Sachi I

30 November 2023 13:01

Iklan

Iklan

Sachi I

30 November 2023 13:01

Pertanyaan

Keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro dikarenakan oleh ... a. berkurangnya pemasukan akibat hilangnya tanah tanah di pantai utara Jawa b. berkurangnya pemasukan akibat hilangnya tanah di pantai selatan Jawa c. berkurangnya pemasukan akibat pemberlakuan berbagai macam pajak d. berkurangnya pemasukan akibat turunnya posisi dalam pemerintahan kerajaan e. berkurangnya pemasukan akibat dibatasinya dalam keikutsertaan di dalam perdagangan

Keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro dikarenakan oleh ...
a. berkurangnya pemasukan akibat hilangnya tanah tanah di pantai utara Jawa
b. berkurangnya pemasukan akibat hilangnya tanah di pantai selatan Jawa
c. berkurangnya pemasukan akibat pemberlakuan berbagai macam pajak
d. berkurangnya pemasukan akibat turunnya posisi dalam pemerintahan kerajaan
e. berkurangnya pemasukan akibat dibatasinya dalam keikutsertaan di dalam perdagangan
 

 

 


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

01 Desember 2023 13:13

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya C</p><p>Keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain:</p><ul><li><strong>Faktor ideologis:</strong> Bangsawan-bangsawan Jawa pada umumnya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Mereka ingin mempertahankan kedaulatan dan kehormatan bangsa dan negaranya. Pangeran Diponegoro, sebagai salah satu bangsawan Jawa, berhasil membangkitkan semangat nasionalisme ini dengan menyebarkan gagasan tentang perang suci (<i>jihad</i>) melawan Belanda.</li><li><strong>Faktor ekonomis:</strong> Bangsawan-bangsawan Jawa juga memiliki kepentingan ekonomis yang terganggu oleh kehadiran Belanda. Belanda menerapkan berbagai kebijakan ekonomi yang merugikan bangsawan, seperti sistem pajak yang tinggi dan monopoli perdagangan. Hal ini menyebabkan banyak bangsawan mengalami kesulitan ekonomi.</li><li><strong>Faktor sosial-politik:</strong> Belanda juga melakukan berbagai kebijakan yang menekan dan melecehkan bangsawan-bangsawan Jawa. Belanda mengangkat bupati-bupati yang tidak sesuai dengan adat istiadat Jawa, dan sering melakukan intervensi dalam urusan keraton. Hal ini menimbulkan ketidakpuasan dan kemarahan di kalangan bangsawan.</li></ul><p>Berdasarkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro merupakan bentuk perlawanan terhadap kolonialisme Belanda. Mereka ingin mempertahankan kedaulatan, kehormatan, dan kepentingan ekonomis mereka.</p><p>Berikut ini adalah beberapa contoh bangsawan yang ikut serta dalam Perang Diponegoro:</p><ul><li>Pangeran Diponegoro, sebagai pemimpin utama perang.</li><li>Pangeran Mangkubumi, adik kandung Pangeran Diponegoro.</li><li>Pangeran Adinegoro, putra dari Pangeran Mangkubumi.</li><li>Pangeran Panular, putra dari Pangeran Mangkubumi.</li><li>Adiwinoto, patih keraton Yogyakarta.</li><li>Suryodipuro, ulama besar dari Surakarta.</li></ul><p>Keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro memberikan dampak yang signifikan terhadap jalannya perang. Mereka berperan penting dalam menyusun strategi perang, merekrut pasukan, dan memberikan dukungan moral kepada rakyat.</p>

jawabannya C

Keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Faktor ideologis: Bangsawan-bangsawan Jawa pada umumnya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Mereka ingin mempertahankan kedaulatan dan kehormatan bangsa dan negaranya. Pangeran Diponegoro, sebagai salah satu bangsawan Jawa, berhasil membangkitkan semangat nasionalisme ini dengan menyebarkan gagasan tentang perang suci (jihad) melawan Belanda.
  • Faktor ekonomis: Bangsawan-bangsawan Jawa juga memiliki kepentingan ekonomis yang terganggu oleh kehadiran Belanda. Belanda menerapkan berbagai kebijakan ekonomi yang merugikan bangsawan, seperti sistem pajak yang tinggi dan monopoli perdagangan. Hal ini menyebabkan banyak bangsawan mengalami kesulitan ekonomi.
  • Faktor sosial-politik: Belanda juga melakukan berbagai kebijakan yang menekan dan melecehkan bangsawan-bangsawan Jawa. Belanda mengangkat bupati-bupati yang tidak sesuai dengan adat istiadat Jawa, dan sering melakukan intervensi dalam urusan keraton. Hal ini menimbulkan ketidakpuasan dan kemarahan di kalangan bangsawan.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro merupakan bentuk perlawanan terhadap kolonialisme Belanda. Mereka ingin mempertahankan kedaulatan, kehormatan, dan kepentingan ekonomis mereka.

Berikut ini adalah beberapa contoh bangsawan yang ikut serta dalam Perang Diponegoro:

  • Pangeran Diponegoro, sebagai pemimpin utama perang.
  • Pangeran Mangkubumi, adik kandung Pangeran Diponegoro.
  • Pangeran Adinegoro, putra dari Pangeran Mangkubumi.
  • Pangeran Panular, putra dari Pangeran Mangkubumi.
  • Adiwinoto, patih keraton Yogyakarta.
  • Suryodipuro, ulama besar dari Surakarta.

Keikutsertaan para bangsawan dalam Perang Diponegoro memberikan dampak yang signifikan terhadap jalannya perang. Mereka berperan penting dalam menyusun strategi perang, merekrut pasukan, dan memberikan dukungan moral kepada rakyat.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

413

5.0

Jawaban terverifikasi