Anonim A

29 Juli 2021 05:27

Iklan

Iklan

Anonim A

29 Juli 2021 05:27

Pertanyaan

Kalimat persuasi penutup pidato yang tepat adalah A.Masyarakat jangan percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus lampu merah, dan di pinggir-pinggir jalan B.Dengan demikian hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus ditalit terlebi dahulu agar tidak tertipu. C.Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan tsunami di pinggir-pinggir jalan. D.Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.


30

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

29 Juli 2021 08:29

Jawaban terverifikasi

Kelas: 9 Topik: Pidato Persuasif Hai John H. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Pidato persuasif adalah teks yang disampaikan kepada khalayak, isinya berupa pesan, arahan, atau bujukan. Struktur pidato persuasif terdiri atas (1) pembukaan: berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan rasa syukur, serta pengantar dari topik masalah yang akan dibahas dalam pidato; (2) isi: pembahasan suatu isu atau tema yang berkaitan dengan masalah aktual dengan menyertakan berbagai pendapat dan fakta; (3) penutup: berisi simpulan, saran dan pernyataan ajakan yang ditujukan kepada khalayak. Pernyataan ajakan atau kalimat persuasif pada bagian penutup hendaknya menggunakan kata seruan, seperti ayo, mari, seharusnya, hendaknya, sebaiknya, dan sebagainya. Kalimat persuasif pada bagian penutup pidato yang tepat adalah "Dengan demikian, hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu." Kalimat ini diawali penghubung 'dengan demikian' yang biasanya digunakan untuk menutup sebuah pernyataan lalu diikuti dengan kata hendaknya yang menyiratkan ajakan sekaligus saran. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.


Iklan

Iklan

Varel A

28 September 2021 01:34

Teks yang memaparkan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada para pembacanya disebut dengan …. * teks persuasif teks eksplanasi teks eksposisi teks laporan percobaan


Varel A

28 September 2021 01:34

Kaidah kebahasaan teks laporan percobaan yang kata atau frasa yang menunjukkan bilangan atau kuantitas, yaitu …. * verba aktif nomina numeralia kata tugas


Raihan A

09 Desember 2022 05:09

Makasih banyak ka varel A .jawaban nya sangat membantu

Hasbi F

13 Oktober 2023 01:00

Teks yang memiliki struktur pernyataan umum dan aspek-aspek laporan adalah teks


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

359

0.0

Jawaban terverifikasi