F H

24 April 2024 12:57

Iklan

F H

24 April 2024 12:57

Pertanyaan

Kak, bantu aku jawab soalan PPKn ini, hanya 2 soal aja, tolong kasih penjelasan juga ya biar paham 2. Di rumah ada acara keluarga yaitu akan diadakan pertemuan keluarga dari ayah, jika kalian adalah anak berkarakter hijau, apa yang dapat kalian lakukan? 3. Di sekolah akan diadakan pameran hasil dari karya siswa dari penguatan projek profil pelajaran Pancasila, Jika kalian berkarakter biru, apa yg dapat kalian lakukan? ( Maksud dari 2 soal ini ada 2 karakter yaitu biru sama hijau, biar gak keliru hasil jawaban dari kakak👍 )

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

03

:

10

:

22

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Michael C

25 April 2024 01:12

Jawaban terverifikasi

<p>Penjelasan:<br>Karakter Hijau (pertemuan keluarga):<br>Karakter hijau dalam konteks ini mungkin merujuk pada orang yang peduli dengan lingkungan dan keberlanjutan. Jadi, jika Anda memiliki karakter hijau, Anda dapat melakukan hal-hal seperti:<br>- Mengusulkan atau mengatur penggunaan bahan ramah lingkungan untuk dekorasi atau peralatan acara.<br>- Menyediakan alternatif makanan yang lebih sehat dan berkelanjutan, seperti makanan organik atau vegetarian.<br>- Mengajak keluarga untuk melakukan aktivitas bersama di alam, seperti piknik di taman atau pembersihan lingkungan sekitar.</p><p>&nbsp;Karakter Biru (pameran hasil karya siswa):<br>Karakter biru mungkin mengacu pada orang yang berpikiran kreatif, inovatif, dan artistik. Jika Anda memiliki karakter biru, Anda dapat melakukan hal-hal seperti:<br>- Berpartisipasi dalam pameran dengan menampilkan karya seni atau proyek kreatif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.<br>- Membuat karya yang menginspirasi toleransi, persatuan, dan keadilan, sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila.<br>- Mendukung rekan-rekan sekelas dalam menampilkan karya mereka dan memberikan apresiasi atas upaya mereka.</p><p># Jawaban:<br>- **Karakter Hijau (pertemuan keluarga):** Mengusulkan penggunaan bahan ramah lingkungan, menyediakan makanan sehat dan berkelanjutan, serta mengajak keluarga untuk aktivitas alam.<br>- **Karakter Biru (pameran hasil karya siswa):** Berpartisipasi dalam pameran dengan karya yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, mendukung rekan sekelas, dan memberikan apresiasi.</p>

Penjelasan:
Karakter Hijau (pertemuan keluarga):
Karakter hijau dalam konteks ini mungkin merujuk pada orang yang peduli dengan lingkungan dan keberlanjutan. Jadi, jika Anda memiliki karakter hijau, Anda dapat melakukan hal-hal seperti:
- Mengusulkan atau mengatur penggunaan bahan ramah lingkungan untuk dekorasi atau peralatan acara.
- Menyediakan alternatif makanan yang lebih sehat dan berkelanjutan, seperti makanan organik atau vegetarian.
- Mengajak keluarga untuk melakukan aktivitas bersama di alam, seperti piknik di taman atau pembersihan lingkungan sekitar.

 Karakter Biru (pameran hasil karya siswa):
Karakter biru mungkin mengacu pada orang yang berpikiran kreatif, inovatif, dan artistik. Jika Anda memiliki karakter biru, Anda dapat melakukan hal-hal seperti:
- Berpartisipasi dalam pameran dengan menampilkan karya seni atau proyek kreatif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
- Membuat karya yang menginspirasi toleransi, persatuan, dan keadilan, sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila.
- Mendukung rekan-rekan sekelas dalam menampilkan karya mereka dan memberikan apresiasi atas upaya mereka.

# Jawaban:
- **Karakter Hijau (pertemuan keluarga):** Mengusulkan penggunaan bahan ramah lingkungan, menyediakan makanan sehat dan berkelanjutan, serta mengajak keluarga untuk aktivitas alam.
- **Karakter Biru (pameran hasil karya siswa):** Berpartisipasi dalam pameran dengan karya yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, mendukung rekan sekelas, dan memberikan apresiasi.


