Fathy K

22 Agustus 2023 13:21

Iklan

Iklan

Fathy K

22 Agustus 2023 13:21

Pertanyaan

Jika diamati dalam masyarakat kita terdapat dampak negatif dari adanya perubahan sosial akibat makin majunya zaman terlihat sekali adanya kesengajaan sosial yang kaya makin kaya dan yang miskin semakin terpuruk kondisinya


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Maret 2024 12:26

Jawaban terverifikasi

<p><br>Pernyataan tersebut mencerminkan fenomena ketidaksetaraan sosial yang seringkali terjadi di banyak masyarakat akibat dari perubahan sosial yang cepat, seperti dampak dari modernisasi, globalisasi, dan perkembangan ekonomi. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dari fenomena tersebut antara lain:</p><p><strong>Pertumbuhan Ekonomi yang Tidak Merata:</strong> Meskipun ada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, namun distribusi kekayaan dan kesempatan ekonomi tidak merata. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin semakin membesar.</p><p><strong>Kurangnya Kesempatan yang Merata:</strong> Perubahan sosial seringkali tidak menyediakan kesempatan yang sama bagi semua orang. Orang-orang yang memiliki akses lebih mudah ke pendidikan, pekerjaan, dan sumber daya lainnya cenderung menjadi lebih kaya, sementara mereka yang kurang beruntung atau memiliki keterbatasan dalam akses tersebut akan semakin terpinggirkan.</p><p><strong>Korupsi dan Ketidakadilan Sosial:</strong> Praktek korupsi dan ketidakadilan sosial juga dapat memperburuk ketidaksetaraan ekonomi dan sosial. Misalnya, pemberian hak-hak yang tidak merata, penggunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi, serta ketidakadilan dalam sistem hukum dan kebijakan publik.</p><p><strong>Perubahan Nilai dan Norma Sosial:</strong> Adanya perubahan nilai dan norma dalam masyarakat juga dapat memengaruhi distribusi kekayaan dan status sosial. Misalnya, jika nilai-nilai materialisme dan individualisme semakin ditekankan, orang-orang yang memiliki kekayaan materi akan dianggap lebih berharga daripada mereka yang kurang mampu secara finansial.</p><p><strong>Ketergantungan pada Sistem Ekonomi yang Tidak Adil:</strong> Di banyak masyarakat, terutama yang mengalami kemiskinan dan ketidaksetaraan sosial, ketergantungan pada sistem ekonomi yang tidak adil, seperti eksploitasi tenaga kerja, juga dapat memperburuk kondisi kesenjangan sosial.</p><p><br>&nbsp;</p>


Pernyataan tersebut mencerminkan fenomena ketidaksetaraan sosial yang seringkali terjadi di banyak masyarakat akibat dari perubahan sosial yang cepat, seperti dampak dari modernisasi, globalisasi, dan perkembangan ekonomi. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dari fenomena tersebut antara lain:

Pertumbuhan Ekonomi yang Tidak Merata: Meskipun ada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, namun distribusi kekayaan dan kesempatan ekonomi tidak merata. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin semakin membesar.

Kurangnya Kesempatan yang Merata: Perubahan sosial seringkali tidak menyediakan kesempatan yang sama bagi semua orang. Orang-orang yang memiliki akses lebih mudah ke pendidikan, pekerjaan, dan sumber daya lainnya cenderung menjadi lebih kaya, sementara mereka yang kurang beruntung atau memiliki keterbatasan dalam akses tersebut akan semakin terpinggirkan.

Korupsi dan Ketidakadilan Sosial: Praktek korupsi dan ketidakadilan sosial juga dapat memperburuk ketidaksetaraan ekonomi dan sosial. Misalnya, pemberian hak-hak yang tidak merata, penggunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi, serta ketidakadilan dalam sistem hukum dan kebijakan publik.

Perubahan Nilai dan Norma Sosial: Adanya perubahan nilai dan norma dalam masyarakat juga dapat memengaruhi distribusi kekayaan dan status sosial. Misalnya, jika nilai-nilai materialisme dan individualisme semakin ditekankan, orang-orang yang memiliki kekayaan materi akan dianggap lebih berharga daripada mereka yang kurang mampu secara finansial.

