Nurfadila M

04 Juli 2024 14:41

Iklan

Iklan

Nurfadila M

04 Juli 2024 14:41

Pertanyaan

jumlah kingdom yang sangat diterima di sistem klasifikasi itu apa?

jumlah kingdom yang sangat diterima di sistem klasifikasi itu apa?


28

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

04 Juli 2024 14:47

Jawaban terverifikasi

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom Whittaker Sistem klasifikasi 5 kingdom Whittaker adalah salah satu sistem klasifikasi makhluk hidup yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Sistem ini dikemukakan oleh Robert Whittaker pada tahun 1969. 5 Kingdom dalam Sistem Klasifikasi Whittaker Sistem klasifikasi 5 kingdom Whittaker terdiri dari 5 kingdom, yaitu: * Monera (bakteri) * Protista (protozoa, ganggang) * Fungi (jamur) * Plantae (tumbuhan) * Animalia (hewan) Karakteristik dari setiap kingdom * Monera: * Makhluk hidup uniseluler (bersel satu) * Prokariotik (tidak memiliki membran inti dan organel yang terikat membran) * Reproduksi aseksual dan seksual * Meliputi bakteri dan arkebakteri * Protista: * Makhluk hidup uniseluler atau multiseluler * Eukariotik (memiliki membran inti dan organel yang terikat membran) * Beberapa protista dapat membuat makanannya sendiri (fotosintetik) dan beberapa lainnya tidak (heterotrofik) * Reproduksi aseksual dan seksual * Meliputi protozoa, ganggang, dan jamur lendir * Fungi: * Makhluk hidup eukariotik multiseluler * Heterotrofik (tidak dapat membuat makanannya sendiri) * Reproduksi aseksual dan seksual * Meliputi jamur, ragi, dan kapang * Plantae: * Makhluk hidup eukariotik multiseluler * Fotosintetik (dapat membuat makanannya sendiri) * Reproduksi aseksual dan seksual * Meliputi lumut, paku, tumbuhan berbiji, dan tumbuhan berbunga * Animalia: * Makhluk hidup eukariotik multiseluler * Heterotrofik (tidak dapat membuat makanannya sendiri) * Reproduksi seksual * Meliputi hewan invertebrata dan vertebrata Kelebihan dan Kekurangan Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker Kelebihan: * Sederhana dan mudah dipahami * Mencakup semua jenis makhluk hidup yang dikenal * Membantu dalam mempelajari hubungan evolusi antara kelompok makhluk hidup yang berbeda Kekurangan: * Tidak selalu mencerminkan hubungan evolusi yang sebenarnya antara kelompok makhluk hidup yang berbeda * Beberapa kelompok makhluk hidup sulit diklasifikasikan ke dalam salah satu kingdom Kesimpulan Sistem klasifikasi 5 kingdom Whittaker adalah sistem klasifikasi yang bermanfaat untuk memahami keanekaragaman makhluk hidup. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, sistem ini tetap menjadi salah satu sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Pengembangan Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sistem klasifikasi 5 kingdom Whittaker telah mengalami beberapa perubahan dan modifikasi. Saat ini, sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan adalah sistem klasifikasi tiga domain, yaitu: * Bacteria (bakteri) * Archaea (arkebakteri) * Eukarya (eukariota) Sistem klasifikasi tiga domain ini lebih akurat dalam mencerminkan hubungan evolusi antara kelompok makhluk hidup yang berbeda.


Iklan

Iklan

Ayasha N

04 Juli 2024 14:48

Jawaban terverifikasi

<p>Kingdom yang telah ditentukan peneliti <strong>berjumlah 5</strong> yaitu <strong>kingdom Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera</strong></p>

Kingdom yang telah ditentukan peneliti berjumlah 5 yaitu kingdom Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera


Risma O

10 Juli 2024 01:48

Klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom yang sering digunakan merupakan cara pengelompokan yang dikemukakan oleh Robert H. Whittaker pada tahun 1969. Dia membagi makhluk hidup menjadi 5 kelompok besar yaitu monera, protista, jamur, tumbuhan, dan hewan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

14

5.0

Jawaban terverifikasi