Dhaffa H

Ditanya 7 hari yang lalu

Iklan

Dhaffa H

Ditanya 7 hari yang lalu

Pertanyaan

Jika semua segitiga memiliki panjang sisi kaki yang positif, maka segitiga tersebut dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras. Beberapa segitiga siku-siku tidak dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras. Manakah kesimpulan yang paling benar? Pilihan Jawaban A. Beberapa segitiga siku-siku memiliki panjang sisi kaki yang negatif. B. Tidak ada segitiga siku-siku yang memiliki panjang sisi kaki yang positif. C. Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras. D. Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif.

Jika semua segitiga memiliki panjang sisi kaki yang positif, maka segitiga tersebut dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras. Beberapa segitiga siku-siku tidak dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras. Manakah kesimpulan yang paling benar?

 

Pilihan Jawaban

A.  Beberapa segitiga siku-siku memiliki panjang sisi kaki yang negatif.

B.  Tidak ada segitiga siku-siku yang memiliki panjang sisi kaki yang positif.

C.  Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.

D. Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif.

 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

17

:

17

:

55

Klaim

8

2


Iklan

Julian D

Dijawab 7 hari yang lalu

<p><strong>Halo izin menjawab pertanyaanmu ya!</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pernyataan pertama</strong>: "Jika semua segitiga memiliki panjang sisi kaki yang positif, maka segitiga tersebut dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras."</p><p>Ini berarti bahwa segitiga dengan sisi kaki yang positif dapat mengikuti aturan Pythagoras, yaitu a^2 + b^2 = c^2.</p><p><strong>Pernyataan kedua</strong>: "Beberapa segitiga siku-siku tidak dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras."</p><p>Ini berarti ada segitiga siku-siku yang tidak memenuhi aturan Pythagoras.</p><p>Sekarang, mari kita lihat pilihan jawabannya:</p><p>&nbsp;</p><p>A. <strong>Beberapa segitiga siku-siku memiliki panjang sisi kaki yang negatif.</strong></p><p>Ini tidak mungkin benar karena panjang sisi segitiga tidak bisa negatif.</p><p>&nbsp;</p><p>B. <strong>Tidak ada segitiga siku-siku yang memiliki panjang sisi kaki yang positif.</strong></p><p>Ini bertentangan dengan pernyataan pertama, karena kita tahu bahwa segitiga Pythagoras memiliki sisi kaki yang positif.</p><p>&nbsp;</p><p>C. <strong>Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.</strong></p><p>Ini adalah pilihan yang benar karena pernyataan pertama menunjukkan bahwa segitiga Pythagoras memiliki sisi kaki positif dan pernyataan kedua menunjukkan ada segitiga siku-siku yang tidak bisa dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras, sehingga benar ada beberapa segitiga siku-siku yang bisa dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.</p><p>&nbsp;</p><p>D. <strong>Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif.</strong></p><p>Ini tidak mungkin benar karena panjang sisi segitiga harus positif.</p><p>Kesimpulan yang paling benar adalah:</p><p><strong>C. Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.</strong></p>

Halo izin menjawab pertanyaanmu ya!

 

Pernyataan pertama: "Jika semua segitiga memiliki panjang sisi kaki yang positif, maka segitiga tersebut dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras."

Ini berarti bahwa segitiga dengan sisi kaki yang positif dapat mengikuti aturan Pythagoras, yaitu a^2 + b^2 = c^2.

Pernyataan kedua: "Beberapa segitiga siku-siku tidak dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras."

Ini berarti ada segitiga siku-siku yang tidak memenuhi aturan Pythagoras.

Sekarang, mari kita lihat pilihan jawabannya:

 

A. Beberapa segitiga siku-siku memiliki panjang sisi kaki yang negatif.

Ini tidak mungkin benar karena panjang sisi segitiga tidak bisa negatif.

 

B. Tidak ada segitiga siku-siku yang memiliki panjang sisi kaki yang positif.

Ini bertentangan dengan pernyataan pertama, karena kita tahu bahwa segitiga Pythagoras memiliki sisi kaki yang positif.

 

C. Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.

Ini adalah pilihan yang benar karena pernyataan pertama menunjukkan bahwa segitiga Pythagoras memiliki sisi kaki positif dan pernyataan kedua menunjukkan ada segitiga siku-siku yang tidak bisa dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras, sehingga benar ada beberapa segitiga siku-siku yang bisa dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.

 

D. Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif.

Ini tidak mungkin benar karena panjang sisi segitiga harus positif.

Kesimpulan yang paling benar adalah:

C. Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras.