Ketergantungan pada Sistem Ekonomi yang Tidak Adil: Di banyak masyarakat, terutama yang mengalami kemiskinan dan ketidaksetaraan sosial, ketergantungan pada sistem ekonomi yang tidak adil, seperti eksploitasi tenaga kerja, juga dapat memperburuk kondisi kesenjangan sosial.


 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 02:57

Jawaban terverifikasi

<p><br>Dampak negatif dari perubahan sosial yang mengakibatkan kesenjangan sosial yang semakin melebar antara kelompok kaya dan miskin merupakan fenomena yang sering kali menjadi fokus penelitian sosiologis. Beberapa aspek yang dapat dikaji dalam konteks ini termasuk:</p><p><strong>Peningkatan Ketimpangan Ekonomi</strong>: Sosiologi dapat mengkaji faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan ekonomi semakin memburuk dalam masyarakat, seperti sistem ekonomi yang tidak merata, ketidaksetaraan akses terhadap peluang ekonomi, dan dominasi oleh kelompok-kelompok tertentu dalam sektor-sektor kunci.</p><p><strong>Struktur dan Kebijakan Sosial</strong>: Penelitian sosiologis dapat memeriksa bagaimana struktur sosial dan kebijakan publik mempengaruhi distribusi kekayaan dan akses terhadap sumber daya. Hal ini mencakup analisis tentang peran pemerintah, sistem perpajakan, regulasi pasar, dan kebijakan sosial lainnya dalam membentuk kondisi ekonomi yang merata atau tidak merata.</p><p><strong>Kesenjangan Akses terhadap Pendidikan dan Kesehatan</strong>: Sosiologi juga dapat mengkaji bagaimana ketimpangan ekonomi memengaruhi akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan, yang pada gilirannya dapat memperkuat atau memperburuk kesenjangan sosial. Penelitian ini dapat mencakup analisis tentang struktur pendidikan, biaya kesehatan, dan faktor-faktor sosial lainnya yang memengaruhi akses masyarakat terhadap layanan penting.</p><p><strong>Peran Budaya dan Nilai</strong>: Sosiologi juga dapat memeriksa peran budaya dan nilai dalam mempertahankan atau mengubah struktur sosial yang ada. Analisis tentang nilai-nilai yang mendukung meritokrasi atau membenarkan ketidaksetaraan ekonomi dapat memberikan wawasan tentang bagaimana masyarakat memahami dan merespons kesenjangan sosial.</p><p><br>&nbsp;</p>


Dampak negatif dari perubahan sosial yang mengakibatkan kesenjangan sosial yang semakin melebar antara kelompok kaya dan miskin merupakan fenomena yang sering kali menjadi fokus penelitian sosiologis. Beberapa aspek yang dapat dikaji dalam konteks ini termasuk:

Peningkatan Ketimpangan Ekonomi: Sosiologi dapat mengkaji faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan ekonomi semakin memburuk dalam masyarakat, seperti sistem ekonomi yang tidak merata, ketidaksetaraan akses terhadap peluang ekonomi, dan dominasi oleh kelompok-kelompok tertentu dalam sektor-sektor kunci.

Struktur dan Kebijakan Sosial: Penelitian sosiologis dapat memeriksa bagaimana struktur sosial dan kebijakan publik mempengaruhi distribusi kekayaan dan akses terhadap sumber daya. Hal ini mencakup analisis tentang peran pemerintah, sistem perpajakan, regulasi pasar, dan kebijakan sosial lainnya dalam membentuk kondisi ekonomi yang merata atau tidak merata.

Kesenjangan Akses terhadap Pendidikan dan Kesehatan: Sosiologi juga dapat mengkaji bagaimana ketimpangan ekonomi memengaruhi akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan, yang pada gilirannya dapat memperkuat atau memperburuk kesenjangan sosial. Penelitian ini dapat mencakup analisis tentang struktur pendidikan, biaya kesehatan, dan faktor-faktor sosial lainnya yang memengaruhi akses masyarakat terhadap layanan penting.

Peran Budaya dan Nilai: Sosiologi juga dapat memeriksa peran budaya dan nilai dalam mempertahankan atau mengubah struktur sosial yang ada. Analisis tentang nilai-nilai yang mendukung meritokrasi atau membenarkan ketidaksetaraan ekonomi dapat memberikan wawasan tentang bagaimana masyarakat memahami dan merespons kesenjangan sosial.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

476

5.0

Jawaban terverifikasi