Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Pertanyaan

Kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen memiliki beberapa tujuan. Identifikasikanlah tujuan kegiatan produksi!

Kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen memiliki beberapa tujuan. Identifikasikanlah tujuan kegiatan produksi!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:35

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br><strong>Tujuan produksi antara lain sebagai berikut</strong><br>a. Menghasilkan barang dan jasa<br>b. Meningkatkan nilai guna barang dan jasa<br>c. Meningkatkan kemakmuran masyarakat<br>d. Memperluas lapangan usaha<br>e. Meningkatkan keuntungan<br>f. Menjaga kesinambungan usaha perusahaan</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Tujuan produksi antara lain sebagai berikut
a. Menghasilkan barang dan jasa
b. Meningkatkan nilai guna barang dan jasa
c. Meningkatkan kemakmuran masyarakat
d. Memperluas lapangan usaha
e. Meningkatkan keuntungan
f. Menjaga kesinambungan usaha perusahaan


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:09

Jawaban terverifikasi

<p>Tujuan kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen mencakup berbagai aspek yang mendukung kelangsungan dan keberhasilan bisnis. Berikut adalah beberapa tujuan utama kegiatan produksi:</p><p><strong>Menghasilkan Barang atau Jasa:</strong></p><ul><li>Tujuan pokok kegiatan produksi adalah menciptakan barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Produsen bertujuan untuk menciptakan produk yang berkualitas, fungsional, dan sesuai dengan ekspektasi pasar.</li></ul><p><strong>Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya:</strong></p><ul><li>Produsen berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas, termasuk tenaga kerja, bahan baku, peralatan, dan modal. Tujuannya adalah mencapai efisiensi dalam proses produksi dan mengurangi pemborosan.</li></ul><p><strong>Mencapai Efisiensi Produksi:</strong></p><ul><li>Efisiensi produksi menjadi tujuan utama untuk menghasilkan lebih banyak output dengan input yang sama atau lebih sedikit. Dengan mencapai efisiensi, produsen dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan profitabilitas.</li></ul><p><strong>Menjaga Kualitas Produk:</strong></p><ul><li>Memastikan kualitas produk merupakan tujuan penting agar dapat mempertahankan kepuasan pelanggan, membangun reputasi merek yang baik, dan bersaing di pasar. Kualitas yang baik juga mendukung retensi pelanggan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.</li></ul><p><strong>Inovasi dan Pengembangan Produk:</strong></p><ul><li>Produsen berusaha untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk menjawab perubahan kebutuhan dan selera konsumen. Tujuannya adalah untuk memperluas pasar, meningkatkan daya saing, dan menghadapi persaingan yang terus berkembang.</li></ul><p><strong>Pencapaian Skala Ekonomi:</strong></p><ul><li>Mengoptimalkan skala produksi untuk mencapai efisiensi dan mengurangi biaya rata-rata produksi. Skala ekonomi dapat tercapai dengan produksi massal atau peningkatan produksi dalam jumlah besar.</li></ul><p><strong>Pencapaian Keuntungan:</strong></p><ul><li>Mencapai keuntungan adalah tujuan inti dari kegiatan produksi. Produsen berusaha untuk menciptakan nilai tambah pada produk atau jasa mereka agar dapat menjualnya dengan harga yang menghasilkan keuntungan.</li></ul><p><strong>Keberlanjutan dan Kepatuhan Hukum:</strong></p><ul><li>Memastikan kegiatan produksi berkelanjutan, baik dari segi lingkungan maupun kepatuhan hukum, menjadi tujuan penting. Produsen berusaha untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan mematuhi regulasi dan standar yang berlaku.</li></ul>

Tujuan kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen mencakup berbagai aspek yang mendukung kelangsungan dan keberhasilan bisnis. Berikut adalah beberapa tujuan utama kegiatan produksi:

Menghasilkan Barang atau Jasa:

  • Tujuan pokok kegiatan produksi adalah menciptakan barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Produsen bertujuan untuk menciptakan produk yang berkualitas, fungsional, dan sesuai dengan ekspektasi pasar.

Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya:

  • Produsen berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas, termasuk tenaga kerja, bahan baku, peralatan, dan modal. Tujuannya adalah mencapai efisiensi dalam proses produksi dan mengurangi pemborosan.

Mencapai Efisiensi Produksi:

  • Efisiensi produksi menjadi tujuan utama untuk menghasilkan lebih banyak output dengan input yang sama atau lebih sedikit. Dengan mencapai efisiensi, produsen dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan profitabilitas.

Menjaga Kualitas Produk:

  • Memastikan kualitas produk merupakan tujuan penting agar dapat mempertahankan kepuasan pelanggan, membangun reputasi merek yang baik, dan bersaing di pasar. Kualitas yang baik juga mendukung retensi pelanggan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Inovasi dan Pengembangan Produk:

  • Produsen berusaha untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk menjawab perubahan kebutuhan dan selera konsumen. Tujuannya adalah untuk memperluas pasar, meningkatkan daya saing, dan menghadapi persaingan yang terus berkembang.

Pencapaian Skala Ekonomi:

  • Mengoptimalkan skala produksi untuk mencapai efisiensi dan mengurangi biaya rata-rata produksi. Skala ekonomi dapat tercapai dengan produksi massal atau peningkatan produksi dalam jumlah besar.

Pencapaian Keuntungan:

  • Mencapai keuntungan adalah tujuan inti dari kegiatan produksi. Produsen berusaha untuk menciptakan nilai tambah pada produk atau jasa mereka agar dapat menjualnya dengan harga yang menghasilkan keuntungan.

Keberlanjutan dan Kepatuhan Hukum:

  • Memastikan kegiatan produksi berkelanjutan, baik dari segi lingkungan maupun kepatuhan hukum, menjadi tujuan penting. Produsen berusaha untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan mematuhi regulasi dan standar yang berlaku.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan magnet

0

0.0

Jawaban terverifikasi