Iklan

Paulene P

Dijawab 5 hari yang lalu

<p>Premis :&nbsp;<br><i>"Jika semua segitiga memiliki panjang sisi kaki yang positif <strong>(P)</strong>, maka segitiga tersebut dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras <strong>(Q)</strong>."</i></p><p>Kontraposisi dari premis diatas adalah :<br><i>"Jika suatu segitiga <strong>bukan</strong> segitiga Pythagoras, maka <strong>tidak benar</strong> bahwa semua sisi kakinya positif"</i><br>Dengan kata lain, <strong>ada</strong> sisi kaki yang <strong>tidak</strong> positif (nol atau negatif),</p><p>Sekarang mari kita analisa opsi satu per satu,<br><strong>(A) "Beberapa segitiga siku-siku memiliki panjang sisi kaki yang negatif."</strong><br>Ini <i>terlalu spesifik</i>. “Tidak positif” bisa saja nol <i>atau</i> negatif, jadi kita <strong>belum dapat memastikannya</strong> harus negatif.</p><p><strong>(B) "Tidak ada segitiga siku-siku yang memiliki panjang sisi kaki yang positif."</strong><br>Ini jelas <strong>bertentangan</strong> dengan premis. Premis hanya menyatakan “beberapa” tidak Pythagoras, bukan “semua”.</p><p><strong>(C) "Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras."</strong><br>Premis tidak secara eksplisit memastikan keberadaan segitiga siku-siku yang <i>pasti</i> Pythagoras. Kita hanya tahu “jika semua sisi kaki positif, maka dia Pythagoras”, tetapi tidak ada premis yang menyebut <i>ada</i> segitiga seperti itu. Jadi kesimpulan ini <strong>belum pasti</strong> dari premis yang diberikan.</p><p><strong>(D) "Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif."</strong><br>Ini sejalan dengan kontrapositif dan fakta bahwa “ada segitiga siku-siku yang bukan Pythagoras”. Berarti ada segitiga siku-siku yang <strong>tidak</strong> memenuhi “semua kaki positif”.<br><br>Jawaban benar adalah <strong>D. Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif.</strong></p>

Premis : 
"Jika semua segitiga memiliki panjang sisi kaki yang positif (P), maka segitiga tersebut dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras (Q)."

Kontraposisi dari premis diatas adalah :
"Jika suatu segitiga bukan segitiga Pythagoras, maka tidak benar bahwa semua sisi kakinya positif"
Dengan kata lain, ada sisi kaki yang tidak positif (nol atau negatif),

Sekarang mari kita analisa opsi satu per satu,
(A) "Beberapa segitiga siku-siku memiliki panjang sisi kaki yang negatif."
Ini terlalu spesifik. “Tidak positif” bisa saja nol atau negatif, jadi kita belum dapat memastikannya harus negatif.

(B) "Tidak ada segitiga siku-siku yang memiliki panjang sisi kaki yang positif."
Ini jelas bertentangan dengan premis. Premis hanya menyatakan “beberapa” tidak Pythagoras, bukan “semua”.

(C) "Beberapa segitiga siku-siku dapat dinyatakan sebagai segitiga Pythagoras."
Premis tidak secara eksplisit memastikan keberadaan segitiga siku-siku yang pasti Pythagoras. Kita hanya tahu “jika semua sisi kaki positif, maka dia Pythagoras”, tetapi tidak ada premis yang menyebut ada segitiga seperti itu. Jadi kesimpulan ini belum pasti dari premis yang diberikan.

(D) "Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif."
Ini sejalan dengan kontrapositif dan fakta bahwa “ada segitiga siku-siku yang bukan Pythagoras”. Berarti ada segitiga siku-siku yang tidak memenuhi “semua kaki positif”.

Jawaban benar adalah D. Beberapa segitiga siku-siku tidak memiliki panjang kaki yang positif.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

43

5.0

Jawaban terverifikasi

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

10

0.0

Jawaban terverifikasi

tolong bantu aku mencari semua kebahasaan pidato yang ada di pidato di bawah ini Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi untuk kita semua. Pertama-tama dan paling utama, marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberi limpahan rezeki bagi kita semua. Tak lupa selawat dan salam, mari kita gaungkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, sampai kepada kita selaku umatnya. Hadirin yang berbahagia, Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sekolah. Sebab isu lingkungan sudah menjadi isu di seluruh negara. Maka, menjaganya sudah menjadi tugas bersama. Menjaga lingkungan tak melulu soal menjaga kebersihan. Lebih dari itu, menjaga lingkungan dapat diupayakan lewat menanam tanaman di lingkungan sekolah, menghemat air, dan mengupayakan untuk meminimalkan penggunaan plastik. Lalu, kenapa harus dilakukan di lingkungan sekolah? Sebab, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi tempat pertama untuk memupuk kebiasaan menjaga lingkungan. Hadirin yang berbahagia, Hal-hal yang saya singgung di atas, seperti menanam tanaman, menghemat air, dan meminimalkan penggunaan plastik merupakan hal yang kecil. Namun percayalah, aktivitas kecil punya dampak besar bila dilakukan bersama dan menjadi kebiasaan. Semoga dengan aktivitas positif di sekolah bisa dibawa juga ke rumah, sehingga kegiatan menjaga lingkungan dapat dilakukan terus menerus. Alangkah lebih baik lagi bila kita mampu untuk mempengaruhi saudara, orang tua, dan teman di rumah untuk sama-sama menjaga lingkungan. Demikianlah pidato lingkungan hidup tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang saya sampaikan. Meski singkat, semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas atensinya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10

5.0

Jawaban terverifikasi