pengadilan</strong>: Setelah pengadilan memberikan putusan, kejaksaan bertanggung jawab untuk menegakkan putusan tersebut. Dengan menjamin pelaksanaan putusan pengadilan, kejaksaan membantu memastikan bahwa keadilan ditegakkan dan kedamaian dipertahankan dalam masyarakat.</p>

Contoh peran Kejaksaan Republik Indonesia dalam menjamin keadilan dan kedamaian dalam masyarakat Indonesia antara lain:

Penuntutan Pelanggar Hukum: Kejaksaan Republik Indonesia bertanggung jawab untuk menuntut pelanggar hukum di pengadilan. Dengan melakukan penuntutan yang adil dan proporsional, kejaksaan membantu menjaga keadilan dalam masyarakat dengan memastikan bahwa pelaku kejahatan diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pengawasan Penyidikan: Kejaksaan memiliki kewenangan untuk mengawasi penyidikan yang dilakukan oleh kepolisian. Hal ini penting untuk memastikan bahwa penyidikan dilakukan secara transparan, obyektif, dan sesuai dengan prosedur hukum. Dengan demikian, kejaksaan membantu mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan memastikan keadilan bagi semua pihak yang terlibat.

Memberikan Pendapat Hukum: Kejaksaan memberikan pendapat hukum kepada lembaga peradilan dan pihak-pihak yang membutuhkan. Pendapat hukum ini dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan hukum, sehingga keputusan yang diambil lebih sesuai dengan prinsip keadilan dan kebenaran.

Perlindungan Korban dan Saksi: Kejaksaan juga memiliki peran dalam melindungi korban dan saksi selama proses peradilan. Hal ini dilakukan melalui penyediaan perlindungan fisik, psikologis, dan hukum bagi korban dan saksi yang rentan terhadap ancaman atau tekanan dari pihak tertentu.

Penegakan Putusan Pengadilan: Setelah pengadilan memberikan putusan, kejaksaan bertanggung jawab untuk menegakkan putusan tersebut. Dengan menjamin pelaksanaan putusan pengadilan, kejaksaan membantu memastikan bahwa keadilan ditegakkan dan kedamaian dipertahankan dalam masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu argumen Malaysia dalam klaim Blok Ambalat adalah bahwa wilayah tersebut memiliki potensi untuk a. pengembangan pariwisata dan ekowisata b. pembangunan infrastruktur maritim internasional c. produksi pertanian dan perikanan yang berlimpah d. kerja sama bilateral yang baik e. penguatan keamanan maritim regional

46

0.0

Jawaban terverifikasi