Renata F

11 Mei 2022 11:56

Iklan

Iklan

Renata F

11 Mei 2022 11:56

Pertanyaan

Kami Lalu tiba di rumah minimalis di sebuah Kompleks di pinggiran kota Makassar. Sewaktu masuk, aku dan Prem disambut hangat oleh banyak anak muda. Kami berjabatan satu persatu. Beberapa dari mereka penasaran soal perjalanan kami di Sumatra, bertanya soal Baduy, soal Kenapa kami berpencar, dan soal Kapan ia akan datang ke Bali Makassar. Aku terkesan dengan bertanya internet mampu membuat cerita tentang perjalanan kami terdengar. Tanpa kusadari, kawan-kawan yang hadir di ruangan inilah yang kelak akan banyak membantuku. Beberapa hari kemudian, Baduy tiba di Makassar, membawa sejuta cerita tentang Indonesia timur. Tak mau kalah, kuceritakan pada Baduy tentang program yang mengibarkan bendera Indonesia di puncak Gunung Subayak ,Berastagi. Juga tentang kawan-kawan Medan yang menganggap perang sebagai Abang mereka karena ketahanan fisik nya sewaktu di gunung. Prem sampai punya panggilan "Bang Nisa" di Medan sana. Baduy menggelengkan kepala, berdecak kagum. Prem cengengesan. Tentukan pokok-pokok isi kutipan buku fiksi tersebut!


195

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Chaidir

09 Juni 2022 09:40

Jawaban terverifikasi

Jawaban untuk soal di atas adalah (1) Kedatangan di kota Makassar dan bertemu dengan anak muda yang banyak membantunya; (2) Para tokoh saling berbagi cerita tentang pengalaman perjalanan mereka. Mari cermati pembahasan berikut. Buku fiksi adalah buku yang memuat kisah atau peristiwa yang tidak nyata atau bersifat fiktif karena berasal dari rekaan penulis. Hal utama yang perlu dilakukan untuk menentukan pokok-pokok isi buku fiksi ialah memahami gagasan pokok dari tiap paragraf beserta informasi pentingnya. Dari kutipan buku fiksi di atas ditemukan beberapa pokok isi, yakni: 1. Kedatangan di kota Makassar dan bertemu dengan anak muda yang banyak membantunya. 2. Para tokoh saling berbagi cerita tentang pengalaman perjalanan mereka. Dengan demikian, pokok-pokok isi kutipan buku fiksi di atas adalah (1) Kedatangan di kota Makassar dan bertemu dengan anak muda yang banyak membantunya; (2) Para tokoh saling berbagi cerita tentang pengalaman perjalanan mereka.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Lakukan analisis bahasa konotasi dalam puisi berikut ini. Sajak Matahari Oleh WS Rendra Matahari bangkit dari sanubariku. Menyentuh permukaan samodra raya. Matahari keluar dari mulutku, menjadi pelangi di cakrawala. Wajahmu keluar dari jidatku, wahai kamu, wanita mi-skin! kakimu terbenam di dalam lumpur. Kamu harapkan beras seperempat gantang, dan di tengah sawah tuan tanah menanammu! Satu juta lelaki gundul keluar dari hutan belantara, tubuh mereka terbalut lumpur dan kepala mereka berkilatan memantulkan cahaya matahari. Mata mereka menyala tubuh mereka menjadi bara dan mereka membakar dunia. Matahari adalah cakra jingga yang dilepas tangan Sang Krishna. Ia menjadi rahmat dan kutukanmu, ya, umat manusia!

533

0.0

Jawaban terverifikasi

TEKS I Malioboro Siapa sih orang Indonesia khususnya orang Jogja yang tidak kenal dengan Malioboro. Malioboro sering disebut sebagai pusat wisata kota Jogja. Malioboro merupakan sebuah jalan yang ada di pusat kota Jogja. Meskipun hanya nama sebuah jalan, Malioboro mempunyai banyak makna dan daya tarik yang tinggi sehingga membuat sepanjang pinggir jalan Malioboro menjadi destinasi wisata pilihan para turis lokal ataupun mancanegara serta memiliki sangat banyak arti kehidupan. Karena di sepanjang jalan Malioboro banyak sekali berbagai macam tempat wisata yang bersejarah yang dapat dikunjungi para wisatawam. Mulai dari keraton Jogja, Titik Nol, serta Pasar Tradisional Bringinharjo. Oleh karena itu jalan Malioboro menjadi salah satu jalan utama yang ada di kota Jogja. Terdapat berbagai macam mall, toko tua, hotel, dan beberapa kantor dinas yang ada di pinggiran jalan Malioboro. TEKS II Neni, Sahabatku Aku punya sahabat, namanya Neni Hariyati dan biasa dipanggil Neni. Aku mengenal dia sejak SMP kelas 7. Kami sekelas, tetapi dulu tidak akrab. Kami mulai akrab sejak kelas 8 dan sama- sama mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Neni orang yang sangat menyenangkan, tetapi juga memiliki sisi menyebalkan. Neni memiliki tubuh tinggi kurus. Kadang, aku merasa dia terlalu tinggi dan aku harus mendongak ketika berbicara dengannya. Kulitnya berwarna kuning langsat, terlihat sangat eksotis. Yang membuat iri adalah alisnya yang tebal dan bulu matanya yang panjang. Mungkin, jika dia memakai sedikit maskara, matanya akan terlihat cantik. Tapi, yang paling menonjol dari Neni adalah sikap setia kawannya yang tinggi. Dia baik dan tipe teman yang terbuka. Dia juga tidak segan bercerita tentang masalahnya kepadaku dan ini membuatku merasa bisa dipercaya. Hanya saja, Neni tidak percaya dengan dirinya sendiri. Dia sering minder dengan keadaan wajahnya yang sedikit berjerawat. Padahal, menurutku jerawat itu Apa saja kelebihan yang disampaikan penulis pada teks I dan teks II?

89

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Berikut yang bukan merupakan judul buku nonfiksi adalah .... a. Budidaya Ikan Arwana b. Biografi Soekarno c. Tenggelamnya Kapal van der Wijk d. Cara Mencangkok yang Benar

45

0.0

Lihat jawaban (1)