Iklan

Nanda R

Community

25 April 2024 13:05

Jawaban terverifikasi

<p>2. Sebagai anak berkarakter hijau, saya dapat membantu dalam persiapan acara keluarga dengan cara:</p><ul><li>Mengatur tempat duduk dan dekorasi untuk membuat suasana acara menjadi nyaman dan menyenangkan.</li><li>Menyiapkan makanan atau minuman sesuai dengan preferensi keluarga.</li><li>Membantu dalam menyusun agenda acara atau permainan keluarga untuk menghibur semua anggota keluarga.</li><li>Memastikan bahwa semua anggota keluarga merasa diperhatikan dan terlibat dalam percakapan dan kegiatan keluarga.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>3. Sebagai anak berkarakter biru, saya dapat berpartisipasi dalam pameran hasil karya siswa dengan cara:</p><ul><li>Menunjukkan karya saya dengan bangga kepada pengunjung pameran dan menjelaskan konsep dan proses di balik karya tersebut.</li><li>Mengambil peran sebagai duta sekolah dengan memberikan informasi kepada pengunjung tentang program penguatan proyek profil pelajaran Pancasila yang telah kami lakukan di sekolah.</li><li>Mendukung teman-teman saya yang juga berpartisipasi dalam pameran dengan memberikan dukungan moral dan memberi apresiasi atas karya mereka.</li><li>Berpartisipasi dalam diskusi atau forum yang diselenggarakan sehubungan dengan pameran untuk berbagi pemikiran dan pengalaman saya tentang nilai-nilai Pancasila dan pentingnya memahaminya dalam kehidupan sehari-hari.</li></ul>

2. Sebagai anak berkarakter hijau, saya dapat membantu dalam persiapan acara keluarga dengan cara:

  • Mengatur tempat duduk dan dekorasi untuk membuat suasana acara menjadi nyaman dan menyenangkan.
  • Menyiapkan makanan atau minuman sesuai dengan preferensi keluarga.
  • Membantu dalam menyusun agenda acara atau permainan keluarga untuk menghibur semua anggota keluarga.
  • Memastikan bahwa semua anggota keluarga merasa diperhatikan dan terlibat dalam percakapan dan kegiatan keluarga.

 

3. Sebagai anak berkarakter biru, saya dapat berpartisipasi dalam pameran hasil karya siswa dengan cara:

  • Menunjukkan karya saya dengan bangga kepada pengunjung pameran dan menjelaskan konsep dan proses di balik karya tersebut.
  • Mengambil peran sebagai duta sekolah dengan memberikan informasi kepada pengunjung tentang program penguatan proyek profil pelajaran Pancasila yang telah kami lakukan di sekolah.
  • Mendukung teman-teman saya yang juga berpartisipasi dalam pameran dengan memberikan dukungan moral dan memberi apresiasi atas karya mereka.
  • Berpartisipasi dalam diskusi atau forum yang diselenggarakan sehubungan dengan pameran untuk berbagi pemikiran dan pengalaman saya tentang nilai-nilai Pancasila dan pentingnya memahaminya dalam kehidupan sehari-hari.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pohon-pohon makin banyak yang ditebang. Gunung-gunung makin hari makin gundul akibat penebangan liar. Lalu, mau sampai kapan lingkungan dan bumi ini bisa bertahan? Jika semua sudah rusak, bencanalah yang akan datang. Tidak akan ada air bersih yang bisa diminum. Tidak ada pohon yang menghasilkan oksigen. Tidak ada pohon yang menyerap air dalam tanah. Apakah masih belum cukup ulah kita pada lingkungan ini? Oleh karena itu, kita semua harus bersatu dan bergerak untuk lebih mencintai lingkungan. Kita harus bisa menjaga satu-satunya planet tempat kita tinggal ini. Lalu, apa saja yang bisa kita terapkan untuk menjaga bumi? Ternyata, cara-cara kecil pun sudah cukup. Kita harus mulai melakukannya dari lingkungan terkecil kita, yaitu keluarga. 3. Teks pidato tersebut memanfaatkan cara persuasi emosi. Tunjukkan buktinya! Jawab: 4. Apa informasi dan pesan yang terdapat pada kutipan teks pidato tersebut! Jawab: 5. Identifikasilah kalimat saran pada teks pidato tersebut! Jawab:

1

0.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

4

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

14

5.0

Jawaban terverifikasi