Kay K

25 Januari 2022 11:29

Iklan

Iklan

Kay K

25 Januari 2022 11:29

Pertanyaan

kalau ada jarum patah jangan dimaksudkan ke dalam peti kalau ada kataku yang salah jangan dimaksudkan ke dalam hati jelaskan pilihan kata yang digunakan dalam pantun tersebut!


39

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

26 Januari 2022 09:29

Jawaban terverifikasi

Halo, Kaysan A, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Pilihan kata yang digunakan dalam pantun tersebut telah menunjukkan kesesuaian dan ketepatan. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang masih terikat oleh persajakan, pengaturan larik dalam setiap bait,dan jumlah kata dalam setiap larik, serta musikalitas puisi yang sangat diperhatikan. Pemilihan kata sering disebut diksi. Diksi merupakan pilihan kata di dalam tulisan yang digunakan untuk memberi makna sesuai dengan keinginan penulis. Tujuan diksi untuk memperoleh keindahan guna menambah daya ekspresivitas. Ketepatan pilihan kata bertujuan agar tidak menimbulkan interpretasi yang berbeda antara penulis atau pembicara dengan pembaca atau pendengar. Sedangkan kesesuaian kata bertujuan agar tidak merusak suasana yang dibangun dalam sebuah karya. Adapun ciri-ciri diksi atau pemilihan kata sebagai berikut: 1) Menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai dengan konteks kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan. 2) Pilihan kata yang digunakan dapat membedakan nuansa makna, kata, dan bentuk yang sesuai dengan ide atau gagasan, situasi, dan nilai rasa pembaca maupun pendengar. 3) Menggunakan pembendaharaan kata yang dimiliki dan dikenali oleh masyarakat. Berdasarkan pemaparan tersebut, pilihan kata yang digunakan dalam pantun tersebut telah menunjukkan kesesuaian dan ketepatan karena sesuai dengan konteks kalimat, mampu membedakan makna dan bentuk, serta dapat dikenali oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari setiap kata yang saling berkaitan dan menyambung, seperti pilihan kata 'jarum' (alat jahit), 'patah' (putus), 'peti' (kotak bertutup yang terbuat dari kayu dan sebagainya), 'kataku' (ucapan), 'salah' (tidak benar) dan 'hati' (sesuatu yang ada di dalam tubuh manusia sebagai tempat segala perasaan batin dan tempat menyimpan pengertian) sehingga membentuk makna pantun yang baik, yaitu kalau ada kata-kata yang salah dari seseorang maka jangan dimasukkan ke dalam hati. Dengan demikian, pilihan kata yang digunakan dalam pantun tersebut telah menunjukkan kesesuaian dan ketepatan. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

227

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

494

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan