Madelbertha F

30 April 2020 01:40

Iklan

Iklan

Madelbertha F

30 April 2020 01:40

Pertanyaan

Jika seseorang terkena penyakit campak sebelum ia divaksinasi campak, perlukah orng tersebut divaksinasi campak? Mengapa?


19

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

05 Februari 2022 12:15

Jawaban terverifikasi

Halo Madelbertha, kakak bantu jawab yaa :) Orang yang telah terkena penyakit campak sebelum divaksinasi tidak perlu melakukan vaksinasi campak. Mari kita bahas lebih lanjut! Tubuh manusia memiliki berbagai cara untuk melindungi diri dari organisme yang dapat menyebabkan penyakit atau disebut dengan patogen. Saat patogen tersebut menginfeksi tubuh, maka sistem imun tubuh akan terpicu untuk menyerang dan menghancurkan patogen dengan menggunakan antibodi. Sama halnya pada manusia, patogen juga memiliki bagian yang dapat membentuk antibodi disebut dengan antigen. Setiap antibodi dapat mengenali satu antigen tertentu. Oleh sebab itu, di dalam tubuh kita terdapat antibodi dalam jumlah yang banyak. Sistem pertahanan tubuh manusia terbagi menjadi dua jenis, yaitu sistem pertahanan tubuh non-spesifik dan sistem pertahanan tubuh spesifik. 1. Sistem pertahanan tubuh non-spesifik bekerja dengan menyerang segala macam antigen yang masuk ke dalam tubuh. Sistem pertahanan tubuh non-spesifik terbagi menjadi dua macam, yaitu sistem pertahanan tubuh non-spesifik eksternal yang terletak di luar tubuh dan sistem pertahanan tubuh non-spesifik internal yang terletak di dalam tubuh. 2. Sistem pertahanan tubuh spesifik bekerja jika antigen berhasil masuk ke dalam tubuh dan telah melewati sistem pertahanan tubuh nonspesifik internal. Sistem pertahanan tubuh spesifik yaitu limfosit, yang terdiri dari limfosit B dan limfosit T. a)Limfosit B hanya dapat menghasilkan satu jenis antibodi yang hanya dapat menyerang satu jenis antigen. b) Limfosit T terbagi menjadi tiga jenis, yaitu limfosit T sitotoksik untuk menghancurkan sel yang terinfeksi antigen, limfosit T pembantu untuk membantu limfosit mengenali antigen, dan limfosit T memori untuk membantu mengingat antigen yang pernah menyerang tubuh. Dalam kasus seseorang yang terinfeksi penyakit campak sebelum divaksinasi, maka yang berperan yaitu limfosit T memori. Hal tersebut disebabkan karena tubuh yang pernah terinfeksi penyakit campak sebelumnya sehingga limfosit T dapat mengingat antigen yang pernah menyerang tubuh. Setelah itu, limfosit akan membentuk antibodi untuk melindungi tubuh. Jadi, seseorang yang pernah terinfeksi penyakit campak namun belum divaksinasi maka tubuhnya secara otomatis akan membentuk antibodi terhadap penyakit campak. Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

Muhammad A

30 April 2020 07:00

tidak,karena sel t memori sudah bisa mengetahui cara mengalahkan virus tersebut


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa saat masuk dalam rumah setelah melihat cahaya matahari yang terang, untuk beberapa saat mata kita tidak dapat melihat ?

4

0.0

Jawaban terverifikasi