Renata F

11 Mei 2022 11:56

Iklan

Iklan

Renata F

11 Mei 2022 11:56

Pertanyaan

Kami Lalu tiba di rumah minimalis di sebuah Kompleks di pinggiran kota Makassar. Sewaktu masuk, aku dan Prem disambut hangat oleh banyak anak muda. Kami berjabatan satu persatu. Beberapa dari mereka penasaran soal perjalanan kami di Sumatra, bertanya soal Baduy, soal Kenapa kami berpencar, dan soal Kapan ia akan datang ke Bali Makassar. Aku terkesan dengan bertanya internet mampu membuat cerita tentang perjalanan kami terdengar. Tanpa kusadari, kawan-kawan yang hadir di ruangan inilah yang kelak akan banyak membantuku. Beberapa hari kemudian, Baduy tiba di Makassar, membawa sejuta cerita tentang Indonesia timur. Tak mau kalah, kuceritakan pada Baduy tentang program yang mengibarkan bendera Indonesia di puncak Gunung Subayak ,Berastagi. Juga tentang kawan-kawan Medan yang menganggap perang sebagai Abang mereka karena ketahanan fisik nya sewaktu di gunung. Prem sampai punya panggilan "Bang Nisa" di Medan sana. Baduy menggelengkan kepala, berdecak kagum. Prem cengengesan. Tentukan pokok-pokok isi kutipan buku fiksi tersebut!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Chaidir

09 Juni 2022 09:40

Jawaban terverifikasi

Jawaban untuk soal di atas adalah (1) Kedatangan di kota Makassar dan bertemu dengan anak muda yang banyak membantunya; (2) Para tokoh saling berbagi cerita tentang pengalaman perjalanan mereka. Mari cermati pembahasan berikut. Buku fiksi adalah buku yang memuat kisah atau peristiwa yang tidak nyata atau bersifat fiktif karena berasal dari rekaan penulis. Hal utama yang perlu dilakukan untuk menentukan pokok-pokok isi buku fiksi ialah memahami gagasan pokok dari tiap paragraf beserta informasi pentingnya. Dari kutipan buku fiksi di atas ditemukan beberapa pokok isi, yakni: 1. Kedatangan di kota Makassar dan bertemu dengan anak muda yang banyak membantunya. 2. Para tokoh saling berbagi cerita tentang pengalaman perjalanan mereka. Dengan demikian, pokok-pokok isi kutipan buku fiksi di atas adalah (1) Kedatangan di kota Makassar dan bertemu dengan anak muda yang banyak membantunya; (2) Para tokoh saling berbagi cerita tentang pengalaman perjalanan mereka.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

242

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

523

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan