Nayaka N

23 Januari 2023 09:53

Iklan

Iklan

Nayaka N

23 Januari 2023 09:53

Pertanyaan

Jelaskanlah bagian-bagian dan proses pertumbuhan primer yang dialaminya berdasarkan gambar!

alt

32

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ridho

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

24 Januari 2023 12:12

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah 1 zona pematangan, 2 zona pemanjangan, 3 zona pertumbuhan.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer atau disebut juga meristem apikal. Titik tumbuh primer terbentuk sejak tumbuhan masih berupa embrio. Terdapat tiga zona pertumbuhan akar sesuai gambar di atas:</p><p>1. Zona pematangan adalah daerah sel-sel akar yang mulai mengalami spesialisasi struktur dan fungsinya. Pada daerah ini sistem jaringan yang dihasilkan oleh pertumbuhan primer menyelesaikan dan menyempurnakan diferensiasinya. Jadi pada zona ini sel-sel akar sudah membentuk jaringan yang berbeda-beda.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Zona pemanjangan (elongasi)&nbsp;adalah daerah dimana sel-sel mengalami pemanjangan dan pembentangan. Zona elongasi dimulai 0,7-1,5 mm dari ujung akar. Zona ini sebagian besar bertanggung jawab terhadap pendorongan ujung akar. Ketika sel mengalami pemanjangan maka bagian zona mersitematik akan terdorong ke depan sehingga akar akan memanjang. Disisi lain, meristem akan mendukung pertumbuhan secara terus menerus dengan menambahkan sel-sel ke ujung termuda zona pemanjangan.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Zona pembelahan sel meliputi meristem apikal dan turunannya yaitu meristem primer. Meristem apikal terletak di pusat zona pembelahan sel, menghasilkan sel-sel meristem primer.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Jadi, Jawabannya adalah 1 zona pematangan, 2 zona pemanjangan, 3 zona pertumbuhan.&nbsp;</u></strong></p>

Jawabannya adalah 1 zona pematangan, 2 zona pemanjangan, 3 zona pertumbuhan. 

 

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer atau disebut juga meristem apikal. Titik tumbuh primer terbentuk sejak tumbuhan masih berupa embrio. Terdapat tiga zona pertumbuhan akar sesuai gambar di atas:

1. Zona pematangan adalah daerah sel-sel akar yang mulai mengalami spesialisasi struktur dan fungsinya. Pada daerah ini sistem jaringan yang dihasilkan oleh pertumbuhan primer menyelesaikan dan menyempurnakan diferensiasinya. Jadi pada zona ini sel-sel akar sudah membentuk jaringan yang berbeda-beda.

 

2. Zona pemanjangan (elongasi) adalah daerah dimana sel-sel mengalami pemanjangan dan pembentangan. Zona elongasi dimulai 0,7-1,5 mm dari ujung akar. Zona ini sebagian besar bertanggung jawab terhadap pendorongan ujung akar. Ketika sel mengalami pemanjangan maka bagian zona mersitematik akan terdorong ke depan sehingga akar akan memanjang. Disisi lain, meristem akan mendukung pertumbuhan secara terus menerus dengan menambahkan sel-sel ke ujung termuda zona pemanjangan.

 

3. Zona pembelahan sel meliputi meristem apikal dan turunannya yaitu meristem primer. Meristem apikal terletak di pusat zona pembelahan sel, menghasilkan sel-sel meristem primer. 

 

Jadi, Jawabannya adalah 1 zona pematangan, 2 zona pemanjangan, 3 zona pertumbuhan. 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

111

5.0

Jawaban terverifikasi